software penggajian karyawan

5 Manfaat yang Bisa di Dapat oleh Software Penggajian LinovHR

Semakin berkembangnya sebuah perusahaan, tentunya akan semakin banyak membutuhkan karyawan untuk mengembangkan perusahaannya. Itu sebabnya, sistem penggajian yang tadinya menggunakan sistem manual dan diberikan secara tunai pada akhir bulan, mau tidak mau akan beralih menggunakan sistem payroll atau software penggajian dan ditransfer melalui bank.

Akan tetapi, sistem penggajian dengan payroll dan transfer bank bukan berarti tidak memiliki masalah. Kurangnya efisiensi waktu, tenaga, dan biaya, kesalahan memilih software payroll sehingga sering error, sampai dengan sistem absensi yang tidak terekam sempurna juga dapat menyebabkan beberapa karyawan komplain sehingga menyebabkan kinerja mereka menurun.

 

Masalah-masalah yang Sering Terjadi Saat Penggajian Karyawan

Pemberian gaji yang akurat sangat penting bagi karyawan karena menunjukkan berapa kekayaan bersihnya yang ada dalam sebuah perusahaan sebagai total kompensasi yang diberikan oleh perusahaan kepada karyawan yang bersangkutan.

Faktanya, sebaik apapun software penggajian yang perusahaan Anda miliki, masih memungkinkan terjadinya beberapa masalah. Berikut adalah masalah-masalah utama yang sering dihadapi Human Capital Management saat penggajian karyawan:

 

1. Terjadi Kelebihan atau Kekurangan Jumlah Gaji yang Diberikan kepada Karyawan

Biasanya, masalah ini disebabkan sistem absensi yang terhubung dengan software penggajian error sehingga jumlah gaji yang diterima tidak sama, bisa lebih besar atau pun lebih kecil.

Baik kelebihan maupun kekurangan jumlah gaji karyawan, keduanya bukanlah hal yang menguntungkan bagi Anda. Jika terjadi salah hitung dan ternyata gaji yang dibayarkan kepada karyawan masih kurang, dan kejadian ini berlangsung berkali-kali, ini sangat merugikan karyawan yang bersangkutan.

 

Baca Juga: 4 Kesalahan Fatal yang Harus dihindari Perusahaan dalam Penggajian Karyawan

 

Sebaliknya, jika ternyata salah hitung pada penggajian malah menyebabkan kelebihan pada gaji karyawan, dan kejadian ini sudah berlangsung untuk kesekian kali, bisa jadi karyawan yang akan beranggapan bahwa itu adalah haknya. Anda pun akan kesulitan untuk meminta kembali jumlah kelebihan gaji tersebut.

 

2. Keterlambatan Pelaporan Perubahan Jadwal Kerja Karyawan

Kadangkala, ditemukan perubahan jadwal kerja pada karyawan dalam setiap minggunya, ataupun perbulannya. Masalah ini terjadi karena jadwal kerja yang telah disusun oleh perusahaan tidak selalu dapat ditepati oleh karyawan sehingga terjadi sistem ganti hari. 

Sayangnya, pelaporan perubahan jadwal kerja karyawan ini terlambat dilaporkan sehingga bagian payroll sering lembur pada hari dimana gajian ditetapkan.

 

Baca Juga: Tidak ingin lembur urus pembayaran gaji? Ini Solusinya.

 

3. Butuh Waktu Lama untuk Proses Pemasukan Data

Pemasukan data untuk penggajian hanya dilakukan oleh bagian payroll saja yang terdiri dari beberapa orang, sedangkan jumlah karyawan dalam perusahaan bisa ratusan hingga ribuan orang. Inilah yang menyebabkan proses pemasukan data untuk penggajian memerlukan waktu yang relatif lama.

 

4. Telat Memberikan Surat Perintah Lembur

Permasalahan terakhir yang sering terjadi saat penggajian adalah karena keterlambatan memberikan Surat Perintah Lembur (SPL) ke bagian payroll sehingga membutuhkan waktu lebih lama untuk memasukkan data lembur karena harus mengubah data yang sudah ada dan sudah dibuat sebelumnya.

Untuk meminimalisir terjadinya masalah-masalah yang terjadi saat penggajian, perusahaan Anda memerlukan sebuah software penggajian yang benar-benar bagus dengan piranti lunak terbaru dan canggih dengan loading yang lebih cepat, sehingga mampu memproses data dengan benar, teliti, dan tidak sering mengalami error. Software Penggajian LinovHR adalah solusinya.

 

Baca Juga: Cara Membuat Surat Perintah Lembur Beserta Contohnya

 

5 Manfaat Menggunakan Software Penggajian LinovHR

Software Penggajian LinovHR adalah sebuah software dari brand lokal yang bertujuan untuk membantu memudahkan tim Human Capital Management yaitu bagian payroll dalam mengelola data karyawan secara efektif dan efisien sehingga meminimalisir terjadinya kesalahan.

Tidak hanya itu, sebagai software HRIS (Human Resource Information System), LinovHR juga membantu HR dalam mengelola data karyawan, sistem rekrutmen, perhitungan PPh 21, BPJS, Slip Gaji, Performance Appraisal dan lain sebagainya. 

 

Baca Juga: Aplikasi Penggajian LinovHR, Apa Yang Bisa Di-Handle?

 

Tidak seperti software penggajian lainnya, software karya developer Indonesia ini memiliki 5 manfaat terbaik yang menjadikannya berbeda dengan software penggajian lainnya, seperti:

  1. Data yang Didapat Lebih Akurat

Dengan software penggajian LinovHR, Anda tidak perlu lagi menginput data satu demi satu berdasarkan nama karyawan. Secara otomatis, software payroll ini akan menampilkan data laporan dengan satu kali klik,mulai dari data lembur karyawan, BPJS, potongan PPh 21, hingga tunjangan-tunjangan lainnya.

Anda juga tidak perlu lagi kesalahan penginputan data. Dengan software LinovHR, data yang didapat akan lebih akurat.

 

2. Data Lebih Cepat untuk Ditampilkan

Perusahaan berkembang hingga perusahaan berskala besar tentunya memiliki jumlah karyawan ratusan hingga ribuan karyawan. Itulah sebabnya, memiliki software penggajian saja tidak cukup. 

Software penggajian yang harus dimiliki perusahaan adalah yang mampu mengolah dan menampilkan data secara cepat sehingga meskipun jumlah karyawan ribuan, bagian payroll tidak akan mengalami kesulitan dalam memproses datanya.


3. Memiliki Kemudahan Akses

Menggunakan software penggajian LinovHR berarti Anda telah membuat pekerjaan bagian payroll menjadi lebih praktis, efisien, tepat waktu, dan mudah diakses, hanya dengan menggunakan koneksi internet. Cara kerja LinovHR adalah dengan mengumpulkan semua data menjadi satu, mulai dari gaji karyawan, data lembur, absensi, sampai dengan tunjangan.

Semua data tersebut akan dimasukkan dalam satu sistem yang ditampilkan dalam laporan gaji yang diterima karyawan sehingga memudahkan bagian payroll untuk mengaksesnya. Jika terjadi kesalahan, bagian payroll juga bisa dengan mudah menggantinya tanpa perlu merasa panik.

 

4. Memiliki Tampilan User yang Friendly

Software penggajian LinovHR memiliki tampilan pada bagian interface yang sangat friendly, sehingga sangat mudah untuk dipelajari meskipun Anda masih awam menggunakan software penggajian. Tampilannya yang sederhana akan membantu Anda dengan cepat memahami bagaimana cara menggunakannya.

 

5. Sistem Keamanan yang Tinggi

Data-data karyawan adalah sebuah rahasia perusahaan yang tidak akan disebarkan ke bagian lain karena dapat disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Kabar baiknya adalah, software penggajian LinovHR memiliki sistem keamanan yang tinggi sehingga dapat dipercaya dan digunakan oleh berbagai perusahaan-perusahaan terkemuka yang ada di seluruh Indonesia.

Apabila anda telah memiliki sistem penggajian karyawan yang baik, maka kesalahan diatas dapat diminimalisir. Sehingga anda dapat lebih fokus pada hal-hal inti pada bisnis anda. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi tim sales kami di sini, https://www.linovhr.com/contact/.