Pengertian Fingerprint, Fungsi dan Penerapannya

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

Pengertian Fingerprint Fungsi dan Penerapannya
Isi Artikel

Di era digital saat ini, kebutuhan akan keamanan dan verifikasi identitas semakin meningkat. Salah satu teknologi yang telah lama ada dan terus berkembang untuk memenuhi kebutuhan ini adalah teknologi fingerprint atau sidik jari.

Keunikan setiap sidik jari memastikan bahwa setiap individu dapat dibedakan satu sama lain dengan presisi yang sangat tinggi.

Tak hanya sebagai salah satu metode identifikasi, fingerprint juga telah diterapkan dalam berbagai aspek kehidupan kita, mulai dari sistem keamanan hingga perangkat elektronik sehari-hari.

Dalam artikel LinovHR ini, kita akan mendalami lebih jauh mengenai fungsi dan berbagai penerapan sidik jari di berbagai sektor kehidupan.

 

Pengertian Fingerprint

Fingerprint adalah pola garis-garis halus dan lekukan yang terdapat pada ujung jari manusia. Setiap individu memiliki sidik jari yang unik dan berbeda, bahkan kembar identik sekalipun. 

Pola ini terbentuk saat seseorang masih dalam kandungan dan tetap konstan sepanjang hidupnya, meskipun ukurannya bertambah besar seiring pertumbuhan individu tersebut. 

Keunikan dari sidik jari menjadikannya sebagai salah satu alat identifikasi paling akurat yang ada. 

Dengan kemajuan teknologi, sidik jari kini tidak hanya digunakan untuk identifikasi dalam bidang kriminalistik, tetapi juga dalam berbagai aspek teknologi, seperti sistem keamanan dan autentikasi digital.

 

Fungsi Teknologi Fingerprint untuk Absensi

Secara umum, teknologi sidik jari dianggap memiliki keamanan yang tinggi dan merupakan metode perlindungan yang sering digunakan. 

Untuk mendapatkan perlindungan maksimal, teknologi ini bisa diintegrasikan dalam sistem otentikasi dua atau multi-faktor yang menggabungkan setidaknya satu metode lain, misalnya kata sandi atau token.

Fingerprint memiliki beragam fungsi, termasuk:

  1. Identifikasi Individu: Setiap orang memiliki pola sidik jari yang unik, sehingga fingerprint sering digunakan dalam sistem keamanan dan pembatasan akses kepada orang-orang tertentu.
  2. Keamanan: Fingerprint sering digunakan sebagai alternatif untuk kata sandi atau kartu akses dalam sistem keamanan. Hal ini karena sidik jari sulit untuk dipalsukan atau disalin, sehingga lebih aman.
  3. Pencatatan Waktu dan Kehadiran: Dalam konteks pengelolaan SDM, fingerprint digunakan untuk mencatat waktu dan kehadiran karyawan secara akurat. Hal ini membantu perusahaan mengelola jadwal kerja, menghitung gaji, dan memantau kehadiran karyawan.
  4. Pengendalian Akses: Fingerprint bisa untuk pengontrolan akses ke area terbatas, seperti ruang server, keuangan, laboratorium, atau area lainnya. Ini memastikan hanya orang-orang yang diotorisasi yang dapat masuk ke area tersebut.
  5. Verifikasi Transaksi Keuangan: Beberapa aplikasi keuangan menggunakan fingerprint untuk melakukan verifikasi transaksi, seperti transfer dana. Hal ini guna meningkatkan keamanan transaksi dan mencegah akses dari luar ke akun pengguna.
  6. Pengendalian Akses ke Perangkat: Beberapa perangkat elektronik, seperti hape atau laptop, menggunakan fingerprint sebagai metode pengaman ekstra. Sehingga hanya pemilik perangkat yang dapat membukanya.
  7. Pengelolaan Identitas: Dalam skala yang lebih besar, fingerprint digunakan dalam pengelolaan identitas, seperti dalam database kependudukan atau kriminal.

 

Alasan mengapa penggunaan teknologi sidik jari itu penting:

  • Sidik jari tidak mungkin hilang atau lupa karena selalu melekat pada individu.
  • Sidik jari sulit untuk disimulasikan dan lebih terjamin keamanannya daripada kata sandi atau token.
  • Pola sidik jari sulit ditebak dan tidak bisa dipindahtangankan.
  • Teknologi sidik jari memberikan keamanan tinggi dalam verifikasi identitas.
  • Teknologi sidik jari mudah digunakan dan praktis.
  • Teknologi sidik jari dapat dengan mudah diimplementasikan dengan biaya yang efisien.
  • Penerapan teknologi sidik jari dapat mendukung pertanggungjawaban.
  • Memalsukan sidik jari memerlukan upaya ekstra.
  • Metode teknologi sidik jari adalah metode yang cepat, simpel, dan gampang diterapkan.

 

Penerapan Teknologi Fingerprint pada Mesin Absensi

Saat ini, fingerprint banyak digunakan dalam mesin absensi. Dimana absensi fingerprint berguna untuk mengidentifikasi waktu kehadiran dan kepulangan karyawan. Penggunaan absen sidik jari menjadi sebuah solusi dari maraknya kecurangan kehadiran karyawan yang ditemukan dalam absen kartu dan tidak efektifnya penggunaan absen ceklok.

Mesin absensi berbasis sidik jari juga memastikan bahwa setiap karyawan tercatat kehadirannya dengan otentik, menghindari praktik ketidakteraturan seperti “titip absen”.

Selain itu, teknologi ini mempercepat proses absensi karena karyawan hanya perlu menempelkan jari mereka, tanpa perlu mengisi formulir atau menggunakan kartu. 

Data yang dihasilkan pun lebih akurat dan dapat langsung disinkronkan dengan sistem penggajian atau manajemen sumber daya manusia lainnya. 

Dengan demikian, penggunaan teknologi sidik jari dalam mesin absensi tidak hanya meningkatkan integritas data kehadiran, tetapi juga meningkatkan efisiensi dan produktivitas operasional perusahaan.

 

Cara Kerja Fingerprint

Teknologi biometrik sidik jari menggunakan sejenis pemindai untuk mendapatkan gambar sidik jari Anda. 

Berbagai metodenya meliputi:

 

1. Pemindai Optik

Alat ini mengambil gambar digital sidik jari Anda dengan menerangi jari melalui sebuah prisma dan membaca cara punggungan dan lembah sidik jari memantulkan cahaya.

Informasi ini kemudian diubah menjadi gambar.

 

2. Pemindai Kapasitif

Alat ini menghasilkan muatan listrik kecil melalui kapasitor mini yang terintegrasi yang menyimpan listrik. 

Kapasitor akan mengalami pelepasan saat jari menyentuh pemindai. Tingkat pelepasan yang lebih tinggi dihasilkan oleh punggungan sidik jari, yang memiliki permukaan kontak lebih besar, dan kurang oleh lembahnya, yang menciptakan celah pada kulit.

Perbedaan antara keduanya diukur untuk menentukan pola.

 

3. Pemindai Ultrasonik

Sinyal ultrasonik digunakan untuk merekam gema yang dihasilkan sidik jari, karena punggungan dan lembah menghasilkan gema yang berbeda.

Pemindai ini tidak perlu bersentuhan langsung dengan jari untuk mendapatkan pembacaan dan juga memiliki kelebihan dalam membaca dengan cara yang lebih tiga dimensi.

 

4. Pemindai Termal

Pemindai terminal menggunakan panas untuk mengukur perbedaan suhu antara punggungan dan lembah sidik jari. Alat ini menciptakan gambar sidik jari berdasarkan kontras antara keduanya.

 

Baca Juga: Seperti Apa itu Absen Biometrik dan Apa Saja Jenisnya?

 

Absen Mudah dengan Aplikasi Absensi LinovHR

Banner Proses Absensi ESS

Absen berbasis fingerprint adalah salah satu metode absen yang hadir dan mempermudah pencatatan kehadiran karyawan. Namun, seiring perkembangan teknologi saat ini absen fingerprint juga diterapkan dalam absen berbasis aplikasi.

Kemampuan absen dengan metode ini bisa Anda temukan dalam Aplikasi Absensi LinovHR.

Sebagai salah satu aplikasi absen online dengan fitur lengkap, Aplikasi Absensi LinovHR mampu memfasilitasi karyawan untuk melakukan absen dengan menggunakan metode sidik jari.

Cara implementasi metode ini pun tidak jauh berbeda dengan penerapan pada mesin absen, di mana karyawan perlu mendaftarkan sidik jari mereka ke dalam sistem sebelum nantinya bisa melakukan absen.

 

fitur time & attendance
fitur time & attendance

 

Selain dengan metode sidik jari, Aplikasi Absensi LinovHR juga memiliki dua metode absen lainnya yaitu melalui face recognition serta pin. Ketiga metode ini bisa disesuaikan sesuai kebutuhan perusahaan.

Bukan hanya menawarkan banyak metode absen, aplikasi ini juga mampu mencatat lokasi absen karyawan atau yang dikenal dengan geolocation. Jadi, saat karyawan melakukan absen, bukan hanya waktu kehadiran saja yang akan tercatat tapi juga lokasi absen dilakukan.

Aplikasi Absensi LinovHR juga sudah anti fake GPS, anti jailbreak, dan anti root sehingga kecurangan absen sangat minim sekali bisa terjadi.

Kegiatan absen pun bisa semakin mudah karena Aplikasi Absensi LinovHR ini hadir dalam bentuk aplikasi yang bisa diunduh di iOs dan Android dengan memori penyimpanan yang tidak terlalu besar.

Dengan LinovHR, proses absensi tidak lagi menjadi beban, melainkan transformasi menuju efisiensi dan produktivitas yang lebih baik.

Dapatkan kesempatan demo gratis LinovHR dan rasakan kemudahan dalam manajemen absensi.

Bagikan Artikel Ini :

Tentang Penulis

Benedictus Adithia
Benedictus Adithia

Seorang penulis konten SEO dengan pengalaman luas dalam menulis artikel yang dioptimalkan untuk mesin pencari. Berfokus pada strategi konten yang menarik dan informatif untuk website.

Related Articles

.

Newslater

Newsletter

Artikel Terbaru