industri manufaktur

7 Tips Mengelola Karyawan di Industri Manufaktur

Peran HRD untuk mengelola karyawan dalam industri manufaktur sangatlah penting. Sebab, tidak dapat dipungkiri bahwa perusahaan membutuhkan karyawan untuk kelancaran bisnis dan menghasilkan produk yang berkualitas. 

Untuk itu, seorang HRD dalam industri manufaktur harus mengelola sumber daya manusia yang ada dengan efektif. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengelola karyawan dalam industri manufaktur.

 

1. Perhatikan Jam Kerja dan Shifting

Industri manufaktur adalah perusahaan yang akan memenuhi kebutuhan masyarakat. Maka dari itu, perusahaan harus bisa mengoptimalkan kinerja karyawan dengan mengatur waktu kerja dan juga pembagian jadwal shifting.

Dalam menentukan jam kerja dan pembagian shifting karyawan, menggunakan cara manual rasanya cukup merepotkan karena tidak ada sistem yang real time.  Untuk mengatasinya, modul Time Management dalam Software HRD LinovHR  dapat membantu perusahaan dalam mengatur jadwal kerja secara sistematis. Segala perubahan dan masukan data baru akan ter-update secara real time.

Baca Juga: Tips Mengatur Jadwal Kerja Karyawan

 

2. Menjaga Hubungan Komunikasi dengan Karyawan

Hubungan komunikasi yang baik antar karyawan dalam perusahaan adalah kunci untuk meningkatkan produktivitas kerja. Sebelum memberikan tugas kepada karyawan, Anda perlu untuk mengkomunikasikan terlebih dahulu dengan para karyawan.

Sebagai pemimpin atau HRD dalam perusahaan, Anda juga harus membantu karyawan untuk mencapai target kerja atau mencari solusi dari setiap permasalahan. Jangan lupa untuk memberikan hak karyawan untuk berserikat seperti perusahaan manufaktur lainnya. Karena sudah menjadi kewajiban bagi perusahaan khususnya perusahaan manufaktur untuk mengizinkan karyawan berserikat. 

 

3. Menghargai Pencapaian Karyawan

Memberikan penghargaan kepada pencapaian target karyawan dapat memotivasi karyawan lain untuk bekerja lebih baik.  Sedangkan dari karyawan yang kinerjanya sudah baik, akan semakin tergerak untuk mencapai hal lainnya yang bersifat positif.  Penghargaan bisa berupa piagam karyawan teladan, pemberian bonus atau tunjangan tambahan, sampai yang paling simpel dengan ucapan terima kasih. 

 

Untuk memberikan penghargaan kepada karyawan, perusahaan harus melakukan penilaian kinerja terlebih dahulu. Software HRD dari LinovHR dapat mendukung penilaian kinerja tepat sasaran. Pelajari fitur-fitur performance management berikut ini! 

 

4. Pastikan Penggajian Berjalan Lancar

Sudah menjadi kewajiban bagi perusahaan untuk memberikan gaji karyawan setelah karyawan mengerjakan tugasnya dengan benar. Kelancaran penggajian akan menentukan apakah perusahaan dinilai cukup kompeten untuk mengelola karyawan. 

Modul payroll dalam Software HRD LinovHR bisa mewujudkan penggajian yang efektif dan lancar. Cukup dalam beberapa menit, gaji semua karyawan bisa diproses hanya dengan menggunakan fitur payroll process. Setelah gaji selesai dihitung, HRD dapat mengirimkan gaji bersih ke nomor rekening masing-masing karyawan. 

 

5. Menggunakan Aplikasi Absensi

Jumlah karyawan dalam suatu pabrik sangat banyak. Bila mengandalkan mesin fingerprint atau cara manual dalam absensi, pasti akan merepotkan pihak karyawan dan perusahaan. 

 

Ada baiknya perusahaan menggunakan aplikasi absensi yang berguna untuk mencatatkan absen karyawan dengan mudah. Karyawan bisa mencatatkan absensi mereka melalui aplikasi absensi yang telah diunduh dalam ponsel pintar mereka. Semua data absensi karyawan yang masuk ke dalam sistem dapat terpantau saat itu juga oleh HRD. Cara ini dapat meminimalisir oknum karyawan yang tidak disiplin dan manipulasi data absensi. 

 

Baca Juga: Aplikasi Absensi Mobile VS Absensi Manual, Mana yang Lebih Unggul?

 

6. Mengadakan Pelatihan dan Pengembangan Kerja

Kegiatan pelatihan dan pengembangan kerja bertujuan untuk meningkatkan skill dan menumbuhkan kapabilitas, di mana hal ini akan berpengaruh pada proses kerja. Contohnya saat perusahaan menggunakan mesin terbaru, perusahaan wajib mengadakan pelatihan agar karyawan bisa beradaptasi dan menggunakan mesin baru tersebut. 

Perusahaan dapat mengelola pelatihan dan juga pembagian kerja karyawan dengan memanfaatkan modul Learning and Development dari Software HRD  LinovHR. Modul ini memiliki fitur yang memudahkan HRD dalam mengelola seluruh kegiatan yang berkaitan dengan pengembangan dan pembelajaran dalam perusahaan.

 

7. Lakukan Penilaian Karyawan Secara Rutin

Penilaian rutin yang Anda lakukan akan memberikan efek pada peningkatan produktivitas kerja karyawan. Lakukanlah penilaian kepada karyawan secara rutin setiap 6 bulan hingga setahun sekali dalam periode kerja.

Untuk proses penilaian karyawan, Anda bisa menggunakan aplikasi penilaian kinerja karyawan dari LinovHR yaitu Performance Management System. Aplikasi ini akan melakukan penilaian kinerja dari berbagai item penilaian satu kali secara serentak. Semua informasi dan data mengenai penilaian karyawan akan disimpan dalam cloud based server yang terjamin keamanan dan kerahasiaannya. 

 

Industri manufaktur harus mengoptimalkan kinerja karyawan agar dapat menghasilkan produk yang berkualitas. Ditambah lagi permintaan dari masyarakat dan arus kompetensi yang semakin ketat, membuat banyak perusahaan manufaktur harus lebih cerdas dalam mengelola karyawan. Untuk itulah peran HRD sangat dibutuhkan dalam mengelola karyawan dengan maksimal. Semoga tips ini dapat  membantu dan melancarkan operasional bisnis Anda di industri manufaktur!