pemberdayaan sdm

Hal yang Perlu Dilakukan untuk Strategi Pemberdayaan SDM

Karyawan menjadi salah satu aset penting yang harus dijaga. Selain itu, perusahaan juga perlu melakukan pemberdayaan SDM agar bisa meningkatkan skill dan juga keterampilan mereka dalam melakukan tugas-tugas penting.

Di bawah ini terdapat pengertian pemberdayaan SDM beserta dengan contoh strategi yang bisa dilakukan. Mari simak artikel berikut!

 

Apa itu Pemberdayaan SDM?

Pengertian pemberdayaan SDM adalah cara bagi perusahaan dalam menyiapkan tenaga kerjanya untuk bisa lebih berpikir kritis, dapat mengambil keputusan, dan bisa bekerja lebih baik lagi untuk waktu yang akan datang.

Dengan cara ini, diharapkan para karyawan bisa bekerja lebih mandiri dalam menyelesaikan tugas-tugasnya secara maksimal tanpa adanya pengawasan yang penuh.

Selain itu, karyawan juga akan merasa mereka diberikan kepercayaan yang penuh dalam mengambil alih tugas-tugas besar. Sehingga mereka bisa bebas untuk berinovasi, memberikan ide dan pendapatnya, serta mengambil keputusan yang tepat.

Prinsip utama dalam pemberdayaan SDM adalah menyediakan sarana bagi karyawan agar dapat membuat keputusan penting dan memastikan bahwa keputusan yang mereka ambil adalah cara yang tepat.

Jika hal ini diterapkan dengan baik akan meningkatkan produktivitas kerja yang tinggi dan berkualitas serta proses kerja karyawan yang lebih baik lagi.

 

Tujuan Pemberdayaan SDM

Strategi pemberdayaan SDM yang ada dalam perusahaan memiliki beberapa tujuan utama, antara lain:

 

1. Menciptakan dan Meningkatkan Kinerja yang Baik

Strategi pemberdayaan sumber daya manusia dilakukan dengan tujuan untuk menciptakan dan meningkatkan kinerja karyawan yang baik dan sesuai dengan harapan perusahaan. Sehingga dapat mencapai keefektifan dalam bekerja.

 

2. Meningkatkan Produktivitas Kerja

Karyawan akan dilatih agar mereka bisa bekerja lebih mandiri dalam melakukan tugasnya. Dengan begitu, produktivitas kerja mereka akan terbentuk secara bertahap.

 

3. Meningkatkan Loyalitas Karyawan

Adanya kegiatan pengembangan menandakan bahwa perusahaan peduli kepada para karyawannya. Dari cara ini diharapkan karyawan memiliki pandangan yang baik terhadap perusahaan sehingga meningkatkan loyalitas mereka.

 

Baca Juga: Cara untuk Meningkatkan Loyalitas Karyawan Terhadap Perusahaan

 

4. Memberdayakan SDM yang Sudah Ada

Jika pengembangan dilakukan secara baik akan menambahkan keterampilan karyawan. Sehingga jika suatu saat perusahaan memerlukan kualifikasi baru yang harus dipenuhi, mereka bisa memberdayakan SDM yang sudah ada tanpa harus merekrut karyawan baru.

 

5. Menciptakan Budaya Perusahaan yang Positif

Adanya peningkatan skill pada karyawan akan membuat mereka dapat menyelesaikan tugas secara cepat dan tepat. Selain itu, hal ini juga akan memungkinkan karyawan untuk saling membantu atau mengajari satu sama lainnya sehingga membentuk lingkungan kerja yang positif dan suportif.

 

Contoh Strategi Pemberdayaan SDM

Strategi pemberdayaan SDM memiliki beberapa contoh yang bisa diterapkan di perusahaan. Untuk mengetahui beberapa contoh tersebut, simak penjelasan berikut ini!

 

Memberikan Hadiah Kepada Karyawan Berprestasi

Salah satu cara untuk memberdayakan SDM dalam perusahaan adalah memberikan apresiasi atau hadiah kepada karyawan yang berprestasi baik. Contoh strategi ini sudah dilakukan oleh perusahaan Disney.

Disney memastikan bahwa mereka sangat berterima kasih kepada para karyawan atas kinerja yang telah dilakukan dan selalu mendengarkan setiap saran yang karyawan mereka lontarkan. Untuk memberikan apresiasi dan rasa terima kasihnya, Disney memberikan hadiah kepada karyawan dengan prestasi kerja yang baik.

Dengan strategi ini para karyawan merasa Perusahaan Disney sangat memperhatikan mereka dalam setiap detailnya sehingga mereka juga lebih meningkatkan kinerja dan produktivitasnya.

 

Mengembangkan Kreativitas Karyawan

Mengerjakan tugas-tugas utama menjadi kewajiban para karyawan. Namun tanpa adanya kreativitas, karyawan bisa saja merasa jenuh dan skill yang mereka miliki tidak berkembang.

Dengan melakukan pengembangan kreativitas, karyawan bisa menemukan ide-ide baru yang bisa diterapkan dalam pekerjaan. Selain itu, kreativitas ini juga dapat dimanfaatkan perusahaan untuk berinovasi dalam pekerjaan yang baru. 

Strategi dengan cara mengembangkan kreativitas ini juga telah dilakukan oleh perusahaan Google. Para petinggi di perusahaan tersebut membebaskan para insinyur mereka untuk menghabiskan 20% dari minggu kerjanya untuk mengerjakan proyek-proyek yang mereka yang mereka sukai.

Menurut Google, cara ini dianggap bagus untuk mengeksplorasi ide-ide mereka untuk membawa layanan dan produk baru ke perusahaan.

 

Memberikan Mentor Kepada Karyawan

Pemberian mentor kepada karyawan dirasa dapat meningkatkan kinerja karyawan dalam hal menyelesaikan pekerjaan secara baik.

Dengan memberikan mentor, karyawan bisa dengan leluasa melakukan diskusi terkait penyelesaian kerja atau beberapa hal yang mereka ingin ketahui.

Seorang mentor tentunya adalah mereka yang dapat berpikir secara kritis, mengambil keputusan secara cepat, serta memiliki keahlian yang lebih.

 

Meluangkan Waktu untuk Mengadakan Feedback Karyawan

Feedback atau umpan balik merupakan respon yang diberikan karyawan terhadap kinerja manajemen perusahaan sebagai penyedia kerja.

Dengan meluangkan waktu untuk melakukan feedback, Anda bisa menjadi tahu tentang hal apa yang diinginkan atau tidak disukai karyawan.

Strategi ini dapat dilakukan untuk memperbaiki kesalahan perusahaan sehingga proses pemberdayaan SDM bisa dilakukan lebih baik.

 

Baca Juga: 7 Cara Jitu untuk Memberdayakan Karyawan

 

Pemberdayaan SDM Perusahaan dengan Modul Learning and Development LinovHR!

Pemberdayaan sumber daya manusia dirasa menjadi salah satu hal yang penting dilakukan oleh manajemen perusahaan. Tetapi, cara ini haruslah dilakukan secara tepat kepada seluruh karyawan.

Untuk mensukseskan hal tersebut, gunakanlah Modul Learning and Development dari LinovHR!

Software HRD LinovHR melalui Modul Learning and Development menyediakan segala hal yang berkaitan dengan peningkatan skill, kompetensi, dan kapabilitas karyawan untuk melancarkan kegiatan kerja mereka.

Dengan memanfaatkan modul ini, proses pemberdayaan SDM dalam perusahaan bisa dilakukan secara tepat agar memberikan dampak yang baik terhadap karyawan dan juga perusahaan.

 

Baca Juga: Strategi untuk Mengembangkan SDM agar Membentuk Kualitas Terbaik

 

Demikianlah pembahasan mengenai strategi pemberdayaan SDM beserta contoh yang bisa Anda lakukan.

Proses pemberdayaan ini tentunya memiliki tujuan dan manfaat bagi karyawan dan juga perusahaan. Maka dari itu strategi ini harus dilakukan secara benar dan tepat agar mendapatkan hasil yang sesuai.

Agar pemberdayaan sumber daya manusia bisa dilakukan dengan mudah dan efektif, Anda bisa menggunakan modul Learning and Development dari LinovHR sekarang juga!