absen wajah

Ketahui Apa Kelebihan Mesin Absen Wajah dan Bagaimana Cara Kerjanya

Berkembangnya teknologi membuat perusahaan semakin sadar untuk menggunakanya sebagai cara membuat pekerjaan bisa lebih efektif dan efisien. Salah satu yang sekarang mulai banyak diadopsi adalah mesin absen wajah.  

Penggunaan mesin absensi wajah menjawab kebutuhan perusahaan tentang pencatatan kehadiran karyawan yang akurat. Hal ini tentunya memberikan keuntungan bagi perusahaan, dibandingkan dengan menggunakan sistem absensi lama atau manual, yang membutuhkan banyak biaya dan waktu. 

Tapi, apakah Anda sudah cukup familiar dengan mesin absensi yang satu ini? Jika belum, dalam pembahasan ini, LinovHR akan menjabarkan kelebihan dan juga cara kerja dari mesin satu ini. Simak penjelasannya di bawah ini!

 

Kelebihan Mesin Absensi Wajah

mesin absen wajah
Mesin Absen Wajah Sumber Gambar: cnbc.com

 

Tidak bisa dipungkiri lagi, perusahaan selalu mencari cara agar data kehadiran karyawan bisa berjalan efektif dan efisien. Oleh karena itulah mesin absen terus berkembang. Salah satu perkembangan dalam dunia absensi adalah lahirnya mesin absensi wajah.

Menggunakan mesin absensi wajah mampu memberikan banyak kelebihan baik itu bagi perusahaan itu sendiri maupun bagi karyawannya. Tentunya hal ini berbeda dibandingkan dengan menggunakan sistem absensi lama atau manual. Berikut kelebihan-kelebihannya:

 

1. Proses Absen Lebih Mudah dan Praktis

Kelebihan dari menggunakan mesin absensi wajah yaitu proses absensi yang terbilang mudah, cepat, dan praktis tentunya.

Anda hanya perlu untuk berdiri di depan mesin absensi tersebut, lalu sistem akan secara otomatis memproses wajah Anda dan kehadiran akan dicatat secara langsung di dalam sistem. 

Karyawan pun dapat dengan mudah melakukan absensi, tanpa perlu bersusah payah, seperti menggunakan sistem absensi manual.

 

2. Hasil Scan Akurat

Hasil scan dari mesin absensi wajah akan jauh lebih akurat, dibandingkan dengan sistem absensi lain seperti manual, maupun sidik jari.

Pada sistem absensi sidik jari, memungkinkan terjadinya kendala dalam melakukan scanning, seperti sidik jari yang kotor, atau mengalami kerusakan yang mengakibatkan susahnya sidik jari untuk dideteksi oleh mesin absensi.

Sedangkan jika menggunakan mesin absensi wajah, hal seperti itu tidak akan terjadi, sehingga Anda bisa melakukan proses absensi dengan nyaman dan cepat.

 

3. Mengurangi Terjadinya Kecurangan

Salah satu yang sering menjadi masalah dalam proses absensi adalah seringnya terjadi kecurangan atau celah untuk kecurangan yang dilakukan oleh karyawan yang tidak bertanggung jawab.

Seperti sistem absensi finger print, sudah banyak orang yang memahami dan mengetahui cara untuk mengakali sistem absen sidik jari (Fingerprint). Sehingga potensi untuk terjadinya kecurangan masih sangat terbuka lebar dan terbilang tinggi.

Berbeda dengan absen sidik jari, mesin absen wajah memiliki tingkat keamanan yang lebih baik. Hal ini tentunya berhubungan dengan mekanisme absensi yang ada pada mesin tersebut. 

Dalam mesin absen wajah, karyawan harus hadir dan melakukan scan wajahnya di depan mesin, sehingga potensi untuk terjadinya manipulasi dan kecurangan, bisa dicegah dengan sangat baik.

 

3. Proses Absensi Lebih Higienis

Semenjak pandemi, banyak kantor yang memperhatikan kesehatan dan kebersihan. Jika pada sistem absensi sidik jari mengharuskan para karyawan untuk menempelkan jari, yang membuat prosesnya kurang higienis. 

Hal ini tentunya dapat menimbulkan risiko tersebarnya penyakit di antara karyawan.

Berbeda dengan absensi dengan wajah akan mengurangi menyebarnya penyakit-penyakit menular yang membahayakan kesehatan. Sebab, Anda hanya perlu berdiri di depan mesin, tanpa harus menyentuhnya sama sekali.

 

Baca Juga: Kelemahan Absensi dengan Sistem Fingerprint yang Hambat Karyawan

 

4. Lebih Modern

Kelebihan yang terakhir yaitu perusahaan yang menggunakan mesin ini, terbilang sudah modern dan maju. 

Penggunaan teknologi biometrik seperti absen wajah ini, dapat memberikan beragam manfaat kepada perusahaan dan juga karyawan, salah satunya yaitu mempermudah operasional dan kinerja perusahaan.

 

Bagaimana Cara Kerja Mesin Absen Wajah

Mungkin Anda bertanya-tanya bagaimana sebenarnya cara kerja mesin absen wajah yang ada saat ini?

Pada dasarnya prinsip kerja mesin absen ini sama dengan sistem face recognition yang ada di dalam smartphone sekarang ini. Di mana Anda dapat membuka kunci smartphone dengan muka pemiliknya.

Dalam pengimplementasiannya dalam absensi, Anda perlu untuk mendaftarkan wajah karyawan ke dalam sistem dari mesin absensi tersebut pada saat pengaturan awal. 

Setelah selesai, Anda hanya perlu menempatkan wajah di depan mesin absensi. Nantinya mesin akan mencocokan wajah tersebut dengan database yang sudah tersimpan sebelumnya, dan secara otomatis kehadiran karyawan akan dicatat.

 

Mesin Absen Wajah Cukup Pakai Selfie dari LinovHR

Aplikasi Absensi Online
Aplikasi Absensi LinovHR

 

Mesin absensi wajah terus berkembang, bahkan sekarang sudah hadir mesin absensi wajah dengan selfie dari smartphone. Salah satunya adalah Aplikasi Employee Self Service (ESS) LinovHR.

Dengan menggunakan aplikasi absensi LinovHR, proses absensi karyawan hanya perlu dilakukan dengan selfie pada smartphone masing-masing karyawan. Proses pencatatan kehadiran seperti ini bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. 

Selain berguna sebagai absensi, aplikasi absensi LinovHR dapat juga membantu karyawan dalam mengelola informasi personal mereka sendiri, seperti melihat riwayat kehadiran, pengajuan cuti, izin, sakit, hingga lembur.

Coba demonya sekarang juga, gratis!

 

Demikian pembahasan mengenai kelebihan mesin absen wajah dan cara kerjanya. Semoga setelah membaca artikel ini, Anda menjadi lebih paham akan kelebihan dari sistem absensi wajah yang lebih modern ketimbang sistem-sistem lainnya.