sertifikasi hr

6 Alasan Anda Harus Mengambil Sertifikasi HR

Divisi HRD memiliki tugas yang cukup banyak dalam mengurusi sumber daya manusia perusahaan. Tentu saja dalam menjalankan tugasnya, seorang HRD harus cekatan dan dapat menemukan solusi dari permasalahan yang terjadi. Selain skill dan pengalaman kerja, sertifikasi HR juga wajib dimiliki untuk membuktikan kredibilitas seorang HRD telah diakui.

Selain menunjukan kredibilitas dalam bidang human resource, sertifikasi HR memiliki beberapa fungsi lain yang nantinya akan memudahkan Anda dalam proses kerja. Maka dari itu, LinovHR akan memberikan alasan mengapa Anda harus memiliki sertifikasi HR.

 

Sekilas Mengenai Sertifikasi HR

Sertifikasi HR adalah sertifikat yang didapatkan seseorang setelah melalui proses belajar, pelatihan, tes kemampuan, hingga seberapa lama pengalaman kerja seseorang di bidang sumber daya manusia atau human resource.

Selain itu, sertifikasi HR akan memudahkan seseorang untuk bekerja baik di dalam maupun di luar negeri tanpa adanya hambatan. Di Indonesia sendiri, sertifikasi ini sangat penting dimiliki karena untuk menunjukan kemampuan yang dibuktikan secara tertulis dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI).

Kewajiban memiliki sertifikasi HR bagi pekerja yang menggeluti bidang sumber daya manusia telah diatur sesuai dengan Surat Edaran Menteri Ketenagakerjaan Nomor M/5/HK.04.00/VII/2019 yang berisi tentang pemberlakuan wajib sertifikasi kompetensi terhadap Jabatan di Bidang Sumber Daya Manusia.

 

Baca Juga: Peran HRD dalam Mendukung UU Ketenagakerjaan

 

Mengapa Anda Harus Memiliki Sertifikasi HR? 

Tujuan dari sertifikasi ini adalah untuk membuktikan kompetensi yang dimiliki sudah sesuai dengan standar yang berlaku dan diakui oleh organisasi atau lembaga pemberi sertifikasi. Seseorang yang sudah memiliki sertifikasi HR pastinya sudah tidak diragukan lagi kemampuannya untuk mengurus pengelolaan sumber daya manusia.

Inilah beberapa alasan kuat mengapa Anda harus memiliki sertifikasi HR: 

 

1. Mendapatkan Kesempatan Karir Lebih Besar

Dengan adanya sertifikasi HR, pastinya Anda akan lebih mudah untuk mendapatkan jenjang karir yang lebih besar lagi. Karena hal ini akan membuktikan bahwa Anda mampu dan memiliki kompetensi yang sudah sesuai dengan standar.

Perusahaan-perusahaan besar pastinya akan lebih mempercayakan karyawannya akan dikelola oleh HRD yang bersertifikat. Hal ini akan menambah ilmu, pengalaman, dan juga relasi.

 

2. Memperkuat Resume Anda

Saat ini persaingan kerja dalam bidang sumber daya manusia sudah semakin ketat. Dengan memiliki sertifikat HR, pastinya resume Anda akan dilirik oleh perusahaan dan memudahkan dalam mendapatkan penawaran kerja. Nilai Anda pun lebih unggul dibandingkan kandidat yang lain. 

 

3. Memudahkan Koordinasi dengan Bidang Lain

Manfaat yang akan didapatkan pekerja dengan memiliki sertifikasi HR adalah memudahkan mereka dalam melakukan koordinasi dengan bidang lain yang terdapat dalam perusahaan.

Untuk melancarkan proses kerja, divisi HRD pastinya akan memiliki beberapa tugas yang akan berhubungan langsung dengan divisi lain. Selain itu, mereka juga harus mengontrol kinerja seluruh karyawan di perusahaan.

 

4. Pengelolaan Sumber Daya Manusia

Seorang HRD yang telah dilengkapi dengan sertifikasi kompetensi akan mampu dalam melaksanakan tugas seperti pencarian kandidat baru, pengelolaan karyawan perusahaan, memberhentikan karyawan dan juga memberikan penilaian atas kinerja mereka. Dengan pembekalan pengetahuan yang mereka dapatkan, pastinya mereka mampu mengurus pengelolaan dan manajemen sumber daya manusia di perusahaan secara maksimal.

 

5. Cepat dalam Memberikan Solusi

Perusahaan maupun divisi pastinya memiliki permasalahan yang menjadi hambatan dalam proses kerja. Karena sudah memiliki sertifikasi HR, pastinya Anda lebih mampu dalam mencari solusi dan memberikan saran kepada atasan untuk diterapkan pada pelaksanaan kerja.

Dibandingkan dengan HRD yang belum bersertifikasi, pastinya Anda sudah memiliki lebih banyak ilmu dan juga pengalaman dalam mengatasi masalah pengelolaan karyawan.

 

6. Berpotensi untuk Mendapatkan Kenaikan Gaji

Karena perusahaan percaya dengan kemampuan yang Anda miliki, tugas-tugas yang diberikan juga semakin meningkat seiring dengan kondisi perusahaan. Tetapi tenang saja, karena banyaknya tugas yang diberikan maka Anda juga berkesempatan untuk mendapatkan kenaikan gaji. Selain itu, proses promosi atau kenaikan jabatan juga akan semakin mudah.

 

Baca Juga : Apa Saja Kriteria Sistem HRD dalam Otomatisasi Kinerja? 

 

Kelancaran tugas dan tanggung jawab seorang HRD akan mempengaruhi kualitas dan kinerja karyawan perusahaan. Agar proses tersebut bisa berjalan dengan mudah, gunakan Software HRD dari LinovHR untuk membantu dalam pengelolaan sumber daya manusia yang lebih baik

software hris

 

Demikianlah pembahasan alasan penting kenapa sertifikasi HR wajib Anda miliki. Selain aturan resmi dari surat edaran Menteri Ketenagakerjaan, sertifikasi ini sangat membantu Anda dalam mendapatkan pekerjaan baru, kemudahan dalam kenaikan gaji, hingga peningkatan karir yang lebih baik lagi. Sertifikasi tentu saja akan mensukseskan peran Anda sebagai profesional HRD.