Kepuasaan kerja

10 Pertanyaan Kepuasan Kerja yang Harus Ada di Survei Karyawan

Untuk mengadakan kegiatan survei, hal pertama yang harus dilakukan perusahaan adalah membuat pertanyaan kepuasan kerja karyawan. Survei karyawan sendiri adalah kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk mengukur tingkat kepuasan karyawan pada tempat mereka bekerja.

Pertanyaan yang harus ada dalam survei tersebut harus dibuat secara tepat agar perusahaan bisa mendapatkan hasil untuk menentukan langkah selanjutnya. 

 

Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Menyusun Pertanyaan Pada Survei Karyawan

Saat membuat daftar pertanyaan kepuasan kerja karyawan, setiap perusahaan akan membuatnya sesuai dengan tujuan dan kebutuhan. Maka dari itu daftar pertanyaan masing-masing perusahaan pastinya berbeda-beda.

 

 Berikut ini terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan:

Tentukan Tujuan Survei

Sebelum membuat pertanyaan, sangat penting bagi Anda untuk menentukan tujuan survei. Dari tujuan ini, Anda bisa menentukan untuk melihat kelemahan, masalah, atau peluang perbaikan dalam perusahaan Anda. Hal ini merupakan bagian penting untuk mengetahui fokus apa yang ingin Anda cari.

 

Ukur Indikator Tujuan Pertanyaan

Anda bisa mengukur tujuan pertanyaan Anda dengan menetapkan indikator yang tepat. Indikator tersebut dapat mengenai keterlibatan karyawan, komitmen, kepuasan, loyalitas, motivasi, atau kinerja. Anda bisa memilihnya untuk mengukur apa yang ingin Anda capai. Cara ini akan memungkinkan Anda untuk membuat evaluasi yang ditargetkan, dan mengatasi masalah yang belum Anda temukan.

 

Membuat Kerangka Kerja untuk Diikuti

Tentukan di mana, kapan, dan bagaimana Anda akan melakukan survei pertanyaan. Anda harus memperjelas apakah survei dilakukan secara offline atau online. Selain itu, tentukan grup fokus yang Anda targetkan dalam survei, dan tanggal pelaksanaan survei.

 

Baca Juga: Bagaimana Cara Mengelola Kompetensi Personal? 

 

10 Daftar Pertanyaan Kepuasan Kerja Karyawan

Di bawah ini terdapat beberapa contoh daftar pertanyaan kepuasan kerja karyawan yang bisa Anda gunakan untuk membuat survei karyawan.

 

1. Apakah Tujuan Karir Anda?

Pertanyaan ini untuk mencari tahu tujuan karir karyawan dan membantu dalam meningkatkan profesionalitas mereka.

 

2. Pada 2 bulan terakhir, apakah Anda pernah melakukan wawancara untuk pekerjaan lain?

Jika perusahaan Anda mengalami pengurangan karyawan, Anda bisa menggunakan pertanyaan ini untuk mendengarkan tanggapan karyawan mengenai lingkungan kerja serta mengetahui aspek apa yang membuat mereka berhenti dari pekerjaan.

 

3. Apakah Anda telah mencapai tujuan karir apa pun dalam enam bulan terakhir? Jika iya, tolong jelaskan

Cari tahu apakah karyawan Anda telah bekerja keras dan apakah mereka telah menerima pengakuan atas kinerja yang telah mereka lakukan. Pertanyaan ini akan memberitahu Anda jika mereka merasa stress dengan karir mereka. Jika iya, beri mereka pengakuan dan buat mereka merasa lebih bahagia di tempat kerja.

 

4. Apakah Anda ingin menerima pelatihan dari kami? Jika ya, sebutkan setidaknya tiga bidang dan jelaskan mengapa itu penting untuk karir Anda.

Karyawan pasti akan meningkatkan loyalitas pada perusahaan yang menjaga dan meningkatkan pertumbuhan mereka. Melalui pertanyaan ini, Anda bisa mencari tahu jenis pelatihan yang diinginkan dan dibutuhkan karyawan Anda.

 

5. Pada skala 1 sampai 10, seberapa tertantang Anda setiap hari di tempat kerja?

Ingatlah bahwa jika karyawan sudah merasa bosan, Anda bisa saja kehilangan mereka. Jadi perhatikan jawaban mereka dan cari tahu apakah Anda memberikan beban kerja yang cukup berat pada karyawan Anda.

 

6. Apa prestasi terakhir Anda di tempat kerja?

Jika seorang karyawan tidak memiliki prestasi untuk menjawab pertanyaan ini, Anda harus khawatir karena kemungkinan besar mereka tidak merasa bahagia di tempat kerja. Hal ini dapat diperbaiki dengan cara memberikan tantangan yang akan meningkatkan skill mereka.

 

Baca Juga: Cara Meningkatkan Prestasi Kerja untuk Karyawan

 

7. Pada skala 1 sampai 10, bagaimana Anda menilai keseimbangan kehidupan kerja Anda?

Keseimbangan kehidupan kerja berdampak besar pada loyalitas karyawan. Jadi cobalah untuk mendengarkan apa yang mereka katakan tentang hal ini untuk meningkatkan keseimbangan kehidupan kerja karyawan.

 

8. Apa yang memotivasi Anda untuk melampaui pekerjaan? Sebutkan tiga pemicu motivasi yang efektif untuk Anda.

Cari tahu apa yang benar-benar akan mendorong karyawan Anda untuk melakukan 110% dari upaya mereka sehingga Anda dapat mengetahui hal apa yang bisa membuat mereka tetap termotivasi. Jika Anda menemukan penurunan motivasi pada karyawan Anda, pertanyaan ini akan memberikan beberapa ide untuk mengembalikan motivasi dan semangat mereka.

 

9. Apakah menurut Anda perusahaan kami mendukung Anda dalam pengembangan profesional Anda? dan Mengapa?

Jika Anda belum cukup mampu dalam mendukung karyawan Anda, dengarkan mereka dan coba adakan program pelatihan untuk meningkatkan keterampilan mereka untuk mengubahnya menjadi karyawan yang berprestasi.

 

10. Apakah Anda merasa mengalami peningkatan secara profesional di perusahaan ini? (Ya / Tidak)

Karyawan ingin mengerjakan tugas yang bisa meningkatkan karir mereka. Sebagai manajer atau kepala divisi pastikan Anda tidak memaksa karyawan untuk mengambil langkah yang mereka tidak suka atau tidak searah dengan passion  mereka. 

Pertimbangkanlah untuk mendengarkan aspirasi karir mereka sebelum mencoba memindahkan seseorang ke peran lain yang mungkin tidak mereka inginkan.

 

Efektifkan Kegiatan Survei Karyawan dengan Fitur Engagement LinovHR

Pengadaan kegiatan survei akan berfungsi sebagai umpan balik karyawan atau mengetahui tanggapan karyawan mengenai perusahaan tempat mereka bekerja. Selain itu, survei juga digunakan sebagai acuan perusahaan untuk menciptakan lingkungan kerja yang lebih nyaman lagi.

Perusahaan dapat melakukan survei karyawan setiap sebulan sekali atau bahkan setahun sekali. Agar hal tersebut bisa dilakukan secara efektif, fitur Engagement dari Software HRD LinovHR adalah pilihan yang tepat.

Fitur Engagement ini memiliki fungsi untuk mengatur seluruh kegiatan survei untuk mengetahui sejauh mana keterlibatan karyawan dengan perusahaan. Perusahaan tentu saja harus melakukan kegiatan survei ini sesering mungkin untuk meningkatkan proses keterlibatan karyawan dengan perusahaan.

Itu tadi adalah pembahasan mengenai 10 pertanyaan kepuasan kerja yang harus ada dalam survei karyawan. Survei memiliki fungsi untuk mengamati perilaku karyawan serta mendapatkan feedback untuk kemajuan perusahaan. Agar kegiatan survei bisa dilakukan sesuai dengan rencana, segera hubungi tim layanan kami dan ajukan demo Software HRD LinovHR sekarang juga!