harga software payroll

Mengapa Harga Software Payroll Berbeda-beda, Apa Faktor Penyebabnya?

Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa harga software payroll begitu mahal? Padahal, jika dilihat-lihat, fitur yang ditawarkan juga tidak jauh berbeda antara satu dengan lainnya. Bahkan dibandingkan dengan sistem penggajian secara manual akan jauh lebih terjangkau dengan mempertimbangkan segala fiturnya.

Menurut American Payroll Association, proses perhitungan gaji secara manual akan jauh lebih mahal dan menghabiskan banyak waktu. Bahkan, tercatat sebanyak 31% perusahaan menghabiskan biaya sebanyak 15-75 juta rupiah per tahun hanya untuk melaksanakan proses penggajian.

Oleh karena itu, saat ini banyak perusahaan yang beralih menggunakan software payroll untuk mempermudah dan menghemat perhitungan gaji karyawannya.

Namun, pertanyaannya adalah mengapa harga software payroll dapat berbeda-beda satu dengan yang lainnya?

Artikel LinovHR ini akan mengulas lebih dalam mengenai faktor-faktor yang menyebabkan perbedaan harga aplikasi payroll.

Simak ulasan berikut ini!

 

Apa yang Mempengaruhi Harga Software Payroll Bisa Berbeda?

Dalam bisnis, perbedaan harga terhadap suatu produk yang sama mungkin sudah biasa. Hal ini tentunya dapat dibedakan oleh beberapa faktor seperti kualitas yang diberikan oleh setiap pengembang berbeda-beda.

Namun, apakah hanya sekadar faktor kualitas saja? Ternyata tidak. Kualitas bisa dibilang masih bagian terluar dari perbedaan harga tersebut. 

Jika menemukan perbedaan harga pada produk sehari-hari mungkin kita masih bisa paham. Tapi bagaimana dengan perbedaan harga software payroll?

Pasti banyak dari kita belum paham, apa lagi di Indonesia kehadirannya terbilang belum lama.

Agar tidak ada lagi kebingungan, berikut beberapa faktor yang mempengaruhi harga software payroll Indonesia bisa berbeda-beda.

 

  1. Sistem Penyimpanan

Sistem penyimpanan software payroll pada umumnya menggunakan sistem penyimpanan cloud. Pada dasarnya, sistem penyimpanan jenis cloud akan jauh lebih murah dibandingkan Anda membeli sebuah server secara mandiri.

Besar kecilnya kapasitas yang Anda beli tentunya akan mempengaruhi perbedaan harga antara satu software dengan software lainnya.

 

  1. Jumlah Pegawai Perusahaan

Besarnya jumlah pegawai suatu perusahaan juga menentukan perbedaan harga jual software payroll. Jika Anda memilih software payroll yang dapat mengakomodasi pegawai 1 s.d. 50 orang, maka tentunya akan lebih murah dibandingkan dengan jumlah yang lebih besar.

Hal ini karena terkait dengan besar kecilnya penyimpanan cloud yang diberikan oleh pengembang software kepada perusahaan Anda. Pastinya Anda harus mencermati software mana yang paling sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda.

 

Baca Juga: Beberapa Manfaat Aplikasi Payroll Bagi Perusahaan

 

  1. Fitur

Faktor yang satu ini merupakan salah satu pembeda harga software payroll yang paling jelas. Semakin banyak fitur yang diberikan oleh software payroll, maka harganya pun akan jauh semakin mahal.

Hal ini tentunya sudah lumrah dimana semakin banyak fitur yang diberikan maka semakin banyak kemudahan yang akan Anda dapatkan. Sehingga, perbedaan harga pun terlihat.

Untuk itu, Anda perlu lebih mencermati software payroll mana yang memiliki fitur penunjang atas segala kebutuhan perusahaan Anda.

 

  1. Kemudahan Pemakaian

Kemudahan pemakaian merupakan hal yang juga menentukan perbedaan harga. Apakah software payroll yang nantinya Anda beli sudah terintegrasi ke dalam beberapa sistem yang sudah ada atau belum.

Jika software yang nantinya Anda beli telah menawarkan beberapa kemudahan pemakaian, maka harganya pun dapat jauh lebih murah karena Anda tidak memerlukan pembelian sistem lainnya.

Untuk itu penting bagi Anda mencoba atau melakukan demo sebelum membelinya.

 

  1. Layanan Purna Jual

Banyak sekali software payroll yang beredar di internet yang dapat Anda pilih. Namun, mereka tidak menyediakan layanan purna jual yang sama. Sehingga, perbedaan harga pun dapat ditentukan dari hal ini.

Semakin baik layanan purna jual yang mereka berikan, maka tentunya akan semakin mahal harga software payroll yang akan Anda beli.

 

Baca Juga: Manfaat Software Payroll Web Based Bagi Perusahaan

 

LinovHR, Software Payroll dengan Harga Bersahabat dan Fitur Unggulan

Menentukan software payroll mana yang perlu Anda gunakan merupakan hal yang sangat penting. Tentu Anda tidak bisa sembarangan pilih. Setidaknya Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal seperti fitur yang ditawarkan dan pastinya harga.

Jangan sampai Anda membayar mahal tapi fitur-fitur yang ditawarkan tidak mampu menjawab kebutuhan payroll perusahaan Anda.

Salah satu yang bisa Anda pilih adalah Software Payroll LinovHR. Software ini hadir dengan menawarkan harga software payroll yang bersahabat untuk seluruh bidang perusahaan.

 

payroll

 

Melalui penggunaan Software Payroll LinovHR, Anda dapat mengelola berbagai keperluan data payroll perusahaan dengan otomatis dan menghasilkan data yang akurat.

Pastinya Software Payroll dari LinovHR memiliki berbagai fitur yang dapat memudahkan Anda dalam mengelola payroll perusahaan.

Anda dapat menyimpan berbagai informasi mengenai data-data Bank dengan memanfaatkan fitur Data Bank. Sehingga, tidak perlu sibuk menyimpan satu per satu secara manual dalam dokumen terpisah.

Untuk memilih metode pembayaran yang akan dilakukan dalam transaksi, Anda dapat menggunakan fitur Payment Method dalam LinovHR yang telah berbasis sistem cloud.

Dengan begitu, Anda dapat menyimpan seluruh metode pembayaran yang digunakan untuk transaksi.

Selain itu, terdapat fitur Payroll Component yang dapat memudahkan Anda mengelola komponen payroll yang akan diterima oleh karyawan. Beberapa komponen yang dapat diatur seperti gaji pokok, tunjangan, BPJS, jaminan pensiun, dan lain-lain yang mempengaruhi besaran gaji karyawan.

Untuk memudahkan manajemen HRD dan Payroll melakukan pengelompokan karyawan tertentu dalam penerimaan komponen gaji, Software Payroll LinovHR menyediakan fitur Employee Set.

Fitur yang tak kalah pentingnya yaitu Payroll Process dimana fitur ini merupakan salah satu yang terpenting dalam software payroll. Anda dapat melakukan proses perhitungan payroll karyawan dengan mudah dan cepat.

Setidaknya ada empat proses yang terdapat dalam fitur ini, yaitu Standar (digunakan untuk perhitungan periode berjalan), THR, Severance, serta Retroactive/Rapel. Tentunya hal ini memudahkan Anda dalam melakukan proses perhitungan payroll dengan hasil yang akurat.

Apa Anda masih ragu dengan semua fitur Software Payroll Indonesia LinovHR ini?

Segera ajukan free demo sekarang juga!