manajemen perusahaan

Mengelola Manajemen Perusahaan yang Berkualitas

Sebuah organisasi atau perusahaan membutuhkan sebuah sistem dan metode untuk mengatur jalannya operasional dan memastikan bahwa operasional berjalan dengan baik.  Manajemen lah yang menjadi metode untuk operasional tersebut dan tak terpisahkan dalam perusahaan. Ruang lingkup manajemen perusahaan mencakup pengelolaan, koordinasi, dan mengawasi segala operasional yang ada. Operasional perusahaan tak akan berjalan mulus tanpa manajemen yang bagus. 

 

Pengertian Manajemen 

Istilah manajemen berasal dari bahasa Inggris yaitu “management” yang berarti pengelolaan. Jika merujuk untuk penggunaan dalam organisasi dan perusahaan, manajemen adalah suatu proses untuk membuat rencana, mengarahkan dan koordinasi, mengendalikan, dan mengontrol segala sumber daya dalam perusahaan dan organisasi guna efisiensi dan efektifitas proses. 

 

Unsur-unsur Manajemen

Ada 6 unsur yang mempengaruhi keberhasilan suatu manajemen perusahaan.  Unsur-unsur ini saling terkoneksi dan tak terpisahkan satu dengan yang lain. Bila salah stau undur taktrecapai, maka unsur lainnya pun tak akan tercapai. Berikut ini unsur-unsur manajemen tersebut:

 

Manusia (human)

Kualitas manusia menentukan bagaimana bisnis berkembang. Maka itulah sumber daya manusia adalah unsur terpenting dalam manajemen. Tanpa sumber daya manusia, perusahaan, mustahil bagi perusahan untuk menentukan dan menyusun rencana terbaik dan mencapai rencananya.  Hal tersebut disebabkan manusia adalah pemegang kontrol terbesar atas unsur-unsur manajemen yang lain. 

 

Uang (money)

Uang adalah modal untuk mendirikan awal usaha dan berfungsi sebagai alat pengukur nilai. Kesuksesan perusahaan bisa dilihat dari jumlah uang yang didapat perusahaan. Uang dapat membantu perusahaan untuk menentukan keputusan bisnis berkaitan dengan berapa banyak uang untuk membeli mesin baru, penggajian karyawan, hingga seberapa banyak uang yang harus diperoleh agar perusahaan untung.

 

Bahan (materials)

Bahan terdiri dari bahan setengah jadi dan bahan jadi. Mutu bahan mempengaruhi produk output perusahaan. Oleh karena itu perusahaan harus  memastikan stabilitas  pasokan bahan baku ke perusahaan dan menggunakan bahan terbaik untuk menghasilkan produk yang memuaskan kebutuhan konsumen.

 

Mesin (machine)

Bahan yang baik tidak dapat diproses tanpa mesin yang baik. Proses produksi bisa terhambat ketika mesin perusahaan tak mumpuni untuk melakukan produksi. Mesin tak hanya terbatas pada mesin yang  menghasilkan produk barang, melainkan juga mesin pendukung operasional seperti printer, router, komputer, dan lainnya yang mendukung proses bisnis perusahaan. 

 

Metode (methods)

Metode yang tepat mampu menjalankan seluruh unsur manja,emen lebih efektif dan efisien. Disitulah perusahaan perlu menentukan metode terbaik untuk perusahaan seperti ranah industri atau business model perusahaan. Metode terbaik akan menghubungkan satu divisi dengan divisi lain sehingga perusahaan dan seluruh karyawan bisa bekerja untuk mencapai tujuan bersama.

 

Pasar (market)

Produk apapun akan sia-sia jika tak ada permintaan dari pasar yang cukup. Jika hal tersebut terjadi, kemungkinan proses produksi akan terhambat dan mengancam keberlangsungan perusahaan. Itulah sebabnya mengapa perusahaan melakukan pemasaran untuk menarik konsumen yang menjadi target pasar melalui bermacam cara seperti advertising online maupun offline. 

 

Baca Juga : Pengertian Manajemen dan Jenis Jenis nya

 

Fungsi Manajemen Perusahaan

Setelah memahami apa saja unsur manajemen dan bagaimana unsur-unsur tersebut saling mempengaruhi perusahaan,selanjutnya mari mengulik fungsi manajemen dalam perusahaan. Dalam ilmu manajemen secara umum, manajemen memiliki fungsi perencanaan (planning), pengorganisirsan (organizing), pengendalian (controlling), dan pengarahan (directing). Fungsi umum ilmu manajemen tersebut mempengaruhi implementasi dan fungsi manajemen perusahaan. 

 

Rencana Kerja Perusahaan

Fungsi manajemen perusahaan yang paling umum adalah membuat rencana kerja perusahaan untuk periode bisnis tertentu. Pembuatan rencana dilakukan dengan matang berlandaskan kepada target, anggaran, prosedur, penggunaan unsur manajemen, dan deadline yang jelas. 

 

Menyusun Kegiatan Perusahaan

Manajemen memiliki fungsi  untuk menyusun kegiatan yang dilakukan berdasarkan rencana. Penyusunan kegiatan berjalan lebih efektif dan efisien dengan perencanaan yang kuat. Masing-masing komponen manajemen harus memiliki deskripsi yang jelas dan rinci sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai.

 

Memimpin Pelaksanaan Program

Tugas memimpin pelaksanaan program ada pada manajer di setiap divisi. Tugas utama manajer adalah mengarahkan karyawan dalam divisi untuk bekerja sesuai dengan rencana. Adapun tugas lain dari seorang manajer adalah memastikan dan mengawasi bahwa kinerja karyawan dalam divisi yang dipimpinnya sudah sesuai.

 

Baca Juga : Peran dan Tugas Project Management

 

Pengendalian dan Pengawasan 

Pengendalian dan pengawasan dalam perusahaan  dilakukan untuk mengukur progres implementasi rencana, evaluasi rutin, dan menemukan masalah atau hambatan, dan menentukan solusi yang terbaik. Sering kali perusahaan dihadapkan dengan berbagai masalah seperti penentuan job desk yang kurang jelas, penyimpanan data perusahaan yang berantakan, dan sebagainya. Perusahaan dituntut untuk menemukan solusi terbaik untuk menjaga kelangsungan bisnis.

 

Solusi untuk Manajemen Perusahaan dengan Software HRD

Mewujudkan manajemen perusahaan yang optimal dan berkembang pesat dapat dibantu dengan modul Organization Management dalam Software HRD LinovHR. Data dan informasi secara besar mengenai perusahaan dan berbagai komponen lainnya akan disajikan oleh Organization Management. Modul ini dibuat khusus sesuai dengan kebutuhan perusahaan masa kini dalam manajemen yang efektif dan efisien. Contoh dari data perusahaan adalah identitas hierarki organisasi, lokasi, tingkatan jabatan, unit jabatan, job desk untuk tiap posisi, dan lainnya yang berkaitan dengan organisasi perusahaan. 

Software HRD dari LinovHR juga siap membantu pengelolaan data dan informasi perusahaan. Cloud based server semakin membuat Software HRD dari LinovHR unggul dalam segi penyimpanan data dan informasi, karena cloud based server memungkinkan perusahaan mengakses data dan informasi dimana dan kapan saja saat membutuhkannya dan tak bergantung pada jenis spesifikasi perangkat keras khusus. Untuk mendapatkan Software HRD untuk manajemen perusahaan baik dan  informasi lebih lanjut, hubungi tim sales LinovHR sekarang juga atau coba gratis aplikasi Lewat LinovHR lewat sini https://www.linovhr.com/#/request-free-trial