peningkatan kualitas sdm

Hemat Anggaran, Ini Cara Peningkatan Kualitas SDM yang Tidak Perlu Biaya Besar

Upaya peningkatan kualitas SDM yang baik merupakan salah satu program yang dilakukan perusahaan agar menghindari ketimpangan yang akan mempengaruhi produktivitas. Hal ini juga berkaitan dengan usaha meningkatkan retensi karyawan dan memelihara potensi-potensi terbaik.

Namun, umum ketika perusahaan melakukan upaya untuk meningkatkan kualitas SDM-nya, membutuhkan biaya yang cukup banyak agar program tersebut dapat berjalan dengan baik. Padahal, perusahaan memiliki dana yang terbatas yang perlu dikelola secara efisien.

Dalam artikel ini, LinovHR akan menyoroti beberapa hal yang dapat dilakukan untuk peningkatan kualitas SDM tanpa memerlukan biaya besar. Simak ulasan artikel berikut!

 

Peningkatan Kualitas SDM yang Tidak Butuh Investasi Besar

Peningkatan kualitas sumber daya manusia dalam perusahaan memang bukan hal yang dapat ditawar lagi. Hal tersebut akan berdampak positif pada peningkatan produktivitas dan profitabilitas perusahaan jika dikelola dengan baik.

Meskipun demikian, anggaran di setiap perusahaan pastinya terbatas. Sehingga perusahaan harus benar-benar mengoptimalkannya dengan baik. Berikut terdapat beberapa cara untuk meningkatkan kualitas SDM tanpa memerlukan banyak biaya, seperti berikut:

 

  1. Melibatkan Kontribusi Karyawan yang Lebih Besar

Umumnya dalam meningkatkan kualitas SDM, perusahaan akan membuat kebijakan-kebijakan baru. Padahal, ada cara yang dapat berjalan lebih efektif seperti meningkatkan keterlibatan yang lebih besar bagi karyawan.

Ketika Anda meningkatkan kontribusi karyawan jauh lebih luas, maka akan tercipta pengalaman positif yang dirasakan oleh karyawan itu sendiri. Hal ini membantu mereka dapat melihat gambaran proses kerja yang jauh lebih besar.

Anda dapat mulai dengan menghubungkan para pekerja dengan visi, misi, serta nilai-nilai perusahaan dalam memajukan bisnisnya.

Setelah mereka memahami tujuan-tujuan yang ingin dicapai perusahaan, saatnya berikat peran lebih dalam berkontribusi untuk kemajuan perusahaan. Sehingga, karyawan akan merasa dirinya lebih berguna dan dihargai sebagai agen perubahan dalam perusahaan.

Ketika mereka merasa pekerjaannya jauh lebih penting dan berguna dari sebelumnya, maka secara otomatis kualitas kinerjanya pun akan meningkat.

 

  1. Bangun Suasana yang Menyenangkan

Cara kedua dalam peningkatan kualitas SDM yaitu membangun suasana yang menyenangkan dalam bekerja. Hal ini terlihat sederhana, namun harus dilakukan dengan cara yang tepat.

Anda dapat memberikan sedikit kebebasan kepada seluruh karyawan bahwa mereka boleh melakukan hal-hal yang menyenangkan asal hal tersebut tidak mengganggu proses bekerja. Dengan mengambil langkah-langkah dan aktivitas yang menyenangkan, maka secara tidak langsung karyawan Anda akan mengalami peningkatan kualitas SDM yang signifikan.

Namun, sebaliknya, jika budaya kerja yang Anda bangun tidak cukup menyenangkan, maka karyawan akan cenderung tidak betah dan mengalami penurunan performa.

 

  1. Maksimalkan Karyawan untuk Menarik Talenta Terbaik

Biasanya dalam proses rekrutmen karyawan baru, perusahaan memerlukan anggaran yang tidak sedikit. Padahal, Anda dapat menekan anggaran dengan memanfaatkan potensi karyawan Anda.

Sebagai contoh, perusahaan Anda membutuhkan posisi manajer keuangan yang baru, sedangkan anggaran Anda terbatas. Anda dapat memanfaatkan karyawan yang ada untuk membuat video testimoni agar menarik perhatian.

Dengan begitu, Anda akan mendapatkan potensi-potensi karyawan terbaik dengan biaya yang cukup rendah.

 

  1. Program Pengakuan Karyawan

Cara peningkatan kualitas SDM yang terakhir mungkin cara yang tidak cukup populer. Anda dapat membuat program pengakuan karyawan dengan cara mengenalkan pemimpin perusahaan dengan seluruh karyawan.

Hal ini terkait dengan keinginan untuk diakui atas segala jasa yang telah dilakukan oleh karyawan. Sehingga mereka merasa jauh lebih dihargai dari sebelumnya.

Dengan mempertemukan para pemimpin dan karyawan dalam satu acara, maka sangat mungkin bagi karyawan untuk mendapatkan pujian yang layak mereka dapatkan. Hal ini juga dapat dilakukan untuk mempertahankan talenta-talenta terbaik perusahaan.

 

Baca Juga: Bagaimana Human Capital Management Bisa Meningkatkan Pengelolaan SDM

 

Software HRIS Bantu Tingkatkan Kualitas SDM Lebih Efisien

Agar peningkatan kualitas SDM perusahaan dapat berjalan dengan lancar, tentunya Anda harus menggunakan bantuan software HRIS seperti LinovHR. Segala kompleksitas urusan SDM perusahaan dapat dilakukan dengan mudah.

Software HRIS LinovHR telah menerapkan Human Resource Information System (HRIS). Sehingga efisiensi dan efektifitas dalam manajemen administrasi karyawan dapat ditingkatkan untuk mendukung bisnis.

Tersedia berbagai pilihan Modul dan Fitur yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan perusahaan, seperti:

 

  • Organization Management
  • Personnel Administration
  • Recruitment
  • Payroll
  • Competency Management
  • Performance Management
  • Time Management
  • Reimbursement
  • Succession Management
  • Loan
  • Employee Self Services (ESS)
  • Learning and Development

 

 

software hris

 

 

Berbagai Modul dan Fitur tersebut pastinya akan membantu Anda dalam peningkatan kualitas SDM perusahaan jauh lebih optimal lagi. Sehingga, perusahaan tidak perlu mengeluarkan banyak biaya dalam menjalankan program-program tertentu. Segera gunakan Software HRIS LinovHR, sekarang!