Fitur Offline Attendance, Mudahkan Karyawan Absen Tanpa Sinyal Internet Sekalipun

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

Fitur Offline Attendance
Isi Artikel

Memiliki aplikasi absen online untuk menunjang proses pencatatan menjadi bagian dari manajemen human resource yang penting. Namun, pastikan perusahaan bukan hanya sekadar memiliki aplikasi absen tapi juga mampu memenuhi dan menjawab kebutuhan.

Salah satunya adalah menjawab kebutuhan saat sinyal internet tidak tersedia, bagaimana pencatatan kehadiran bisa dilakukan?

Inilah yang coba dijawab aplikasi absensi LinovHR melalui fitur Offline Attendance, dengan fitur ini karyawan tetap bisa melakukan pencatatan kehadiran tanpa perlu menunggu sinyal internet sekalipun.

Mari kenali lebih jauh mengenai fitur ini dalam artikel berikut!

 

Pengenalan Fitur Offline Attendance Aplikasi Absen LinovHR

 

Infographic Fungsi Offline Attendance
Infographic Fungsi Offline Attendance

 

Saat ini penggunaan aplikasi absen untuk memudahkan karyawan dalam mencatat kehadirannya menjadi hal yang tidak terpisahkan. Ini tidak mengherankan karena penggunaan teknologi satu ini memang membawa kemudahan baik bagi karyawan dan perusahaan.

Apalagi sekarang aplikasi absensi online pun sudah dilengkapi dengan berbagai fitur penunjang, seperti yang dimiliki oleh Aplikasi Absensi Online LinovHR yang bisa diakses melalui smartphone baik iOs maupun Android.

Aplikasi Absensi Online LinovHR adalah salah satu aplikasi absen online yang memiliki berbagai fitur penunjang yang unggul, misalnya saja fitur Attendance Correction, yang memungkinkan karyawan untuk melakukan koreksi kehadiran mereka karena alasan tertentu.

Selain itu, terdapat juga fitur Offline Attendance yang memungkinkan karyawan untuk melakukan absen di saat smartphone tidak tersambung ke internet sekalipun. Nantinya, sistem akan tetap mencatat waktu kehadiran karyawan tersebut, dan akan mensinkronkan data saat jaringan internet telah tersedia.

Waktu yang akan tercatat, tetaplah waktu absen yang karyawan lakukan saat mereka dalam keadaan offline, jadi tidak perlu takut lagi telat absen karena terkendala sinyal internet.

Sebagai gambaran untuk Anda, mari simak contoh simulasi berikut ini:

Seorang karyawan hendak melakukan clock in pada pukul 07.00 namun sayangnya di saat itu smartphone mereka sedang tidak memiliki jaringan internet. Pada pukul 08.00 smartphone karyawan tersebut baru memiliki jaringan, nah pada pukul 08.00 itulah data absen akan muncul, dengan data clock in pada pukul 07.00.

Fitur ini cocok sekali untuk perusahaan yang memiliki sistem kerja di lapangan atau proyek di daerah yang terkadang sulit dijangkau oleh sinyal internet. Sehingga waktu kehadiran tetap tercatat secara aktual, tanpa merugikan karyawan atau juga perusahaan.

 

Keuntungan Menggunakan Aplikasi Absensi Online dengan Fitur Offline Attendance

Menggunakan aplikasi absen online yang telah memiliki fitur offline attendance telah terbukti mendatangkan banyak manfaat signifikan yang mendukung pengelolaan kehadiran dan penegakan kedisiplinan karyawan. 

Setidaknya, ada empat keuntungan utama yang bisa dirasakan oleh perusahaan dan karyawan, antara lain:

 

1. Data Absen Tetap Akurat

Meskipun dalam mode offline, karyawan masih dapat melakukan absen dan nantinya aplikasi tetap dapat memberikan informasi aktual tentang absensi karyawan setelah koneksi internet kembali.

Sistem akan secara otomatis mensinkronkan data kehadiran karyawan.

 

2. Fleksibilitas Tinggi

Ketika Anda menggunakan aplikasi absen online yang telah memiliki fitur offline attendance, Anda akan merasakan kemudahan absensi di mana pun, kapan pun, tanpa hambatan koneksi internet.

Fitur yang terlihat sederhana ini nyatanya mampu mendukung mobilitas dan kebutuhan kerja di luar kantor.

 

3. Kemudahan Akses

Karyawan dapat melakukan absen kapan pun dan di mana pun tanpa tergantung pada koneksi internet. Ini sangat bermanfaat dalam situasi di mana koneksi internet tidak stabil atau tidak tersedia.

 

4. Kemudahan Akses di Area Terpencil atau Terbatas

Memungkinkan karyawan untuk melakukan pencatatan waktu kerja mereka di tempat-tempat seperti luar ruangan, situs konstruksi, atau tempat-tempat yang jauh dari jangkauan jaringan seluler.

 

Bagaimana Proses Absensi Offline Attendance dengan Aplikasi Absen LinovHR

Cara Absen dalam Mode Offline Attendance
Cara Absen dalam Mode Offline Attendance

 

Proses absensi dengan fitur Offline Attendance melalui aplikasi absensi mobile LinovHR tidaklah rumit. Di mana prosesnya sama saja seperti melakukan clock in biasanya, yaitu cukup dengan membuka aplikasi, lalu klik Attendance untuk melakukan absensi.

Hal yang membedakan adalah saat offline attendance data clock in / clock out-nya belum tercatat, jadi saat karyawan sudah melakukan absen data absen belum bisa mereka lihat, data tersebut akan muncul saat karyawan telah memiliki jaringan internet.

Walau karyawan belum bisa melihat data kehadiran mereka, sistem tetap akan mencatat sesuai dengan waktu karyawan melakukan absensi.

Menarik bukan? Dengan begitu karyawan tetap dapat memastikan menjalankan kedisiplinan dan perusahaan pun tetap dapat memantau kehadiran karyawan.

Dapatkan keunggulan ini sekarang juga, ajukan demo gratisnya! 

Tentang Penulis

Picture of Putri Prima Soraya
Putri Prima Soraya

Mulai menulis sejak 2019, selalu berdedikasi untuk memberikan tulisan terbaik dan informatif. Mendalami berbagai topik seputar dunia kerja, HR, serta bisnis.

Bagikan Artikel Ini :

Related Articles

Newslater

Newsletter

Tentang Penulis

Picture of Putri Prima Soraya
Putri Prima Soraya

Mulai menulis sejak 2019, selalu berdedikasi untuk memberikan tulisan terbaik dan informatif. Mendalami berbagai topik seputar dunia kerja, HR, serta bisnis.

Artikel Terbaru

Telusuri informasi dan solusi HR di sini!

Subscribe newsletter LinovHR sekarang, ikuti perkembangan tren HR dan dunia kerja terkini agar jadi yang terdepan di industri

Newsletter