aplikasi cuti

5 Manfaat Aplikasi Cuti Dibandingkan Proses Cuti Manual

Seorang karyawan bisa sewaktu-waktu mengajukan cuti karena beberapa hal tertentu. Hal karyawan dalam mengajukan cuti sendiri diatur dalam UU Ketenagakerjaan. Mengelola cuti untuk banyak karyawan akan sangat melelahkan. Salah satu aplikasi yang membantu perusahaan dalam mengelola cuti karyawan adalah aplikasi cuti. Sebagian besar perusahaan memilih aplikasi karena mudah digunakan untuk jumlah karyawan yang banyak. Aplikasi ini juga memfasilitasi karyawan untuk mengetahui sisa cuti yang dimiliki, sehingga karyawan dapat mengajukan cuti dengan lebih bijak. 

 

Aplikasi Cuti VS Pengelolaan Cuti Manual: Mana yang Lebih Unggul?  

Pengelolaan cuti secara manual memakan waktu lama dan sulit untuk direkapitulasi. Hal ini dikarenakan jumlah karyawan yang banyak dalam perusahaan. Karyawan pun dipersulit karena harus membuat surat pengajuan cuti terlebih dahulu dalam kondisi penting seperti adanya anggota keluarga yang sakit atau meninggal. Tidak mungkin bagi karyawan harus membuat dan mengajukan surat terlebih dahulu saat-saat genting. Proses rekapitulasi pun lumayan rumit dikarenakan tidak adanya sistem yang terintegrasi. Data pengajuan cuti yang masuk tidak dapat diketahui oleh seluruh staf HRD secara langsung. Hal ini juga menghambat pihak HRD untuk memantau alur pengajuan cuti.  

 

Baca Juga: Aturan & Perhitungan Cuti Tahunan yang Diuangkan

 

Sementara itu, aplikasi cuti menawarkan sebuah inovasi dalam pengelolaan cuti. Data pengajuan cuti masuk secara real time sehingga dapat diketahui oleh manajer HRD. Kemudahan ini juga akan mempercepat proses persetujuan cuti karyawan. Pihak karyawan juga tidak perlu untuk menuliskan surat pengajuan cuti, karena seluruh proses tersusun otomatis. Karyawan hanya perlu mengajukan cuti melalui aplikasi.

Hal lain yang menjadi keunggulan dari penggunaan aplikasi dari pengelolaan cuti adalah konsep paperless yang ditawarkan. Selama ini perusahaan terbiasa menggunakan dokumen surat untuk pengajuan maupun persetujuan tertentu. Padahal penggunaan kertas memakan banyak tempat dan membutuhkan perhatian ekstra dalam perawatannya. Data dan informasi cuti karyawan tersimpan dengan ringkas dan aman di dalam server berbasis cloud di belakang aplikasi untuk mendukung database. 

 

Manfaat Aplikasi Cuti

Menggunakan aplikasi dalam mengelola cuti mempunyai beberapa manfaat bagi perusahaan dan karyawan. Manfaat ini tidak bisa ditemukan melalui pengelolaan cuti manual. Apa saja manfaat yang dimaksud? 

 

Memudahkan Koordinasi

Koordinasi mengenai cuti antara karyawan dan perusahaan dilakukan menggunakan aplikasi cuti online, membuat karyawan dapat mengajukan cuti secara mendadak ketika ada urusan tertentu. Kemudian pengajuan cuti akan masuk kedalam sistem dan ditindak langsung oleh perusahaan.

 

Terlacak secara Real Time

Sistem aplikasi yang terintegrasi secara real time membuat pengajuan cuti mudah dilacak. Perusahaan lebih mudah melacak karyawan mana saja yang mengajukan cuti. Lalu, perusahaan akan mengambil keputusan terkait pendelegasian tugas kepada karyawan yang tidak mengajukan cuti. 

 

Hemat Waktu

Karena tidak membutuhkan berbagai surat pengajuan dan approval dapat dilakukan secara langsung. Karena prosedurnya mudah dan sederhana, pengajuan dan persetujuan cuti menghemat waktu. 

 

Fleksibel 

Karena aplikasi untuk mengelola cuti berbasis online, karyawan dapat mengajukan cuti saat itu juga tanpa perlu harus ke kantor atau membuat surat cuti termasuk saat si karyawan masih berada di rumah. Pihak HRD pun bisa menerima dan menyetujui dimana saja. Fleksibilitas ini sangat berguna dalam masa-masa pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung karena adanya peraturan work from home. 

 

Baca Juga: Strategi Penyesuaian Jadwal Kerja Selama Pandemi COVID-19

 

Aman dan Rahasia

Aplikasi menjamin kerahasiaan serta keamanan data dan informasi karyawan. Data dan informasi karyawan yang masuk dalam pengelolaan cuti bersifat rahasia dan tidak boleh diketahui siapa pun kecuali karyawan dan dan pihak HRD sendiri. Jika data dan informasi karyawan jatuh ke tangan orang yang bertanggung jawab, maka akan ada kemungkinan terjadinya manipulasi dan penyalahgunaan data. 

 

Aplikasi Cuti LinovHR: Mudahkan Kelola Cuti Karyawan

Pemanfaatan teknologi berkembang pesat dan mulai dibutuhkan dalam banyak perusahaan. Maka sebaiknya perusahaan mulai beralih menggunakan aplikasi daripada menggunakan sistem cuti manual yang tidak efisien. Perusahaan akan lebih mudah mengelola cuti, sementara karyawan lebih mudah dalam pengajuan cuti yang berdampak terhadap kepuasan kerja karyawan. Tingkat kepuasan kerja karyawan akan mempengaruhi motivasi dan produktivitas dalam perusahaan, dimana turut membuat kualitas produk atau output ikut meningkat. 

LinovHR telah berpengalaman dalam membantu banyak perusahaan dalam mengelola cuti melalui aplikasi. Pengajuan cuti dapat lebih praktis, mudah, dan sederhana bersama LinovHR. Proses rekapitulasi cuti juga menjadi simpel karena semua data dan informasi tersimpan dalam kesatuan otomatisasi sistem. Yuk, coba aplikasi cuti dari LinovHR melalui tautan berikut linovhr.com/trial-linovhr/ Hubungi LinovHR dan dapatkan penawaran gratis sekarang juga!