pinjaman karyawan

5 Manfaat Program Pinjaman Karyawan bagi Perusahaan

Sekarang ini, banyak perusahaan yang mulai memberlakukan sistem reward agar bisa menarik perhatian para calon karyawan, atau bisa juga untuk mengikat karyawan perusahaan yang sudah lama bekerja dan mengabdikan dirinya di perusahaan lebih lama.

Contoh reward yang bisa diberikan kepada karyawan adalah pinjaman karyawan. Beberapa karyawan terkadang ada saja yang membutuhkan sejumlah dana dalam waktu cepat karena hal yang mendesak. Perusahaan haruslah bisa memahami apa yang tengah dialami oleh karyawan tersebut.

Bisa saja karyawan yang membutuhkan pinjaman karyawan mengajukan pada bank. Namun hal tersebut malah akan menyita waktu dan karyawan mungkin terpaksa harus mengambil jatah izin atau cuti untuk mengurus syarat administratif agar bisa mendapatkan pinjaman dari bank. Oleh sebab itulah diharapkan perusahaan bisa memberikan program pinjaman karyawan untuk membantu menyelesaikan masalah karyawan terkait finansial.

Lantas, apa sih manfaat program pinjaman karyawan bagi perusahaan?

 

1.Produktivitas Karyawan Bisa Semakin Meningkat

Semua karyawan tentu mempunyai kebutuhan masing-masing yang harus dipenuhi. Suatu waktu secara mendadak mereka juga bisa membutuhkan sejumlah dana, sementara gaji serta tunjangan yang didapat tak dapat memenuhi kebutuhan mendesak tersebut.

Bila perusahaan memiliki program pinjaman karyawan maka perusahaan akan peka terhadap hal yang sedang dibutuhkan karyawannya. Karyawan bisa mengajukan sejumlah pinjaman sesuai dengan aturan yang sudah disepakati antara perusahaan dengan karyawan. Sebagai timbal baliknya selain bisa membayar kembali sejumlah pinjaman pada perusahaan, karyawan juga akan merasa memiliki hutang budi, lalu menunjukan rasa terimakasihnya pada tanggung jawab pekerjaan mereka. Artinya akan berakibat kepada produktivitas karyawan dalam bekerja akan semakin terpacu.

 

2.Sebagai Strategi Retensi Karyawan

Pinjaman karyawan juga bisa menjadi strategi perusahaan untuk retensi karyawan. Ya, retensi karyawan memang harus sangat diperhatikan agar tidak ada karyawan yang secara mendadak mengundurkan diri akibat beberapa hal. Oleh sebab itulah adanya pinjaman karyawan bisa menjadi salah satu strategi retensi untuk mempertahankan karyawan perusahaan. masih banyak hal yang dapat anda lakukan dalam mengurangi retensi karyawan ini, Untuk lebih jelasnya anda dapat mengklik tautan berikut ini  https://www.linovhr.com/cara-meningkatkan-retensi-karyawan/

 

3.Loyalitas Karyawan Semakin Tinggi

Dengan adanya fasilitas pinjaman karyawan dari perusahaan juga akan membuat karyawan merasa diperhatikan dan diberikan kemudahan menyelesaikan masalah oleh perusahaan. Ini bisa memberikan nilai positif dari perusahaan kepada karyawan. Sehingga tingkat loyalitas dalam bekerja juga akan bisa semakin tinggi.

 

4.Mengikat Dengan Halus

Maksud dari mengikat dengan halus adalah perusahaan berusaha mempertahankan karyawan yang amat berharga untuk perusahaan dengan cara memberikan pinjaman kepada karyawan tersebut. Dengan adanya pinjaman tentu saja karyawan akan merasa memiliki keterikatan lebih dalam dengan perusahaan. Selain karena harus bekerja, karyawan juga harus membayar sejumlah hutangnya kepada perusahaan.

 

Baca Juga :  HRD Wajib Baca : 8 Cara Menumbuhkan Loyalitas Karyawan

 

5.Biaya Pengelolaan Karyawan Yang Semakin Efisien

Saat karyawan sudah merasa terikat karena adanya pinjaman karyawan yang harus dibayarkan, dengan begitu karyawan tak akan dengan mudah untuk memutuskan pindah ke perusahaan lain. Tingkat turnover semakin rendah dan ini tentu saja akan menguntungkan biaya personalia (HRD ) perusahaan dalam merekrut karyawan kembali.

Itulah 5 manfaat program pinjaman karyawan bagi perusahaan. Program pinjaman bisa menjadi win-win solution antara perusahaan dan karyawan. Namun tentunya hal tersebut juga tergantung pada peraturan yang diberikan perusahaan para karyawan yang ingin meminjam sejumlah dana.

Selain hal tersebut, Perusahaan harus benar – benar mampu untuk mengelola data yang terkait pinjaman karyawan dengan baik agar tidak terjadi kesalahan yang tidak diinginkan dan solusinya adalah dengan menggunkan  Software HR Indonesia  LinovHR, Melalui salah satu modulnya yaitu modul loan anda akan dapat dengan mudah mengatur secara sistematis bagaimana proses peminjaman karyawan mulai dari permintaan hingga pelunasan pinjaman .