Apa Itu Online Recruitment System dan Cara Menggunakannya

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

Online Recruitment System
Isi Artikel

Mencari karyawan yang tepat untuk perusahaan Anda bisa menjadi tugas yang menantang. Ini karena Anda perlu mempertimbangkan banyak hal. Mulai dari keahlian, pengalaman, kepribadian, dan kemampuan untuk berkolaborasi dari setiap kandidat.

Jika Anda melakukan perekrutan secara manual, melakukan rekrutmen yang penuh pertimbangan akan memakan waktu dan biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu, solusinya adalah dengan menggunakan online recruitment system.

Online recruitment system sangat bermanfaat untuk meningkatkan efektivitas dalam mencari karyawan dan menemukan karyawan yang tepat untuk perusahaan Anda.

Dalam artikel ini, kami akan membahas online recruitment system dan memberikan panduan tentang cara menggunakannya secara efektif. Mari simak ulasan dari LinovHR berikut!

 

Apa itu Online Recruitment System

Online recruitment system adalah sistem yang membantu HR dalam melaksanakan proses perekrutan dan onboarding karyawan baru. Biasanya, sistem ini digunakan oleh recruitment agency dan perusahaan.

Para perekrut yang menggunakan online recruitment system dapat dengan mudah mengelola kontak kandidat dan memantau proses perekrutan dengan lebih efektif dan efisien. 

Selain itu, beberapa perangkat lunak perekrutan online juga menawarkan fitur-fitur seperti integrasi dengan media sosial dan pencarian otomatis untuk membantu memperluas jaringan pencarian calon kandidat.

Dengan menggunakan online recruitment system, perusahaan dan agensi pencari kerja dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses rekrutmen. Serta meningkatkan kesempatan untuk menemukan kandidat yang tepat untuk posisi yang tersedia.

 

Mengapa Harus Menggunakan Online Recruitment System

Online recruitment system perlu diterapkan oleh perusahaan dan agensi pencari kandidat untuk memudahkan semua proses rekrutmen. Kemudahan tersebut bisa dicapai karena sistem rekrutmen ini memiliki beberapa kelebihan, antara lain:

  • Mudah digunakan untuk semua kebutuhan administratif
  • Bisa mengunggah pekerjaan ke situs web dan situs pencari kerja lainnya
  • Bisa menyimpan semua data yang dibutuhkan untuk tujuan perekrutan
  • Bisa menilai dan mengurutkan semua pelamar
  • Mampu melacak pekerjaan dan pelamar
  • Menawarkan jadwal untuk membantu dalam wawancara
  • Membuat laporan perekrutan secara otomatis
  • Meningkatkan produktivitas dalam proses rekrutmen
  • Menghemat biaya rekrutmen

 

Cara Menggunakan Online Recruitment System

Berikut beberapa cara menggunakan online recruitment system:

 

  • Situs Web Perusahaan

Situs web perusahaan Anda adalah titik awal untuk menampilkan branding perusahaan sebagai tempat kerja. Melalui situs web ini, perusahaan Anda menunjukkan kepada kandidat mengapa mereka harus memilih perusahaan Anda. 

Di situs web perusahaan ini, Anda dapat mengunggah daftar pekerjaan dan memberitahu calon pelamar tentang budaya perusahaan Anda.

Untuk meningkatkan efektivitas halaman karier situs web perusahaan Anda, sertakan video atau testimoni dari karyawan saat ini yang memuat alasan mereka senang bekerja dengan Anda.

 

  • Kampanye Iklan di Internet

Anda dapat menggunakan pay-per-click ads di berbagai mesin pencari, seperti Google dan juga platform media sosial untuk mengiklankan lowongan pekerjaan Anda. 

Iklan yang dapat berupa tulisan atau video promosi bisa Anda unggah untuk memperluas jangkauan perusahaan mendapatkan kandidat terbaik.

 

Baca Juga: Recruitment Marketing: Solusi Dapatkan Kandidat yang Berkualitas

 

  • Media Sosial

Ketika berbicara soal rekrutmen, LinkedIn akan menjadi media sosial pertama yang banyak dibicarakan orang-orang profesional. Namun, platform media sosial lainnya, seperti Facebook dan Twitter juga tidak boleh diabaikan dalam membuka rekrutmen.

Jenis media sosial yang digunakan untuk rekrutmen online tergantung pada demografi calon kandidat Anda. Jika Anda mencari kandidat profesional untuk posisi kepemimpinan, LinkedIn adalah pilihan terbaik.

 

Keuntungan Online Recruitment System

Berikut adalah beberapa keuntungan dari rekrutmen online:

 

  1. Mengurangi Waktu Rekrutmen

Rekrutmen online memungkinkan proses seleksi kandidat dilakukan dengan lebih cepat dan efisien. Dengan menggunakan sistem manajemen rekrutmen online, perusahaan dapat menghemat waktu dalam proses seleksi dan mempercepat pengambilan keputusan.

 

  1. Biaya yang Efisien

Metode rekrutmen online dapat lebih efektif dan hemat biaya dibandingkan dengan metode tradisional. Hal ini karena perusahaan tidak perlu membayar biaya iklan di media cetak atau mengeluarkan biaya lebih untuk proses seleksi yang rumit.

 

  1. Menjangkau Audiens yang Lebih Luas

Rekrutmen online memungkinkan perusahaan untuk menjangkau audiens yang lebih luas dan kandidat yang lebih banyak. Hal ini karena internet bisa menyasar lebih banyak orang dan perusahaan pun dapat memasang iklan lowongan kerja di berbagai platform online.

 

  1. Meningkatkan Efisiensi Rekrutmen

Dengan menggunakan online recruitment system management, perusahaan dapat mengelola proses rekrutmen dengan lebih efisien dan terstruktur. Selain itu, perusahaan juga dapat dengan mudah melacak status aplikasi kandidat dan melakukan pembaruan data secara real-time.

 

Baca Juga: Recruitment Software: Solusi untuk Mudahkan Proses Rekrutmen Karyawan

 

  1. Mendapatkan Lebih Banyak Pelamar

Rekrutmen online memungkinkan perusahaan untuk mendapatkan lebih banyak pelamar dibandingkan dengan metode tradisional. Hal ini karena perusahaan dapat menjangkau lebih banyak kandidat dan memudahkan proses aplikasi bagi calon pelamar.

 

  1. Meningkatkan Komunikasi

Rekrutmen online memungkinkan perusahaan untuk meningkatkan komunikasi dengan kandidat yang sedang melamar pekerjaan. 

Dengan menggunakan sistem manajemen rekrutmen online, perusahaan dapat dengan mudah berkomunikasi dengan kandidat melalui email atau pesan langsung dan memastikan bahwa kandidat mendapatkan informasi yang dibutuhkan secara tepat waktu.

 

Baca Juga: Recruitment Marketing, Salah Satu Upaya Retensi Karyawan

 

Manfaatkan LinovHR untuk Online Recruitment System

Software LinovHR adalah perangkat lunak manajemen sumber daya manusia yang memiliki modul Recruitment untuk membantu HR dalam mencari dan merekrut bakat-bakat terbaik yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Dengan modul Recruitment Software LinovHR, perusahaan bisa memudahkan proses rekrutmen dan seleksi karyawan agar lebih efektif dan efisien.

Berkat modul recruitment dan talent acquisition ini, manajemen dapat melakukan perencanaan tenaga kerja dan rekrutmen, mengelola bakat, mengumumkan lowongan pekerjaan melalui situs web perusahaan, serta memantau proses rekrutmen setiap kandidat.

 

Banner Recruitment
Banner Recruitment

 

Semua aktivitas tersebut bisa terlaksana karena didukung oleh fitur-fitur terbaik dari modul Recruitment Software LinovHR.

Contoh fiturnya adalah pencarian bakat, pengaturan jadwal wawancara, serta kemampuan untuk mengirim surat penawaran kerja secara elektronik.

Secara keseluruhan, Recruitment Software LinovHR sangat membantu divisi HR dalam menjalankan tugas mereka, yaitu merekrut bakat-bakat terbaik untuk memenuhi kebutuhan perusahaan.

Anda bisa mencobanya terlebih dahulu secara gratis dengan daftarkan perusahaan Anda untuk demo. Coba aplikasinya untuk menerapkan rekrutmen yang mudah sekarang!

Tentang Penulis

Picture of Meirza Anggakara
Meirza Anggakara

Memiliki minat dalam pemasaran digital serta senang memberikan pengetahuan terkait dunia kerja di LinovHR dengan penerapan SEO yang baik dan sesuai kaidah mesin pencari
Follow them on Linkedin

Bagikan Artikel Ini :

Related Articles

Newslater

Newsletter

Tentang Penulis

Picture of Meirza Anggakara
Meirza Anggakara

Memiliki minat dalam pemasaran digital serta senang memberikan pengetahuan terkait dunia kerja di LinovHR dengan penerapan SEO yang baik dan sesuai kaidah mesin pencari
Follow them on Linkedin

Artikel Terbaru

Telusuri informasi dan solusi HR di sini!

Subscribe newsletter LinovHR sekarang, ikuti perkembangan tren HR dan dunia kerja terkini agar jadi yang terdepan di industri

Newsletter