contoh visi dan misi perusahaan

Pentingnya Visi Misi Perusahaan dan Contohnya

Setiap organisasi maupun perusahaan memiliki tujuan yang harus dicapai, baik untuk jangka waktu yang pendek, maupun untuk jangka waktu yang panjang. Visi dan Misi merupakan sebuah tolak ukur untuk mencapai kesuksesan dan kemajuan perusahaan, sehingga dalam praktiknya, perusahaan memiliki dasar dalam membuat kebijakan dan aturan untuk kepentingan perusahaan maupun karyawan.

Visi atau Vision bisa diartikan sebagai sebuah pandangan atau rencana dalam jangka panjang yang ingin dicapai oleh sebuah perusahaan. Visi sebuah perusahaan biasanya cenderung singkat, namun mampu mencakup keseluruhan cita-cita dan tujuan yang ingin dicapai oleh sebuah perusahaan.

Sedangkan misi adalah aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan sebagai alat untuk mencapai tujuan perusahaan. Seperti dikutip dari business news daily, bahwa dengan menciptakan misi, sebuah perusahaan tidak hanya akan mendapatkan dukungan dari para karyawannya, akan tetapi juga membantu perusahaan dalam menentukan arah yang harus dilakukan dan tidak perlu dilakukan. 

 

Mengapa Visi dan Misi Penting bagi Perusahaan?

Sebenarnya, secara disadari atau tidak, setiap perusahaan pasti memiliki arah dan tujuan yang ingin dicapai. Kemudian, untuk mencapai tujuan perusahaan, tim manajemen perusahaan bergabung membuat terpisah masing-masing departemen di dalamnya dan melakukan pengelompokan deskripsi kerja untuk mendukung secara penuh tercapainya visi dan misi perusahaan.

 

Baca Juga: Evaluasi Tahunan: Memadukan Kinerja, Gairah dan Tujuan

 

Dari ulasan di atas bisa disimpulkan bahwa visi misi perusahaan selalu ada, dan itulah yang mendorong berdirinya sebuah perusahaan. Hanya saja, ada visi misi perusahaan yang secara jelas disebutkan, ada yang masing samar-samar. 

Berikut adalah beberapa arti penting adanya visi dan misi dalam sebuah perusahaan:

1. Memberikan Standar Kerja yang Optimal

Saat seorang karyawan mengerti dan memahami, apa sajakah tujuannya untuk bekerja? Adakah cita-cita mulia dari sebuah perusahaan yang ingin dicapai terkait kesejahteraan bersama? Maka secara tidak langsung, karyawan tersebut akan mulai menyadari bahwa dia harus memberikan standar kerja yang dimilikinya secara optimal demi tujuan mulia dari perusahaan.

Lalu, apa yang terjadi jika hal tersebut tidak hanya dimengerti oleh satu orang karyawan saja, melainkan hampir seluruh karyawan dalam sebuah perusahaan? Selamat! Itu berarti perusahaan Anda sedang menuju puncak kejayaannya dalam meningkatkan omset dan pertumbuhan perusahaan.

 

2. Membuat Karyawan Merasa Pekerjaannya lebih Bermakna

Bekerja tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan fisik saja, akan tetapi kebutuhan rohani. Tentang bagaimana menjalin hubungan yang baik dengan rekan kerja, dengan atasan, maupun dengan bawahan kita. Itu sebabnya, memiliki visi misi perusahaan akan membuat pekerjaan yang dilakukan lebih bermakna.

 

3. Meningkatkan Semangat Kerja dan Komitmen

Karyawan sebuah perusahaan bukanlah robot yang bisa bekerja sepanjang waktu tanpa kenal lelah dan tidak perlu mengetahui arah dan perusahaan di mana ia bekerja. Memiliki visi misi perusahaan akan membuat para karyawan lebih giat dan bersemangat dalam bekerja. 

 

Baca Juga: 7 Aktivitas Rutin Pagi Hari ini Tingkatkan Semangat Kerja

 

Apalagi jika dalam prakteknya, sebuah perusahaan juga  memiliki kontribusi terhadap masyarakat, maka para karyawan akan lebih berkomitmen dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh perusahaan untuknya. Karena karyawan semakin sadar, bahwa kontribusinya yang besar untuk perusahaan ternyata juga bermanfaat bagi masyarakat.

 

4. Memastikan Tujuan Dasar dari Sebuah Perusahaan

Memiliki visi dan misi berarti sama saja dengan memetakan secara jelas, apa saja yang menjadi dasar tujuan didirikannya sebuah perusahaan. Hal inilah yang selanjutnya diharapkan oleh sebuah perusahaan akan memberikan dampak yang signifikan pada peningkatan keuntungan dan kemajuan perusahaan.

 

5. Menjadi Acuan Perusahaan dalam Mengembangkan Bisnisnya

Perusahaan perlu sebuah landasan sebagai tonggak untuk menentukan apa saja perencanaan bisnis yang akan dikembangkan demi kemajuan dari perusahaan. Dengan adanya visi misi perusahaan, sebuah perusahaan tidak perlu lagi mencari acuan untuk memajukan perusahaannya.

 

6. Sebagai Pedoman bagi Karyawan dalam Bekerja

Penentuan visi dan misi perusahaan kemudian dijabarkan lebih lanjut oleh masing-masing departemen dalam perusahaan. Salah satu departemen dalam perusahaan yang berperan dalam menjalankan visi misi perusahaan lewat kinerja karyawan adalah Human Capital Management.

Dari sini, seorang karyawan jadi tahu apa saja deskripsi pekerjaan yang harus dilakukannya agar tepat sasaran dan tidak salah dalam mengambil langkah atau kebijakan-kebijakan yang penting bagi departemennya masing-masing.

 

7. Sebagai Sarana dalam Pengambilan Keputusan Perusahaan

Saat seorang karyawan perlu membuat sebuah peraturan, maka peran visi dan misi perusahaan lah yang digunakan sebagai alat pengambilan keputusan.

 

Bagaimana Merumuskan Visi dan Misi yang Baik bagi Perusahaan?

Setelah memahami betapa pentingnya visi dan misi untuk dimiliki oleh sebuah perusahaan, ada baiknya jika Anda juga mengetahui bagaimana cara merumuskan visi dan misi yang terbaik bagi perusahaan.

Berikut adalah cara merumuskan visi dan misi yang baik dan efektif bagi perusahaan:

  1. Visi misi perusahaan haruslah menjadi penyemangat dalam memperjuangkan tujuan, rencana, dan cita-cita mulia yang ingin dicapai oleh perusahaan
  2. Visi misi perusahaan harus ambisius. Maksudnya adalah ambisius dalam arti yang positif sehingga ia mampu mengkristalkan seluruh ideal perusahaan, keindahan, dan sosok dari departemen dalam perusahaan yang menjadi dambaan setiap karyawan di masa mendatang
  3. Visi misi perusahaan harus bersifat persuasif sehingga mampu mengajak para karyawannya untuk ikut aktif dalam menyampaikan harapan, aspirasi, dan tujuan pribadi yang mendukung bagi kepentingan perusahaan
  4. Visi misi perusahaan haruslah unik agar dapat menjadi daya tarik dalam menumbuhkan dan mengembangkan kompetensi sumber daya manusia dalam perusahaan untuk mengenal dan memahami jati diri yang dimilikinya dan apa saja kontribusi yang mampu dilakukannya sebagai modal aktif bagi perusahaan.
  5. Visi misi perusahaan sebaiknya menggambarkan sebuah perusahaan idaman yang menjadi incaran para pencari kerja dan memikat hati siapapun yang berkompeten untuk bergabung  dalam perusahaan/
  6. Visi misi perusahaan haruslah mudah untuk dipahami dan dimengerti sehingga mampu menjelaskan arah dan tujuan yang ingin dicapai oleh sebuah perusahaan sekaligus mampu menjadi panduan yang strategis, taktis, dan sistematis.

 

Baca Juga: Budaya Organisasi Berkaitan Dengan Pelanggan Terbaik

 

Contoh Visi dan Misi yang Biasa Digunakan oleh Perusahaan

Kini, saatnya Anda mempraktekkan bagaimana cara membuat visi dan misi perusahaan berdasarkan panduan di atas. Masih bingung bagaimana cara membuatnya? Berikut adalah beberapa contoh visi dan misi perusahaan yang inspiratif, yang mungkin bisa Anda praktekkan juga dalam bisnis Anda.

 

1.  Visi Misi IKEA

Visi: Menciptakan Kehidupan Sehari-hari yang Lebih Baik untuk Banyak Orang

Misi: Menawarkan berbagai merek dari rancangan dengan desain yang terbaik, juga perabotan rumah yang sangat fungsional dengan harga terjangkau sehingga akan semakin banyak orang yang membelinya.

 

2. Visi Misi Google

Visi: Memanage seluruh informasi dunia dan membuatnya dalam genggaman, sangat mudah diakses sehingga dapat diambil manfaatnya secara universal.

Misi: Menyediakan berbagai informasi dunia agar memiliki kemudahan untuk diakses.

 

3. Visi Misi Nordstrom

Visi: Memberikan kepada pelanggan, pengalaman berbelanja paling berharga dan meyakinkan.

Misi: Menawarkan pelayanan bantuan terbaik bagi pembeli, baik itu pilihan, kualitas, maupun nilai terbaik kepada calon konsumen.

Setelah anda merumuskan visi dan misi perusahaan atau organisasi anda, hal selanjutnya adalah bagaimana anda dan tim anda bersama-sama mengaplikasikannya dan menjadikannya sebagai  budaya perusahaan.