Management Traine

7 Keuntungan Mengikuti Program Management Trainee

Pada artikel sebelumnya yang berjudul Ikut Program Management traine? Pertajam Lagi 10 Skill ini  telah dibahas skill apa saja yang dibutuhkan untuk mengikuti program MT ini, Sekarang di dalam artikel ini akan dibahas mengenai berbagai macam keuntungan jika anda mengikuti program Management Trainee

Program management trainee memberi keuntungan untuk perusahaan karena dapat mengidentifikasi kandidat potensial. Di sisi yang lain, management traine juga memberi keuntungan bagi pencari kerja karena bisa membantu meningkatkan kemampuan dan membangun citra personal.

Perusahaan menginvestasikan waktu dan sumber daya untuk membuat management trainee karena program ini menawarkan kesempatan besar untuk merekrut talenta terbaik. Untuk pencari kerja, program ini dapat meningkatkan peluang sukses lewat skill dan pengalaman yang didapat.

 

1. Memperbaiki Komunikasi

Pekerja terbaik adalah yang memiliki komunikasi bagus. Kemampuan komunikasi yang baik akan membuat poin yang disampaikan terjelaskan dengan baik tanpa ada salah persepsi, menghindari salah paham, juga konflik. Mampu berkomunikasi akan mengurangi buang-buang waktu dan membantu kinerja tim berjalan tanpa gangguan.

Management trainee akan memberikan pemahaman lebih baik tentang komunikasi secara efektif, termasuk saat berdiskusi dengan klien atau rekan kerja, baik lewat telepon atau surat elektronik. Gaya komunikasi verbal umumnya menjadi bagian materi management trainee, termasuk kata-kata yang harus dihindari.

 

2. Menggenjot Produktivitas

Karyawan yang sudah melewati tahapan management trainee pasti akan lebih produktif. Sebabnya, dalam management trainee calon pekerja umumnya dilatih untuk melakukan tugas se-efektif mungkin dalam waktu terbatas. Mereka juga paham untuk membuat tujuan yang realistis lalu membuat strategi untuk mencapainya.

Dari poin ini, karyawan akan menemukan cara dan alat supaya semua hal yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proyek tetap terkelola. Management trainee juga mengajarkan karyawan untuk menyeimbangkan antara tugas personal dan tugas bersama rekan kerja atau tim.

 

3. Memperbaiki Moral

Dalam satu tim, saat ketua tim merasa jatuh karena berbagai alasan, moral anggota seluruh tim akan merasakan yang sama. Tapi pemimpin yang selalu percaya diri, efisien, dan teroganisir, akan dengan mudah mengatasi persoalan semacam ini sehingga ritme kinerja tim tak akan terganggu.

Demikian juga saat pemimpin tim merasa bahagia dan percaya diri, suasana semacam ini juga akan terefleksikan ke anggota tim. Untuk menciptakan suasana seperti ini, program management trainee jelas dibutuhkan sebagai wadah untuk pembelajaran tentang moral dan etika bekerja.

 

4. Lebih Paham Seluk Beluk Bisnis

Satu cara perusahaan menjaga tingkat produktivitasnya yaitu dengan merotasi posisi karyawan. Untuk bisa fleksibel ditempatkan di posisi mana saja, program seperti management trainee sangat diperlukan. Program ini berguna untuk mendalami pengetahuan tentang tingkatan manajemen serta kebutuhannya.

Misalnya, rotasi jabatan bisa dilakukan dari departemen penjualan, tiga bulan kemudian dipindah ke departemen operasional. Inilah pentingnya memahami tiap aspek bisnis serta departemen yang ada di dalamnya sehingga karyawan mampu bekerja tanpa harus memulai dari awal lagi.

 

5. Bersaing Menjadi yang Terbaik

Karena tiap kandidat yang ikut program management trainee dibekali materi kepemimpinan, kompetisi antar sesama rekan kerja tak akan terhidarkan lagi. Situasi ini merupakan hal bagus untuk menjaga tingkat motivasi supaya mau kerja pintar dan kerja keras agar terpilih di antara kandidat lain.

Bayangkan kemungkinan lulus dengan performa di atas rekan kerja, jenjang karir lebih tinggi bisa ditapaki dengan mudah. Bisa dikatakan, program management trainee merupakan batu loncatan paling ideal untuk mencapai karir yang lebih tinggi.

 

6. Menambah Kemampuan

Satu hal yang menjadi fokus dalam management trainee yaitu tentang soft skill, seperti komunikasi, kepemimpinan, dan kerja kelompok. Terlepas materi yang diberikan hanya fokus memahami lebih dalam tentang suatu pekerjaan, management trainee menawarkan kesempatan lain untuk menambah skill.

Riset Institusi Middlesex menyebut, 74% pekerja tak bisa mencapai potensi maksimal karena tak banyak mendapat peluang mengembangkan diri. Lewat penerapan metode pengajaran berbeda dalam management trainee, entah dari kelas langsung atau praktik lapangan, kandidat ini akan mendapat kemampuan bernilai tinggi dan bisa diterapkan di berbagai jenis bidang karir.

 

7. Menjalin Relasi Bisnis

Coba pikir, semisal program management trainee didesain untuk memunculkan pemimpin masa depan, rekan kerja yang selama ini ikut program berpeluang jadi sosok besar di masa depan. Jadi, berteman dengan sesama kandidat secara tak langsung akan memberi dukungan dari beberapa departemen berbeda di kemudian hari saat rekan kerja mendapat posisi masing-masing.

Entah dengan atasan atau bawahan, membangun dan menjaga relasi bisnis yang sehat merupakan suatu keharusan. Management trainee akan membantu kandidat memahami bagaimana mencari relasi yang ideal, juga bagaimana cara menjaga dan memanfaatkan relasi bisnis untuk kepentingan yang lebih luas.

 

Baca Juga :  3 Keuntungan Jika Perusahaan Menggunakan Software HRD

 

Dengan segala keuntungan dan manfaat tersebut tersebut, menjadikan program Management Traine  memang selalu menjadi posisi idaman untuk para pencari kerja terutama para freshgraduate. Tetapi,karena begitu banyak yang meminati program ini, Persaingan untuk mendapatkannya akan menjadi lebih ketat, dan butuh perjuangan lebih agar dapat mengikuti program Management Trainee