Categories: Tips & Trick

Mindfulness: Manfaat dan Cara Penerapannya di Dunia Kerja

Adalah rahasia umum jika dunia kerja bisa memberi pengaruh buruk ke sisi psikologis karena tuntutan dan tekanan tingkat tinggi. Karyawan dan perusahaan pun harus sama-sama saling menjaga kesehatan mental dan menciptakan lingkungan kerja yang harmonis. Satu cara terbaik untuk menghilangkan semua beban tersebut yaitu dengan menerapkan mindfulness di lingkungan kerja. Tapi, apa itu mindfulness?

 

Pengertian Mindfulness

Sederhananya, mindfulness adalah sikap positif yang bisa didapat dengan latihan terstruktur dan sistematis yang melibatkan metode pernafasan dan beberapa latihan untuk merelaksasi tubuh serta mental agar terhindar dari berbagai bentuk stress.

Mindfulness pada dasarnya merupakan salah satu tipe dari meditasi yang mengharuskan otak untuk fokus secara intensif tentang apa yang dirasakan pada saat itu tanpa harus menilai dan menginterpretasi secara berlebihan. Berpikir terlalu banyak tentang rencana ke depan, memecahkan masalah, berandai-andai, atau bahkan berpikir negatif bisa menguras energi dan mental. Semua kondisi tersebut bisa memicu stress, rasa cemas, dan gejala depresi. 

Melatih mindfulness pada dasarnya akan membantu mengalihkan perhatian dari kemungkinan berpikir berlebihan terhadap satu subyek, selain juga menjernihkan pandangan tentang apa yang ada di sekitar.

 

Manfaat Mindfulness di Lingkungan Kerja

Ada begitu banyak nilai positif yang bisa didapat dari mindfulness sehingga harus diterapkan dalam berbagai bidang guna meningkatkan produktivitas. Apa saja sih manfaatnya dalam lingkungan kerja?

 

Mengurangi stress dan kecemasan

Dengan pikiran dan tubuh menjadi lebih waspada, otak bisa bekerja lebih baik dalam mengidentifikasi perasaan dan mengambil pendekatan yang tepat dengan cara yang positif. Mindfulness terbukti mengurangi stress dengan menginisiasi pembentukan jaringan otak bernama amygdala. Hasilnya, tiap penilaian yang dibuat akan menjadi lebih jelas dan tepat guna.

 

Memperbaiki fokus

Pada tingkatan yang lebih jauh, mindfulness bahkan membantu mencegah otak bekerja multitasking secara otomatis dan lebih mengedepankan monotasking. Kemampuan otak untuk fokus pada satu hal di satu waktu dan mengurangi tendensi teralihkan dari berbagai aspek lain.

 

Meningkatkan kreativitas

Tingkat kreativitas bergantung sepenuhnya pada kondisi mental. Saat mental tak stabil, jangankan berpikir kreatif, berpikir normal saja sulit dilakukan. Mindfulness akan membantu membuat kerangka kreatif dalam otak tetap terjaga sekaligus mencegah pikiran negatif keluar. Pikiran yang tetap terfokus pada apa yang di depan mata membuat otak bisa berpikir bebas dan kreatif dengan berbagai ide yang sebelumnya tak pernah terpikirkan.

 

Baca Juga: Manfaat dan Cara Membuat Mind Mapping

 

Menumbuhkan kecerdasan emosi

Yang tidak banyak disadari, mindfulness juga berkontribusi dalam menumbuhkan kecerdasan emosi dalam tiga cara. Pertama yaitu kemampuan untuk memahami emosi diri sendiri, kedua membantu memahami emosi dari individu lain di sekeliling, dan ketiga yaitu meningkatkan kekuatan untuk mengontrol dan mengelola emosi..

 

Meningkatkan komunikasi

Dengan berbagai distraksi yang ada saat ini, banyak individu sudah kehilangan kemampuan untuk secara aktif mendengarkan dan hadir di momen yang tepat. Situasi ini tak hanya akan memberikan efek positif, tapi juga membuat hari-hari yang biasanya cenderung membosankan menjadi lebih baik karena keterlibatan langsung. Interaksi yang terjadi secara langsung selanjutnya memaksa otak belajar hal baru.

 

Adaptif

Makin banyak latihan dan mau membuka diri pada berbagai cara untuk melakukan satu hal, semakin adaptif pola pikir ke depan. Sikap ini penting dimiliki, terutama jika punya rencana untuk menjadi salah satu pimpinan di perusahaan di masa mendatang. Itu berarti, otak dan tubuh bisa menyesuaikan diri secara langsung terhadap perubahan yang terjadi di dunia kerja yang penuh tuntutan.

 

Cara Menerapkan Mindfulness di Lingkungan Kerja

Pada dasarnya semua hal bisa dilatih kemudian diterapkan di lingkungan kerja dengan langkah yang tak berbeda jauh. Asalkan konsisten dan niat, lama-lama seorang individu akan terbiasa.  Bagaimana cara menerapkan mindfulness

 

Selesaikan tugas satu per satu

Memberi perhatian penuh pada satu tugas kerja merupakan contoh praktis penerapan mindfulness di dunia kerja. Memang agak susah untuk fokus jika lingkungan kerja ramai dan ketika tugas sedang banyak-banyaknya, tapi fokus bisa membantu menyelesaikan tugas lebih cepat. Jadi, selesaikanlah satu tugas baru melanjutkan ke tugas berikutnya. 

 

Fokus pada tugas yang ada

Melihat pada apa yang ada di depan mata membuat individu tak mudah terdistraksi.  Dengan melakukan langkah ini, otak bisa lebih terfokus untuk mengerjakan tugas yang ada di depan mata sehingga stress bisa dihindari. Tugas pun dapat diselesaikan dengan baik karena tidak ada tekanan batin maupun fisik. 

 

Memperbaiki kondisi psikis

Fokus pada teknik pernafasan, duduk, dan menutup mata sejenak terbilang ampuh untuk memperbaiki pikiran sedang kacau. Cara ini bisa dilakukan saat sedang menghadapi momen genting dalam kantor atau berselisih paham. Dengan begitu emosi pun juga lebih terkendali. 

 

Baca Juga: Tips Manajemen Stress untuk Karyawan

 

Memakai alarm

Termasuk langkah mudah dalam menerapkan mindfulness yaitu memanfaatkan alarm, pengingat, atau semacam notifikasi lain. Saat sedang bekerja mencapai waktu tertentu, alarm akan berbunyi untuk menandakan waktu kerja sudah sampai mana. Dengan begitu, otak dan tubuh akan selalu terkondisikan untuk siap menyelesaikan tugas yang ada dan individu bisa mengkomparasi apakah kinerjanya efektif atau tidak. 

 

Observasi

Melakukan pengamatan sebelum melakukan sesuatu termasuk salah satu cara  yang efektif dalam bekerja. Langkah ini memastikan setiap proses akan tereksekusi dengan baik sesuai prosedur dan perencanaan. Observasi membuat individu mampu mengidentifikasi masalah yang sekiranya akan muncul atau akan dihadapi. 

Seorang karyawan wajib menjaga kesehatan dirinya. Karena jika tidak sehat, bagaimana karyawan bisa bekerja dengan optimal? Selalu ingat bahwa mindfulness layaknya senjata ampuh untuk keluar dari berbagai situasi yang tak menguntungkan seperti stress karena tuntutan dalam dunia kerja. Jadi, lain kali saat merasa tertekan, pastikan untuk mencoba satu atau beberapa poin tersebut untuk menjernihkan pikiran.

Admin LinovHR

Recent Posts

Perkembangan Fintech di Indonesia Beserta Manfaatnya

Kini masyarakat sudah tidak asing lagi dengan keberadaan fintech. Namun, masih banyak yang samar-samar mengenali…

8 jam ago

Remote Performance Review: Kelola Kinerja Karyawan Saat Pandemi

Pandemi COVID-19 yang belum juga reda di beberapa negara membuat banyak perusahaan menyusun berbagai strategi…

14 jam ago

Berkarir di Bidang Procurement ?Pahami Dulu Tentang Procurement!

Apakah Anda saat ini berminat untuk berkarir di bidang procurement?  Atau bahkan sudah memulai berkarir…

1 hari ago

Tips Mengelola Shifting Karyawan agar Efektif!

Shifting karyawan pada sebuah perusahaan memang jamak terjadi dan digunakan oleh banyak perusahaan. Terutama bagi…

1 hari ago

Mau Lakukan Ekspansi Bisnis? Simak Tips Berikut!

Membangun bisnis merupakan tantangan besar yang tidak setiap orang sanggup melakukannya. Bagi setiap pengusaha tentu…

4 hari ago

Tantangan Mendapatkan SDM Terbaik Industri MICE

Industri MICE belum begitu familiar di Indonesia. Namun, pertumbuhannya sudah mulai menggeliat sedari dulu dan…

4 hari ago