perlindungan data pribadi

Perlindungan Data Pribadi Karyawan dan Privasi Perusahaan

Perusahaan memiliki banyak karyawan dan menyimpan data pribadi karyawan untuk mengelola administrasi dan karyawan itu sendiri. Di era modern yang serba instan membuat perusahaan beralih ke berbagai sistem yang berguna untuk mengotomatisasi proses informasi dan data.  Namun, perusahaan juga berperan sebagai pihak yang bertanggung jawab terhadap karyawan. Perusahaan harus memahami perlindungan data pribadi karyawan yang menyakut kepada privasi perusahaan keseluruhan.   

 

Apa itu Privasi Perusahaan? 

Setelah penjelasan di atas, tentunya banyak yang mulai memikirkan apa itu privasi perusahaan. Selama ini banyak orang yang mengira bahwa privasi perusahaan hanyalah seputar kerahasiaan proses bisnis dan produk dagang. Padahal tidak, privasi perusahaan adalah sebuah situasi dimana data dan informasi perusahaan atau organisasi terkait pihak internal seperti karyawan, proses bisnis, dan desain produk terlindungi dari gangguan atau campur tangan pihak tak berwenang di luar perusahaan. 

 

Baca Juga: Keamanan Informasi Karyawan dalam Aplikasi HRD

 

Perlindungan data pribadi karyawan dan menjaga hak privasi perusahaan client merupakan hal mutlak. Data dan informasi karyawan yang disimpan harus dipastikan keamanan dan kerahasiaannya, tidak hanya dari pihak luar yang menjamah, tetapi juga dari pihak internal perusahaan yang sengaja menyebarkan data pribadi karyawan untuk kepentingan tertentu. Seharusnya sebuah perusahaan hanya menggunakan data dan informasi karyawannya untuk kepentingan proses administrasi karyawan internal, bukan untuk kepentingan tertentu apalagi keuntungan pribadi. 

 

Mengapa Perlindungan Data Pribadi Karyawan Penting? 

Karyawan mempunyai berbagai macam data pribadi yang disimpan oleh perusahaan, mulai dari nomor rekening, alamat, rumah, slip gaji, jabatan, posisi, latar belakang pendidikan, dan lain-lani. Semua data tersebut digunakan perusahaan untuk mengelola karyawan dengan sistem teknologi agar lebih sejahtera, contohnya adalah payroll bulanan. Sayangnya penggunaan data pribadi karyawan tidak selalu aman begitu saja. Ada beberapa risiko terhadap data karyawan seperti pencurian, manipulasi, dan pemanfaatan data untuk kepentingan komersial. 

Bila data seorang karyawan jatuh ke tangan orang yang kurang tepat, perusahaan akan merugi pula. Contoh sederhananya seperti ini. Suatu hari, data KTP dan KK  karyawan A jatuh ke tangan yang salah. Oknum tak bertanggung jawab menggunakan data karyawan A untuk beberapa tindakan kriminal dan mengajukan pinjaman online. Otomatis secara tidak langsung pihak perusahaan tempat karyawan A juga akan tercemar citranya, karena pasti banyak pihak yang akan komplain kepada perusahaan.  Karyawan A kesulitan untuk berkonsentrasi selama bekerja karena harus bertanggung jawab atas suatu hal yang tidak diperbuat olehnya. Jika sudah begini, baik karyawan dan perusahaan sama-sama dirugikan, bukan? Maka dari itulah perusahaan harus memahami dan melindungi data pribadi karyawan sebagai bagian dari privasi perusahaan. 

 

Baca Juga: 6 Cara Memantau Kedisiplinan Karyawan Selama Work From Home

 

Berkaitan dengan hal tersebut, perusahaan juga harus mewaspadai pihak-pihak yang bekerja sama dengan perusahaan. Hal ini bukan tanpa alasan. Banyak pihak yang terlibat dalam sebuah perusahaan dan memiliki hak akses terhadap data karyawan, seperti vendor software HRD. Seperti yang diketahui, perusahaan mulai memilih software HRD dibandingkan cara pengelolaan SDM manual karena telah menyadari efisiensi dan kemudahan yang ditawarkan oleh software HRD. Pihak vendor yang mempunyai akses data karyawan juga harus menjaga data karyawan dan hanya menggunakan data karyawan untuk kepentingan proses perusahaan client serta tidak memberikannya kepada siapapun di luar itu. 

 

Perlindungan Data Pribadi Aman Tanpa Was-was dengan LinovHR 

Perkembangan teknologi dan industri bisnis menjadikan kumpulan data sebagai salah satu hal yang paling rentan disalahgunakan. Ada saja berbagai pihak yang sengaja memberikan data pribadi perusahan client yang mereka kelola guna kepentingan dan keuntungan pribadi. Hal ini sangat menyalahi kode etik bisnis. Karena inilah perusahaan dituntut harus lebih selektif untuk memilih vendor terpercaya dalam mendukung proses bisnis.  

LinovHR sebagai vendor software HRD terbaik yang telah berpengalaman menangani berbagai macam client sangat memahami hal ini. Cloud based server dengan sistem keamanan berlapis menjamin data yang tersimpan dalam software HRD terjamin aman dari tangan tak bertanggung jawab. Di samping itu, LinovHR menjamin bahwa semua data pribadi karyawan hanya digunakan untuk kepentingan pengelolaan karyawan perusahaan client dan tidak menggunakannya untuk kepentingan lain di luar itu.  Perlindungan data pribadi karyawan dan privasi perusahaan pun terlindungi dengan baik berkat LinovHR. 

 

performance review