Tips memilih kursus pajak

Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Memilih Tempat Kursus Pajak

Lazimnya, setiap perusahaan mempunyai kriteria tersendiri untuk memperoleh jabatan yang layak dan gaji yang besar. Selain latar belakang Pendidikan dan pengalaman kerja, rupanya sertifikasi juga menjadi pertimbangan tersendiri bagi perusahaan. Sebagai contoh, Anda melamar sebagai ahli pajak, tempat kursus pajak dan sertifikasi mengenai ilmu perpajakan menjadi sangat penting untuk dipertimbangkan. Bagi Anda yang telah terverifikasi dan memiliki sertifikat program brevet pajak, pastinya akan lebih diutamakan.

 

Apa itu Brevet Pajak?

Definisi Brevet pajak secara umum adalah kegiatan kursus atau pelatihan perpajakan dengan beberapa tingkatan yang berbeda. Pelatihan ini dapat dilakukan dengan ataupun tanpa aplikasi software pajak. 

Sebelum mengikuti kelas kursus, alangkah baiknya Anda mengetahui beberapa jenis tingkatan brevet yang ada. Brevet sendiri memiliki 3 tingkatan, yaitu Brevet A, Brevet B, dan Brevet C.

 

Tips Memilih Kursus Pajak

Selain Lembaga Pendidikan (Universitas), ada banyak juga lembaga lain yang ikut menyelenggarakan kelas brevet pajak sehingga memudahkan calon peserta untuk mendapatkan kesempatan belajar pajak lebih jauh lagi. 

Bagi Anda yang berminat mengikuti program brevet pajak, sebelum mendaftar ada beberapa tips yang harus Anda perhatikan untuk menghindari kesalahan pemilihan tempat kursus pajak.

 

1. Sesuaikan dengan Kebutuhan Anda

Ada banyak sekali ragam dan jenis tempat kursus pajak yang mungkin dapat Anda temui di dunia maya. Mereka menawarkan beberapa kelebihan yang berbeda dan pastinya hal ini akan Anda kebingungan.

Anda dapat memilih tempat kursus / pelatihan sesuai dengan keinginan anda, mulai dari yang memiliki harga mahal dengan fasilitas mewah, hingga yang murah dengan fasilitas seadanya. Namun apapun tempat kursus yang telah Anda pilih, faktor terpenting adalah ilmu yang dapat dipelajari.

 

2. Perhatikan Kredibilitas Penyelenggara Kursus Pajak

Tips yang kedua adalah untuk memilih penyelenggara kursus pajak yang ahli dan profesional di bidangnya, terpercaya serta berkredibilitas tinggi. Karena sekarang ini semakin banyak jumlah tempat kursus pajak, baik ragam maupun jenisnya.

Kredibilitas merupakan poin penting yang dapat menjamin kualitas tempat kursus tersebut. Tidak dapat dipungkiri bahwa semakin baik kredibilitas suatu tempat kursus, maka semakin dipertimbangkan lulusannya di dunia kerja.

 

3. Lakukan Riset Terlebih Dahulu Mengenai Penyelenggara

Anda bisa mencari informasi apakah penyelenggara kursus/pelatihan pajak ini sudah memiliki pengalaman dalam mengadakan pelatihan yang sama dan berkualitas. Calon peserta kursus dapat bertanya mengenai pembahasan yang diberikan penyelenggara per kelas brevet sebelum mendaftar. Dengan begitu, mereka akan mengetahui jenis materi yang diberikan dan mempertimbangkan jika sesuai atau tidak dengan ekspektasi yang diharapkan.

 

4. Waktu Fleksibel

Jika Anda sudah bekerja atau seorang pelajar, sebaiknya pilih tempat kursus pajak dengan waktu yang fleksibel, supaya Anda dapat mengatur serta membagi waktu antara kegiatan Anda dengan kursus pajak.

 

5. Memiliki Kode Etik

Penting bagi Anda untuk memilih tempat kursus pajak yang memiliki dan menjunjung tinggi kode etik seorang akuntan. Jangan hanya fokus pada ilmunya saja.

Dengan demikian, Anda tidak hanya belajar tentang ilmu akuntansi itu sendiri. Tetapi juga bisa belajar cara menjadi akuntan terbaik serta tidak mencederai citra profesi tersebut.

Dengan mengikuti brevet pajak, Anda bisa mendapatkan banyak manfaat mulaidari mendapatkan pengetahuan secara teknis, dapat melatih kesiapan saat menghadapi USKP (Ujian Sertifikasi Konsultan Pajak), bisa menjadi konsultan pajak bagi diri sendiri, masyarakat, dan perusahaan, serta manfaat lainnya. 

Ingatlah bahwasanya ada banyak sekali tempat kursus pajak di Indonesia baik secara online maupun offline. Anda bisa melihat dari brosur serta promosi yang ditawarkan. Hal ini pasti akan membuat Anda bingung. Maka Anda harus lebih teliti dan hati-hati dalam memilih mana tempat kursus pajak terbaik dan dapat memberikan hasil yang memuaskan.

 

Baca Juga: SSE Pajak – Pengertian, Manfaat dan Panduan Pembayaran SSE Pajak

 

Kursus Pajak di linovHR

LinovHR akan mengadakan training perpajakan perhitungan PPh Pasal 21 dan pengisian eSPT PPh Pasal 21 terbaru. Pelatihan Perpajakan LinovHR ini akan sangat bermanfaat bagi perusahaan maupun instansi yang memiliki jumlah karyawan cukup besar atau group perusahaan yang memiliki anak perusahaan cukup banyak, dimana pastinya pengelolaan pajak harus dilakukan secara dengan tepat dan benar, agar tidak melanggar aturan perpajakan yang berlaku.

Pelatihan ini juga sangat bermanfaat bagi anda yang ingin meningkatkan kemampuan (skill) di bidang perpajakan agar mampu melakukan kegiatan administrasi pajak terkait PPh Pasal 21 dan pengisian eSPT PPh Pasal 21 dengan benar.

 

Materi Pelatihan :

  • Konsep Pemotongan PPh Pasal 21
  • Contoh dan Teknis Perhitungan PPh Pasal 21 untuk Karyawan Tetap dan Berbagai Variasinya
  • Contoh dan Teknis Perhitungan PPh Pasal 21 awal tahun, tengah tahun, dan masa pajak terakhir
  • Kewajiban Pemotong/Pemungut pajak PPh Pasal 21
  • Tarif Pajak PPh Pasal 21
  • Penghasilan Tidak Kena Pajak ( PTKP )
  • OvervieweSPT PPh Pasal 21
  • Pengisian SPT PPh Pasal 21 dan Pasal 26 Masa Pajak Desember 2019

Hubungi LinovHR untuk mengetahui program pelatihan perpajakan yang lebih lengkap.