pekerjaan paling dicari tahun ini

Terpikir mau pindah kerja? Dengan tingkat pengangguran terbuka (TPT) Indonesia mencapai 5,8 % per Februari 2015, dan menurut data yang dirilis oleh  BPS  bahwa penyerapan tenaga kerja terbanyak di sektor Industri sebanyak 1,0 juta orang (6,43 persen), kedua di sektor Jasa Kemasyarakatan sebanyak 930 ribu orang (5,03 persen), dan sektor perdagangan sebanyak 840 ribu orang (3,25 persen).

Apakah Anda sudah yakin dengan pekerjaan impian Anda? Sekadar informasi saja, bahwa terjadinya penurunan harga minyak dunia pada awal tahun ini memaksa perusahaan di sektor minyak dan gas melakukan merger ataupun akuisisi sebagai upaya menghindari kebangkrutan. Hal ini berarti menciptakan kesempatan besar bagi orang-orang yang bekerja di sektor perbankan dan keuangan seperti seorang bankir investasi.

Lalu pekerjaan apa saja yang banyak dicari pada tahun 2016?

 

1. Bankir

Banyaknya terjadi restrukturisasi dan merger di beberapa perusahaan terkait kondisi pasar yang fluktuatif membuat profesi bankir banyak dicari guna konsolidasi perusahaan seperti menambah dana investasi ataupun menyerahkan aset atau saham perusahaan ke perusahaan kompetitor sebagai bentuk akuisisi.

 

2. Trader

Guncangan pasar di sektor minyak dan gas membuat aktivitas jual beli saham ataupun obligasi meningkat di pasar saham sehingga tidak heran jika tahun ini seorang profesitraderdapat memaksimalkan pendapatan komisinya.

 

3. IT Specialist

Di era digital kini memaksa perusahaan-perusahaan besar menyediakan layanan berbasis internet ataupun mendigitalisasi beberapa urusan manajemen perusahaan konvensional demi terciptanya efisiensi kerja. Contohnya, pendataan karyawan serta pembayaran gaji yang menyita banyak tenaga dan waktu bagian HRD perusahaan, dengan bantuan sistem teknologi dapat menimalisir biaya yang harus dikeluarkan perusahaan atas pekerjaan tersebut

Baca Juga:   Trend Teknologi HR : Lakukan Hari Ini Untuk Masa Depan HR

 

4. Fintech (Finance Technology/Teknologi Keuangan)

Sebagai upaya meningkatkan daya saing perusahaan dan efisiensi kerja serta lagi-lagi dampak dari era digital membuat keahlian dan kecakapan pengoperasian teknologi semakin tinggi. Tidak terkecuali pada profesi pemegang peran keuangan perusahaan.

 

5. Konsultan Keuangan

Terjadinya arus kepemilikan aset diantara pebisnis-pebisnis meningkatkan kebutuhan akan konsultan keuangan memberikan saran-saran atas upaya demi terjaganya atau bahkan menambah harta kekayaan yang dimiliki.

 

Dari profesi yang sudah disebutkan, profesi mana yang paling cocok dengan minat Anda? Jika Anda sudah menetapkan profesi yang Anda inginkan. Selanjutnya lakukanlah penelitian, industri mana yang Anda inginkan. Terdapat beberapa pekerjaan yang dapat dilakukan secara lintas industri sehingga memberikan lebih banyak pilihan. Misalnya, jika Anda seorang pakar keuangan, Anda mungkin dapat pekerjaan di berbagai industri seperti kesehatan, teknologi, media, menyeberang ke industri yang berbeda dan membuat perubahan pekerjaan yang sukses. Selamat mendapatkan pekerjaan impian Anda di 2016.

CL

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use theseHTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>