hr certification

7 Tips Ikut HR Certification Agar Berhasil

Di dalam sebuah perusahaan, HR memiliki peran yang sangat penting dalam kelancaran personalia dan sumber daya manusia di perusahaan. Oleh karena itu, posisi HRD mestilah diisi oleh orang-orang kompeten. Tidak heran saat ini HR juga dituntut untuk mengikuti program sertifikasi atau HR certification.

HR certification adalah sertifikat yang didapatkan HR melalui hasil pembelajaran, pelatihan, dan pengalaman kerja di bidang human resources. Sertifikasi ini dikeluarkan oleh lembaga atau asosiasi profesi yang memiliki kompetensi di bidang human resources.

Sertifikasi ini akan digunakan sebagai jaminan bahwa karyawan yang bersangkutan telah mendapatkan standar kompetensi HR dalam perusahaan, tentunya dengan kredibilitas terbaik.

Jika Anda saat ini berprofesi sebagai HR dan sedang ingin mengikuti program sertifikasi, artikel LinovHR ini akan memberikan tips lengkap agar Anda bisa sukses melalui program sertifikasi.

Simak selengkapnya di bawah ini!

 

Baca juga: Perlukah Sertifikasi CHRP Untuk Menjadikan Profesional HR Terbaik?

 

Pentingnya HR Mengikuti HR Certification

Tahukah Anda, berdasarkan Surat Edaran Menteri Tenaga Kerja No. M/5.HK.04.00/VII/2019 menyatakan bahwa jabatan bidang manajemen sumber daya manusia wajib memiliki sertifikasi kompetensi. Oleh karena itu, untuk Anda seorang HR, sudah seharusnya Anda mengikuti program HR certification. 

Dengan mengikuti sertifikasi, seorang HRD akan mempunyai kompetensi yang sesuai dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI). Selain itu, ada manfaat besar yang akan dirasakan oleh HR setelah mengikuti program sertifikasi, antara lain:

 

  1. Bagi HR

HR certification ini berguna untuk menunjang karier HRD ke depannya. Dengan kompetensi yang telah teruji, maka dapat meyakinkan organisasi bahwa Anda memang seseorang yang kompeten dan dapat bekerja dengan baik. Sertifikat HRD juga membantu Anda untuk mendapatkan pengakuan kompetensi lintas sektor dan negara.

 

  1. Bagi Industri

Tidak hanya bermanfaat bagi HR sebagai individu, HR certification juga bermanfaat bagi industri tempatnya bekerja. Hal ini karena dokumen sertifikat bisa digunakan untuk meyakinkan klien bahwa perusahaan memiliki tenaga kerja yang kompeten. Selain itu, dokumen sertifikat juga membantu perusahaan untuk mengembangkan tenaga kerja berbasis kompetensi.

 

Tips Mengikuti HR Certification

Dalam proses HR certification, Anda akan dilatih dalam mempelajari perencanaan strategis perusahaan yang harus diselaraskan dengan perancangan SDM. Jika Anda ingin lulus dalam sertifikasi HR, coba ikuti beberapa tips ini.

 

1. Jangan hanya Menghafal

Untuk dapat lulus dalam ujian sertifikasi HR, jangan menghafal setiap materi. Tapi, cobalah untuk menerapkan hasil yang Anda dapatkan dalam pelatihan. Fokus pada mempelajari konsep, kemudian gunakan pengetahuan untuk memilih jawaban yang benar.

 

2. Coba Gunakan Pengalaman Anda

Dalam menjawab soal ujian sertifikasi, cobalah gunakan pengalaman Anda dalam bidang HR. Pengalaman Anda dalam bidang HR akan membantu Anda untuk mengenali situasi yang dihadapkan kepada Anda.

 

3. Perdalam Pemahaman Tentang Istilah

Dalam ujian sertifikasi, ada beberapa soal mengenai istilah-istilah dalam dunia HR atau ada juga soal yang bisa Anda ketahui konteksnya bila Anda mengerti istilah yang digunakan dalam soal tersebut. Untuk itu, sebelum mengikuti ujian, cobalah untuk memperdalam pengetahuan Anda mengenai berbagai istilah yang kerap digunakan dalam dunia HR.

 

4. Cobalah Mengerjakan Latihan Soal

Jangan remehkan latihan soal, sebelum Anda menghadapi ujian yang sesungguhnya, cobalah latihan mengerjakan latihan soal yang bisa Anda temukan di internet. Jangan hanya mencari latihan soal yang memberi Anda jawaban dengan benar, tapi lengkap dengan pembahasan dari setiap soal.

 

5. Perhatikan Waktu saat Mengerjakan Soal

Time management dalam mengerjakan soal juga sangat penting. Jangan terlalu cepat, karena dikhawatirkan ada indikator Anda kurang teliti dalam membaca soal.

Tapi, jangan juga terlalu lambat karena bisa-bisa Anda kehabisan waktu untuk mengerjakan semua soal. Usahakan juga untuk menyisakan waktu sekitar 45 menit untuk memeriksa seluruh jawaban Anda.

 

6. Ingatlah Bawa Ini Ujian Resmi

Anda perlu mengingat bahwa hr certification ini adalah ujian resmi. Jadi Anda juga perlu untuk mengetahui mengenai undang-undang ketenagakerjaan terbaru yang diberlakukan.

Pastinya soal-soal yang akan Anda temui tidak jauh-jauh dari apa yang tertuang dalam undang-undang ketenagakerjaan. Mulai dari upah minimum, cuti berbayar, PKWT dan PKWTT, dan hal lainnya yang berkaitan dengan regulasi ketenagakerjaan.

 

7. Persiapkan Diri Saat Hari Ujian

Persiapkan diri dan pikiran Anda untuk ujian sehingga Anda bisa fokus dalam menjawab segala soal. Abaikan pikiran yang tidak ada hubungannya dengan ujian.

 

Baca juga: Strategi Pengembangan SDM Berkualitas yang Perlu HR Ketahui 

 

Kerja HR Semakin Mudah dengan LinovHR

HR certification membuat mutu dan kompetensi HR teruji karena telah sesuai dengan standar profesi yang telah ditentukan dan diakui.

Sertifikasi HR juga membantu HR untuk lebih mengerti mengenai lingkup kerjanya dan bagaimana cara mengembangkan SDM di perusahaan. Namun, terkadang dengan banyak pekerjaan administratif yang mesti diurus HR, terkadang HR lupa untuk mengembangkan strategi pengembangan SDM.

Bagaimana tidak, HR bertanggung jawab untuk memastikan terkait absensi, database, sampai dengan payroll karyawan. Dengan tumpukkan tugas tersebut, tentu sangat sulit bagi seorang HR untuk memikirkan dan menyusun strategi bagaimana mengembangkan strategi untuk mengembangkan SDM di perusahaan.

Itulah mengapa sudah seharusnya perusahaan berkolaborasi dengan teknologi HR untuk membuat pekerjaan HRD lebih mudah, cepat, dan efektif. Salah satunya adalah dengan menggunakan software HRIS LinovHR.

 

software hris

 

Anda dapat memanfaatkan rangkaian modul yang ada di LinovHR untuk membuat proses administrasi dan personalia perusahaan lebih mudah, cepat, dan tepat.

Software HRIS LinovHR punya modul-modul yang lengkap, mulai dari mengelola organisasi, database karyawan, time management, reimbursement, payroll, sampai dengan recruitment.

Contoh modulnya adalah Time Management. Modul ini memungkinkan HR untuk mengelola jadwal dan kehadiran karyawan. HR akan jadi tahu data-data kehadiran karyawan, dan data tersebut akan terintegrasi dengan modul Payroll untuk kebutuhan penggajian.

Data kehadiran tadi akan terkalkulasikan secara otomatis di modull payroll, dan berujung pada pembuatan slip gaji elektronik.

Semua tersedia dalam satu software HRIS LinovHR yang sudah berbasis cloud.

Ayo ajukan demo gratisnya sekarang dan dapatkan promo gratis.