Mesin Absensi Fingerprint

Bagaimana Cara Mengoptimalkan Mesin Absensi Fingerprint di Kantor?

Data absensi karyawan jadi faktor penting bagi perusahaan untuk menghitung gaji, menilai kedisiplinan karyawan hingga produktivitas dan efisiensi kinerja. Untuk itu, data kehadiran karyawan harus tersedia selengkap dan seakurat mungkin.

Mesin absensi fingerprint berperan dalam merekap data kehadiran karyawan yang memudahkan staff HR dalam mengelolanya.

Tak perlu lagi menggunakan cara manual, kini Anda bisa memanfaatkan teknologi mesin absensi untuk membantu dalam mencatat data kehadiran karyawan. Salah satunya adalah dengan mesin absensi fingerprint.

Bagaimana cara mengoptimalkan mesin absensi fingerprint? Anda bisa menyimak ulasan lengkapnya yang sudah LinovHR rangkum berikut ini.

 

Cara Kerja Mesin Absensi Fingerprint

Beberapa dari Anda mungkin sudah tahu bahwa pada sidik jari terdapat pola-pola guratan melingkar, dan setiap individu memiliki pola yang berbeda.

Pola sidik jari ini sangat unik yang dipengaruhi oleh dua hal, yaitu pengaruh secara genetik dan lingkungan.

Sementara itu, pola yang membedakan sidik jari seseorang dengan yang lainnya adalah karena pengaruh tiga pola utama. Yaitu ridge ending (guratan berpotong), bifurcation (pola bercabang) dan short ridge (guratan sangat kecil).

Pada mesin sidik jari akan merekam setiap guratan unik yang terdapat pada sidik jari seseorang. Namun, proses pemindaiannya membutuhkan waktu cukup lama karena polanya yang rumit.

Setelah itu, hasil pemindaiannya akan disimpan dalam objek data yang akan digunakan untuk mengidentifikasi.

 

Baca Juga: Kelemahan Absen Fingerprint yang Harus Diketahui HR

 

Digital Attendance System Untuk Optimasi Mesin Fingerprint

Aplikasi Absensi Online - LinovESS
Aplikasi Absensi Online – LinovESS

 

Mesin fingerprint banyak dipilih perusahaan karena tingkat keakuratannya yang cukup tinggi. Sistemnya bisa dimanfaatkan untuk karyawan yang bekerja dari rumah atau work from home agar perusahaan bisa mengatur jadwal kerja secara real time dan mengkoordinir kebutuhan karyawan.

Mesin absensi fingerprint bisa dioptimalkan dengan memanfaatkan digital attendance system berbasis mobile.

Melalui sensor fingerprint dan kamera yang digunakan dapat membantu otentikasi user agar dapat mencocokkan data absensi dengan servernya.

Seluruh data akan tersimpan dan tercatat pada sistem database secara online. Data-data yang disimpan berupa waktu, lokasi, dan lama bekerja karyawan.

Adanya digital attendance system membuat semakin efektif dan efisien dalam memantau karyawan di perusahaan.

 

aplikasi absen online
Aplikasi Absensi

 

Salah satu layanan yang menyediakan sistem tersebut adalah aplikasi absensi online dari LinovHR.

Aplikasi absen online LinovHR dapat digunakan pada masing-masing ponsel karyawan, yang memiliki sistem kinerja khusus dan terdapat 2 langkah untuk melakukan absensi melalui aplikasi ini.

Dengan begitu, perusahaan dapat memilih sesuai keperluan dan budget yang perusahaan sediakan.

Selain itu, aplikasi absen online LinovHR dapat mengakses lokasi GPS dengan valid sehingga jika ada kecurangan, seperti fake gps dan penggunaan ponsel jailbreak oleh karyawan bisa terdeteksi.

 

Baca Juga: Cara Tarik Data Absen dari Finger Print

 

Tak hanya itu, pada ESS karyawan bisa mengajukan izin dan cuti dengan mudah dan praktis tanpa perlu harus mendatangi HR. Kemudian karyawan pun bisa mengubah data diri secara mandiri pada ponsel.

Tertarik untuk mencoba aplikasi absen LinovHR? Anda bisa mengunjungi website LinovHR untuk mengetahui informasi lengkapnya dan menjadwalkan demonya.