cara membuat penilaian kinerja karyawan

Bagaimana Cara Membuat Sistem Penilaian Kinerja Karyawan?

Sistem penilaian kinerja karyawan menjadi salah satu cara dalam meningkatkan skill serta kapabilitas karyawan. Dengan adanya sistem tersebut, perusahaan dapat memantau secara mudah perihal kemajuan karyawan serta target apa saja yang berhasil diselesaikan. Cara membuat penilaian kinerja karyawan pun harus diperhatikan dengan seksama. 

Jika terdapat beberapa target yang belum tercapai, manajemen atau divisi HRD bisa mengetahui jika terjadi kendala yang menghambat penyelesaian target. Sehingga, hal tersebut bisa segera ditangani dengan memberikan solusi yang tepat.

Agar kinerja karyawan bisa terus meningkat dari satu periode ke periode karyawan, tentunya proses penilaian karyawan haruslah dilakukan secara terukur dan akurat. Berikut ini terdapat cara membuat penilaian kinerja karyawan yang efektif. Langsung saja simak artikel berikut ini!

 

Baca Juga: Jenis-Jenis Kompetensi Menurut Beberapa Ahli

 

Tips dalam Membuat Sistem Penilaian Kinerja Karyawan

Sistem penilaian kinerja karyawan yang baik dan benar akan berdampak pada produktivitas karyawan. Untuk itu terdapat beberapa cara untuk memaksimalkan proses penilaian.

 

Tentukan Standar Kinerja yang Jelas

Pertama adalah menentukan standar kinerja secara jelas yang harus mereka capai dalam tiap periode. Karena standarisasi kinerja setiap orang berbeda-beda, pastinya manajemen harus membicarakan hal ini kepada para karyawan. Sehingga mereka dapat mengetahui hal apa yang harus mereka kerjakan dan selesaikan.

 

Berikan Feedback Kepada Karyawan Secara Berkala

Pemberian feedback kepada karyawan tidak harus dilakukan hanya saat akhir periode saja. Dengan melakukan feedback secara berkala ini, tentunya akan meminimalisir kesalahan menjadi sangat besar dengan memberikan solusi apa yang harus mereka lakukan.

 

Lakukan Diskusi Dua Arah

Peningkatan penilaian kinerja bisa dilakukan dengan cara melibatkan karyawan pada diskusi secara dua arah. Dari proses ini, Anda bisa melihat cara karyawan dalam menyampaikan pendapat, mencari solusi, dan merumuskan masalah. Sehingga penilaian tidak hanya diukur dari penyelesaian proyek kerja, tetapi terdapat aspek-aspek lain yang bisa ditambahkan.

Diskusi dua arah ini tentunya bisa dilakukan dengan seorang manajer, HRD, atau dengan sesama karyawan lainnya. Karena nantinya penilaian akan meminta dari beberapa sudut pandang.

 

Melakukan Metode Penilaian Terpusat

Metode penilaian terpusat akan membuat karyawan memiliki gambaran yang jelas mengenai bagaimana orang lain mengamati mereka serta dampaknya terhadap hasil kinerja karyawan. Keuntungan dari melakukan metode ini adalah manajemen bisa memprediksi kinerja karyawan dalam melakukan pekerjaan di masa depan.

Saat melakukan penilaian, karyawan akan diminta untuk mengambil peran untuk mengikuti simulasi dalam penyelesaian masalah, melakukan diskusi informal, pengambilan keputusan, serta melakukan role play. Dari hal-hal tersebut, manajemen bisa memprediksi bagaimana cara kerja karyawan di masa depan dengan melakukan pekerjaan yang lebih berat atau satu tingkatan dari pekerjaan yang biasa mereka lakukan.

 

Penilaian Psikologis

Penilaian psikologis berguna untuk menentukan potensi tersembunyi yang ada pada karyawan. Metode ini akan berfokus untuk menganalisis kinerja karyawan di masa depan, serta menganalisis tujuh komponen utama seperti keterampilan interpersonal, kemampuan kognitif, sifat intelektual, keterampilan kepemimpinan, sifat kepribadian, serta kecerdasan emosional.

Penerapan sistem penilaian kinerja karyawan dalam setiap perusahaan tentunya akan berbeda-beda. Hal ini disebabkan karena jenis, budaya, serta tujuan perusahaan yang berbeda. Namun dari perbedaan tersebut, penilaian karyawan merupakan hal yang sangat penting untuk memaksimalkan dan meningkatkan kinerja karyawan.

Agar penilaian ini bisa berjalan dengan baik, tentunya perusahaan Anda membutuhkan sistem penilaian berbasis web yang dapat dilakukan secara otomatis dengan pengukuran yang tepat.

 

Baca Juga: Perencanaan Kinerja dan Manfaatnya untuk Perusahaan

 

LinovHR : Kelola Karyawan Dalam Satu Pusat!

Karyawan merupakan salah satu aset terpenting dalam perusahaan. Maka dari itu, divisi HR memiliki peran yang besar untuk melakukan pengelolaan karyawan secara baik dan benar. Hal ini dilakukan agar karyawan bisa memberikan hasil yang maksimal dan sesuai dengan harapan perusahaan.

Untuk tetap memelihara dan meningkatkan kinerja karyawan, ada banyak hal yang harus dilakukan HRD. Agar semua pekerjaan tersebut bisa dilakukan secara mudah, pengaplikasian Software HRD Indonesia LinovHR merupakan pilihan yang tepat.

Dengan LinovHR, Anda bisa melakukan banyak pekerjaan yang berhubungan dengan sumber daya manusia hanya dalam satu pusat saja. Seluruh sistem kerja pastinya akan terintegrasi satu sama lainnya sehingga memudahkan peran HRD dalam perusahaan.

 

Baca Juga: Cara Meningkatkan Produktivitas dengan Aplikasi Kinerja

 

Software LinovHR akan melakukan pekerjaan secara otomatis dengan pengerjaan secara profesional untuk memberikan hasil yang akurat. Jadi, pengelolaan karyawan akan jauh lebih efektif dan efisien.

Itu tadi adalah pembahasan mengenai cara untuk memaksimalkan sistem penilaian kinerja karyawan. Proses yang dilakukan secara baik dan benar akan memberikan hasil sesuai dengan harapan. Maka dari itu, perusahaan dapat menggunakan Software HRIS  LinovHR untuk pengelolaan karyawan secara optimal!