kompetensi personal

Mengelola Kompetensi Personal dalam Perusahaan ala LinovHR

Setiap kinerja dipengaruhi oleh kompetensi personal dari tiap-tiap karyawan. Kompetensi ini bisa berubah sewaktu-waktu. Ada masanya ketika karyawan mengalami penurunan kinerja akibat kompetensi yang sudah tak relevan dengan kebutuhan perusahaan. Alasan inilah yang mendasari sebuah perusahaan mengupayakan pengelolaan kompetensi yang kuat melalui divisi Human Resource Departement (HRD). 

LinovHR menyediakan Software HRD yang siap membantu perusahaan dalam mengelola Sumber Daya Manusia (SDM) melalui modul competency. Fitur-fitur canggih yang ada di dalam Software HRD dari LinovHR dapat mendukung manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) lebih efektif dan akurat. Seperti apa pembahasan lengkapnya? 

 

Mengenal Kompetensi Personal

Sebelum masuk pembahasan lebih lanjut, ada baiknya Anda memahami sekilas mengenai kompetensi personal dalam perusahaan. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kompetensi adalah kemampuan untuk menguasai serta menentukan sesuatu. Sementara personal adalah bersifat pribadi atau perorangan. Jadi, pengertian kompetensi personal adalah suatu kemampuan untuk menguasai suatu keterampilan secara individu.  

Kompetensi personal akan mempengaruhi kinerja karyawan. Misalkan, jika karyawan memiliki kompetensi yang baik dan mampu untuk menjaga kompetensi yang dimiliki, maka kinerja karyawan akan selalu produktif dan berjalan lancar. Namun, bila karyawan mempunyai kompetensi yang buruk dan tidak mampu mempertahankan kompetensi dengan baik, kinerja karyawan pun akan terhambat untuk mencapai tujuan perusahaan. 

HRD selaku divisi yang berwenang untuk mengelola SDM memainkan peranan besar dalam pengelolaan kompetensi karyawan. Berbagai program pelatihan, pengembangan, dan pembelajaran diselenggarakan semata-mata untuk membantu karyawan mengembangkan kompetensi lebih baik. Peranan aktif dan kemandirian karyawan pun juga berperan besar dalam kesuksesan pengembangan kompetensi. Jadi, dibutuhkan sinergi yang kokoh antara HRD dan karyawan untuk meningkatkan kompetensi personal. 

 

Mengelola Kompetensi Personal Bersama Software HRD dari LinovHR

Tugas HRD semakin kompleks dan rumit seiring dengan kemajuan dan tantangan dalam menjalankan  bisnis. HRD dituntut peka terhadap segala perubahan yang akan mempengaruhi kinerja karyawan, baik dari internal maupun eksternal perusahaan. Pengelolaan manual tidak lagi menjadi pilihan utama bagi HRD. Sebab, pengelolaan manual sangat tidak praktis dan memakan waktu lama. 

Cara mengelola kompetensi personal yang paling efektif adalah menggunakan modul competency di dalam Software HRD dari LinovHR. Bersama LinovHR, perusahaan dan HRD dapat memaksimalkan pengelolaan kompetensi karyawan. Apa saja yang dapat dilakukan oleh Software HRD dari LinovHR? 

 

Membuat Daftar Kompetensi

Kompetensi merujuk kepada sikap dan perilaku yang sudah ada dalam seseorang. Akan tetapi, kompetensi juga dapat dikembangkan melalui berbagai pelatihan dan pengembangan. Fitur competency list dapat membantu HRD untuk membuat daftar kompetensi yang dibutuhkan perusahaan untuk mendukung opera sional keseluruhan. 

 

Baca juga: Competency Assessment: Penilaian Kompetensi untuk Karyawan

 

Menambahkan Detail untuk Setiap Kompetensi

Setiap posisi mempunyai kompetensi yang berbeda. Fitur competency detail memudahkan HRD untuk menambahkan detail di setiap kompetensi yang diberlakukan pada setiap jabatan atau posisi. 

 

Mengelompokkan Kompetensi

Ada banyak sekali kompetensi dalam sebuah perusahaan. Fitur competency category dapat membantu HRD untuk mengelompokkan semua kompetensi berdasarkan core value perusahaan, tingkat manajerial, dan technical di setiap posisi. Sementara untuk mengelompokkan kompetensi melalui job role tertentu, HRD dapat memanfaatkan fitur competency model. 

 

Menyelenggarakan Assessment 

Competency assessment merupakan fitur yang dapat pendukung proses penilaian (assessment) kompetensi karyawan. Assessment competency terbagi menjadi assessment saat recruitment, assessment saat performance appraisal dan assessment oleh pihak ketiga atau eksternal perusahaan. Hasil dari assessment yang dilalui karyawan akan ditampilkan melalui fitur competency assessment. 

 

Melakukan Gap Skill Analysis

Gap skill analysis berguna untuk menganalisis kesenjangan kompetensi yang dibutuhkan perusahaan dengan kondisi karyawan terkini. Fitur gap analysis dapat membantu HRD untuk menganalisis kesenjangan kompetensi yang ada untuk menunjang efektifitas pengembangan kompetensi lebih lanjut. Sehingga semua program pelatihan dan pengembangan yang akan diselenggarakan lebih tepat guna dan tepat sasaran. 

LinovHR dipercaya banyak client dari berbagai industri karena telah berpengalaman dalam menyukseskan pengelolaan SDM. LinovHR juga menjamin kerahasiaan serta  keamanan informasi dan data karyawan yang digunakan dalam pengelolaan kompetensi personal. Percayakan pengelolaan kompetensi karyawan Anda bersama LinovHR! Dapatkan uji coba gratis dengan menghubungi LinovHR melalui tautan berikut ini!