job family

Mengenal Fitur Job Family Pada Organizational LinovHR

Dalam perusahaan yang memiliki banyak posisi kerja atau job desc, job family dapat memudahkan Anda untuk mengenali seluruh posisi tersebut.

Untuk memudahkan Anda dalam mengatur job family ini dapat dilakukan dengan memanfaatkan Software HRD LinovHR melalui modul Organization Management! Namun sudah tahukah Anda apa itu job family?

 

Apa yang Dimaksud dengan Job Family?

Job family adalah pengelompokkan pekerjaan yang memiliki jenis yang sama menurut karakteristik bersama, atau dalam pengertian lain merupakan sekelompok 2 pekerjaan atau lebih dengan karakteristik pekerjaan yang sama sebagaimana telah ditentukan oleh analisis pekerjaan.

Hal ini bisa menjadi tingkatan pertama di dalam suatu jabatan. Untuk tingkatan selanjutnya terdapat job role dan juga job title. Sebagai contoh dalam perusahaan terdapat divisi HRD, divisi ini menjadi tingkatan pertama atau bisa disebut dengan job family. Selanjutnya di bawah tingkatan ini terdapat job role yang bisa diisi dengan HR Administration dan HR Strategy yang masing-masing memiliki job titlenya tersendiri.

 

Baca Juga : Pengertian dan Contoh dari  Job Description dan Job Specification

 

Fungsi Job Family

Pada dasarnya, job family memiliki fungsi yaitu mengelompokkan beberapa divisi dengan jenis pekerjaan yang sama. Hal ini dilakukan agar kumpulan pekerjaan tersebut dapat tersusun dengan baik dan rapi dalam satu nama divisi.

 

Atur Job Family dalam Perusahaan dengan Menggunakan Software HRD LinovHR!

Tanpa adanya job family, perusahaan dengan jenis pekerjaan yang berbeda-beda akan terlihat lebih berantakan dan tentunya akan sangat menyulitkan pencarian. Maka dari itu, hal ini harus terdapat sistem yang dapat mengatur seluruh jenis pekerjaan yang sama secara otomatis. Lalu bagaimana cara melakukannya?

Untuk memudahkan Anda dalam mengaturnya, tentunya perusahaan bisa memanfaatkan Software HRD LinovHR!

Software HRD LinovHR melalui modul Organization Management mampu mengatur tingkatan pekerjaan mulai dari Job Family, Job Role, hingga Job Title dengan mudah dan cepat, caranya adalah:

  1. Pada modul Competency Management, buka menu Workforce
  2. Jika menu telah terbuka, klik Setting lalu klik Job
  3. Pada menu job ini nantinya akan ditampilkan beberapa sub menu untuk membuat data master atau data utama. Dari sini Anda bisa memulai untuk mengatur Job Family, Job Role, hingga Job Title.
  4. Jika sudah, klik Save lalu seluruh data akan tersimpan secara aman.

 

Kemudahan yang ditawarkan LinovHR ini akan berdampak pada peningkatan kinerja karyawan dan melancarkan bisnis perusahaan Anda.

Selain mengatur job family, modul Organization Management LinovHR juga dapat mengelola seluruh informasi yang berkaitan dengan perusahaan mulai dari perusahaan induk atau pusat hingga perusahaan-perusahaan cabang. Seluruh pengaturan ini bisa Anda lakukan secara online dan dapat diakses kapan saja dan dimana saja.

Atur job family perusahaan Anda dengan mudah dengan modul Organization Management. Untuk melakukan demo pada modul ini, segera hubungi tim LinovHR sekarang juga!