sistem hrd

Kriteria Sistem HRD untuk Otomatisasi Kinerja

Teknologi terbukti ampuh dalam membantu kinerja manusia. Banyak orang mengira bahwa teknologi akan menggantikan peranan manusia sepenuhnya. Nyatanya tidak demikian. Peran teknologi justru akan membuat kinerja manusia semakin efektif dan efisien. Pemanfaatan teknologi dalam ranah perusahaan adalah penggunaan Sistem HRD. Penggunaan sistem dalam tata kelola HRD diharapkan dapat membuat kinerja HRD menjadi lebih baik, cepat dan akurat.  

 

Pentingnya Menggunakan Sistem HRD Bagi Perusahaan 

Banyak perusahaan enggan menggunakan sistem karena mengira bahwa sistem hanya diperlukan untuk perusahaan besar. Padahal tidak demikian. Bagi perusahaan kecil, sistem ini membantu perusahaan untuk berkembang menjadi lebih besar. Keterbatasan jumlah karyawan dalam skala usaha yang kecil dapat menjadi maksimal. Penerapan sistem ini bisa dilakukan secara bertahap. Selanjutnya perusahaan dapat membuat rencana lain agar mengembangkan target yang lebih luas.

Bagaimana dengan perusahaan yang lebih besar? Bagi perusahaan yang lebih besar,  sistem HRD juga penting keberadaannya. Perusahaan besar yang memiliki jumlah karyawan banyak sering mengalami berbagai hambatan dalam pengelolaan karyawan. Hambatan dalam pengelolaan karyawan yang terus dibiarkan akan berpengaruh terhadap target dan tujuan perusahaan. Sistem HRD hadir untuk mengelola karyawan perusahaan dengan jumlah yang banyak dengan struktur yang jelas dan pasti. 

Karyawan dalam perusahaan adalah sumber daya yang berharga dan harus dikelola dengan baik. Usaha perusahaan agar membuat karyawan bekerja dengan baik adalah memberikan rasa nyaman dan transparansi dalam komunikasi maupun pengelolaan administrasi. Sistem yang baik akan menghasilkan dampak positif berupa loyalitas dan produktivitas kerja karyawan. Hal ini penting untuk tercapainya tujuan perusahaan jangka pendek maupun jangka panjang.

 

Kriteria Sistem HRD Terbaik untuk Perusahaan

Saat tugas menumpuk dan belum terselesaikan, berarti itu saatnya perusahaan mempertimbangkan untuk menggunakan sistem yang akan membantu kinerja HRD. Sistem akan membantu mengurangi job load HRD menjadi lebih mudah. Sehingga HRD memiliki waktu lebih untuk menyelesaikan pekerjaan lain yang membutuhkan perhatian lebih. Dalam menggunakan sistem, perusahaan harus memahami kriteria sistem HRD yang baik. Di bawah ini adalah kriteria-kriteria yang harus diperhatikan oleh perusahaan: 

 

Fitur  Lengkap

Pastikan fitur yang ada dalam sistem sudah lengkap dan mampu melakukan otomatisasi tugas-tugas HRD seperti penggajian, mencatat kehadiran karyawan,  klaim reimbursement, dan lain-lain. Pilihlah sistem yang memiliki fitur sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda. 

 

Baca Juga: Tahapan Mengelola Gaji dengan Aplikasi Payroll

 

Cepat dan Akurat

Kriteria selanjutnya adalah perhatikan keakuratan dan kecepatan. Perusahaan dapat mengetahui hal ini dengan meminta demo dari pihak vendor penyedia.  Jangan sampai memilih sistem yang sering mengalami error atau bug sehingga menghasilkan data yang invalid. Itu akan membuat kinerja HRD terhambat dan semakin berantakan.  

 

Aman

Pertimbangan keamanan data tidak kalah penting dengan yang lain. Sebab, data karyawan adalah rahasia yang harus dijaga semaksimal mungkin. Sistem yang aman didukung dengan cloud server berstandar tinggi dan telah terjamin keamanannya.

 

Baca Juga: Keamanan Informasi Karyawan dalam Aplikasi HRD

 

Tampilan Mudah Dipahami

Tampilan yang sulit dipahami akan menyulitkan pekerjaan. Pilihlah sistem yang memiliki tampilan yang mudah dipahami dan mudah digunakan. Coba lakukan test dengan beberapa orang staff HRD. Jika semua staff mengatakan sulit, maka sistem memang sulit digunakan. 

 

Mudah Diakses

Apakah sistem mudah diakses? Aspek kemudahan akses tak bisa ditinggalkan begitu saja. Kemudahan akses membuat staff HRD mudah untuk mengakses data dan informasi karyawan sewaktu-waktu jika dibutuhkan. Pastikan kompatibilitas perangkat kantor mumpuni untuk implementasi sistem. 

 

Otomatisasi Kinerja dengan Sistem HRD 

Berdasarkan penjelasan mengenai pentingnya menggunakan sistem dalam mengelola kinerja HRD baik dalam perusahaan besar maupun perusahaan kecil, dapat disimpulkan bahwa perusahaan di era modern saat ini butuh otomatisasi. Cara manual bukan lagi opsi utama dalam perusahaan. Dengan otomatisasi kinerja, HRD mampu bekerja jauh lebih cepat, efisien, dan akurat. Sistem yang baik berasal dari vendor yang sigap melayani client dan berpengalaman di bidangnya. 

LinovHR menjawab kebutuhan perusahaan atas sistem HRD yang mampu menyediakan dalam menyediakan berbagai fitur untuk membantu HRD mengelola dan karyawan dengan aman dan akurat. Informasi pribadi milik karyawan terjamin kerahasiaanya. Tak hanya itu, LinovHR juga menawarkan layanan pelanggan yang siap melayani kebutuhan perusahaan. Segera ujicoba Gratis Sistem HRD LinovHR melalui tautan berikut linovhr.com/trial dan segera rasakan kemudahan sistem dari LinovHR!