prestasi kerja

Cara Meningkatkan Prestasi Kerja Karyawan

Tak bisa dipungkiri, hampir setiap orang ingin mencapai kesuksesan karier. Namun, untuk mencapainya tidak mudah. Perlu banyak pengorbanan dan usaha yang tiada henti. Salah satu usaha menuju kesuksesan adalah dengan meningkatkan prestasi kerja.

Berikut LinovHR sajikan cara beserta penjelasan untuk meningkatkan prestasi kerja.

 

7 Cara Meningkatkan Prestasi Kerja Karyawan

 

1. Kenali Passion Karyawan

Langkah pertama untuk meningkatkan kinerja adalah mengenal apa passion dan ketertarikan karyawan Anda.

Setelah mengidentifikasi apa disukai. Mulailah cari tahu apakah hal tersebut dapat mempengaruhi kinerja karyawan.

Apabila perusahaan membuka rekrutmen calon pegawai, maka fokuslah untuk mendapatkan karyawan dengan minat sesuai posisi tersebut.

Jika pegawai bekerja dalam bidang yang disuka, tentu akan lebih mudah untuk menghadapi segala rintangan dalam berkarier. 

Jika karyawan Anda senang beraktivitas di luar ruangan dan aktif mengikuti berbagai kegiatan, maka dapat mencari profesi kerja di lingkungan lapangan.

Namun, apabila pegawai Anda ada yang memiliki pribadi introvert dan kurang mampu berinteraksi dengan orang lain, maka profesi kerja di lingkup kantor akan lebih sesuai.

 

Baca juga: Tips Menemukan Passion dalam Bekerja 

 

2. Meningkatkan Kompetensi

Guna memperoleh prestasi kerja, tentu perlu adanya peningkatan kemampuan. Semakin para karyawan mahir dalam suatu keterampilan, potensi memperoleh prestasi dalam bekerja pun meningkat.

Tak hanya itu, pegawai tersebut pun bakal semakin dipercaya oleh rekan kantor untuk mengemban tanggung jawab yang lebih besar.

Kompetensi pegawai dapat ditingkatkan melalui seminar, pelatihan, kelas pengembangan diri, sertifikasi profesi, dan lain-lain. Bagi Anda yang hendak meningkatkan kemampuan, pun dapat berinisiatif untuk mempelajari skill tertentu secara otodidak melalui internet. 

 

3. Bangun Pola Pikir Positif di Lingkungan Kantor

Pola pikir karyawan turut menentukan kesuksesan perusahaan kedepannya. Jadi, mulai sekarang mulailah untuk membangun pikiran yang positif. Dalam bekerja, tentu para karyawan kerap menemukan berbagai kesulitan.

Namun, dengan melalui pemikiran positif, tentu selalu ada cara untuk menyelesaikan berbagai rintangan yang ada.

Pasalnya, semakin sering para karyawan Anda berhasil menghadapi tantangan, maka kian meningkat pula kemampuannya. Alhasil, pencapaian prestasi kerja bukanlah hal yang tidak mungkin untuk didapat.

 

4. Ciptakan Berbagai Rintangan untuk Karyawan

Pada dasarnya setiap orang tentu mendambakan lingkungan kerja yang nyaman. Namun, hal tersebut dapat menjadi pedang bermata dua untuk Anda.

Mengapa demikian? Situasi nyaman cenderung akan menghambat karyawan untuk berkembang, lantaran kurang akan adanya rintangan dalam bekerja.

Perlu diingat, orang yang mampu memperoleh prestasi kerja pasti melewati berbagai kesulitan dalam berkarier. Karena dalam kesulitan-kesulitan tersebut, seseorang akan terus belajar dan berkembang seiring berjalannya waktu. 

 

Baca juga: Bagaimana Cara Mengelola Kompetensi Personal dalam Perusahaan? 

 

5. Belajar dari Kesalahan Manajemen

Kesalahan manajemen adalah hal yang tak dapat dihindari oleh semua perusahaan. Namun, dari kesalahan tersebut, perusahaan Anda dapat memperoleh pelajaran yang berharga.

Cobalah untuk memahami, memperbaiki, dan mencoba lagi di kemudian hari. Semakin sering manajemen perusahaan belajar dari kesalahan, kian tinggi pula potensi untuk meraih kesuksesan di masa depan. 

 

6. Timbulkan Budaya Saing yang Sehat

Perusahaan Anda tentu memiliki target kerja yang perlu dicapai. Namun, untuk memenuhi hal tersebut, kerap terjadi persaingan kerja karyawan yang kurang baik. Tak jarang, para pegawai saling menjatuhkan antar satu sama lain.

Untuk mengatasi hal demikian, manajemen perusahaan perlu membangun budaya kerja secara sehat.

Hal ini dapat dilakukan dengan membuat prosedur dan kebijakan tertentu yang melarang adanya persaingan tidak sehat. Dengan demikian, para karyawan akan bekerja dengan cara yang lebih baik. 

 

7. Jangan Monoton dan Buatlah Rotasi Kerja 

Apabila ada karyawan dengan kinerja yang kurang memuaskan, manajemen dapat melakukan rotasi kepadanya.

Manajemen dapat melakukan program rotasi kerja untuk merangsang pertumbuhan atau perkembangan kompetensi, kemampuan, dan keterampilan karyawan.

Dengan demikian, prestasi kerja karyawan pu dapat meningkat dari waktu ke waktu.

 

Kelola Karyawan Perusahaan Anda dengan Software HRD LinovHR!

Sulit mengelola pekerjaan karyawan di perusahaan? Anda dapat mulai beralih menggunakan Software HRD dari LinovHR.

Dengan didukung oleh tim yang handal, segala kebutuhan pengelolaan perusahaan dapat dilakukan dengan lebih optimal dan maksimal.

Tak hanya itu, Anda pun dapat menentukan apa yang menjadi kebutuhan perusahaan sesuai dengan modul dari LinovHR.

Adapun modul dari LinovHR sebagai berikut.

  1. Organization Management
  2. Personnel Administration
  3. Recruitment
  4. Payroll
  5. Competency Management
  6. Performance Management
  7. Time Management
  8. Reimbursement
  9. Succession Management
  10. Loan
  11. Employee Self Service
  12. Learning and Development 

 

Ingin tahu lebih lanjut soal modul-modul di atas beserta ragam fiturnya? Segera hubungi tim LinovHR untuk meningkatkan prestasi kerja karyawan melalui kontak tautan berikut ini!

LinovHR.com/Contact-Us/