Metode Star

Metode STAR untuk Wawancara Kerja yang Lebih Baik

Metode wawancara STAR (Situation, Task, Action, Result)  adalah teknik menjawab pertanyaan wawancara perilaku. Pertanyaan wawancara perilaku adalah pertanyaan tentang bagaimana Anda berperilaku di masa lalu atau bagaimana Anda menangani situasi kerja tertentu. 

Metode ini memungkinkan Anda untuk memberikan contoh atau bukti nyata bahwa Anda memiliki pengalaman dan keterampilan untuk suatu pekerjaan

Perusahaan yang menggunakan metode ini memiliki tujuan untuk menganalisis pekerjaan dan menentukan keterampilan dan kualitas yang telah ditunjukkan oleh para kandidat karyawan. 

Ingin tahu lebih banyak tentang metode STAR? Simak ulasan dibawah ini

 

Cara Menjawab Pertanyaan dengan Metode STAR

Sebagian besar proses wawancara akan berfokus pada berbagai tantangan yang menunjukkan pemikiran kritis dan pemecahan masalah, serta situasi yang menunjukkan keterampilan kepemimpinan, resolusi konflik, dan kinerja dibawah tekanan. 

Berikut beberapa tips menjawab pertanyaan wawancara perilaku dengan menggunakan metode STAR. 

 

1. Buat Daftar Kualifikasi Pekerjaan

Pertama-tama, buat daftar keterampilan dan pengalaman yang dibutuhkan untuk pekerjaan yang ingin dilamar.

Hal tersebut dapat membantu Anda untuk melihat daftar pekerjaan yang membutuhkan keterampilan tersebut dan mencocokan kualifikasi Anda dengan yang tercantum dalam postingan lowongan pekerjaan. 

pertanyaan interview

 

2. Buat Daftar Contoh

Kemudian, buat daftar contoh yang spesifik yang menunjukkan keterampilan tersebut. Jadi, ketika Anda menjawab pertanyaan wawancara usahakan untuk menggunakan contoh-contoh spesifik yang dapat menggambarkan keterampilan yang Anda miliki.

Contoh ini bertujuan untuk memudahkan recruiter untuk memahami situasi dan kondisi Anda ketika mengerjakan pekerjaan tersebut . 

 

3. Sesuaikan Keterampilan dengan Pekerjaan

Ketika Anda memberikan contoh untuk menggambarkan keterampilan yang dimiliki saat proses wawancara, usahakan contoh yang Anda pilih terkait erat dengan pekerjaan yang Anda lamar.

Sebab, menjelaskan keterampilan yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaan yang Anda lamar tentunya terkesan buang-buang waktu. Jadi, pastikan keterampilan yang Anda miliki sudah sesuai dengan kualifikasi pekerjaan tersebut. 

 

Contoh Kasus Jawaban Interview dengan Metode STAR 

Berikut contoh jawaban metode STAR yang dapat Anda gunakan sebagai referensi ketika menghadapi proses wawancara.

 

Bagikan contoh saat Anda menghadapi masalah yang sulit di tempat kerja. Bagaimana Anda memecahkan masalah ini?

 

  1. Situasi (Situation).

“Saya bekerja sebagai manager ritel di sebuah department store. Kemudian, seorang pelanggan membeli gaun secara online dan mengirimkannya ke toko kami. Salah satu rekan saya tidak sengaja meletakkan gaun tersebut di rak sehingga mengakibatkan pelanggan lain membelinya”

 

2. Task (Tugas).

“Saya tahu saya perlu meluruskan kesalahan ini kepada pelanggan agar dapat memenuhi tingkat standar layanan dan untuk menjunjung tinggi reputasi perusahaan.”

 

3. Tindakan (Action).

“Sebelum menelepon pelanggan untuk memberitahu tentang kesalahannya, saya mengecek ketersediaan gaun di toko yang lain. Kemudian, saya pesan gaun tersebut dan mengirimkannya ke rumah pelanggan berasa dengan kartu ucapan terima kasih atas pengertiannya”

 

4. Hasil (Result).

“Pelanggan sangat berterima kasih dan pelanggan menulis ulasan bintang lima kepada toko kami di beberapa situs ulasan”.

 

Ceritakan tentang kesalahan yang Anda buat. Bagaimana Anda menanganinya?

 

  1. Situation.

“Saya bekerja sebagai pekerja magang di sebuah perusahaan acara dan saya bertanggung jawab untuk memesan rangkaian untuk acara pribadi yang diselenggarakan oleh klien. Sayangnya, saya mencampuradukkan informasi dari acara lain sehingga menyebabkan bunga dikirim ke alamat yang salah”

2. Task.

“Saya menangani ini dengan sangat serius dan tahu bahwa saya harus menemukan solusi dengan cepat, karena perusahaan tempat saya bekerja sedang mengejar deadline.”

3. Action.

“Setelah mempertimbangkan beberapa cara berbeda untuk menyelesaikan masalah. Saya mengakui kesalahan saya kepada bos dan akhirnya memberitahu bos tentang rencana saya karena saya berpikir itu adalah tindakan terbaik. Saya mengambil istirahat makan siang lebih awal dan pergi ke toko bunga lain, kemudian mengirimkannya ke alamat yang sesuai satu jam sebelum acara dimulai”

 

4. Result.

“Klien tidak pernah tahu tentang kesalahan saya dan bos saya sangat berterima kasih”

 

Untuk HR Mudahkan Proses Rekrutmen dengan LinovHR

software hris

Wawancara dengan calon karyawan merupakan salah satu tahap penting dalam proses rekrutmen, baik yang menggunakan metode STAR atau metode wawancara lainnya. Untuk memudahkan HR dalam proses rekrutmen karyawan, perusahaan dapat menggunakan bantuan LinovHR. 

Dengan menggunakan Modul Recruitment dari LinovHR, proses rekrutmen yang kompleks dan memakan waktu dapat dilaksanakan jauh lebih mudah, efektif, dan cepat. Mengapa? Karena Modul Recruitment LinovHR memiliki banyak fitur canggih dan modern yang dapat memudahkan proses rekrutmen dari mulai tahap seleksi berkas kandidat hingga tahap wawancara dengan HR atau User.

 

Baca Juga: Exit Interview, untuk Kenali Penyebab Karyawan Resign

 

Kesimpulan

Setiap kandidat harus mempersiapkan banyak hal ketika menghadapi wawancara, salah satu metode yang dapat digunakan adalah metode STAR, Metode ini dapat memudahkan Anda dalam menjawab setiap pertanyaan recruiter dengan menggunakan contoh tindakan.

Selain itu, proses wawancara dapat berjalan lebih mudah dan cepat apabila HRD  menggunakan bantuan Software HRD LinovHR.

 

Referensi: https://www.thebalancecareers.com/what-is-the-star-interview-response-technique-2061629