pic

PIC (Person In Charge): Tugas, dan Skill yang Dibutuhkan

Dalam dunia pekerjaan, ada banyak sekali istilah-istilah penting yang harus diketahui. Salah satu dari istilah tersebut adalah PIC. Siapa sebenarnya si PIC ini dan apa peranannya dalam perusahaan? Simak penjelasan berikut ini! 

 

Apa itu PIC (Person In Charge)?

PIC (Person in Charge) adalah seseorang yang memiliki tanggung jawab atas suatu proyek, acara, atau tugas tertentu dalam suatu perusahaan. PIC nantinya akan memantau, mengawasi, dan mengontrol jalannya suatu kegiatan sesuai dengan perencanaan.

Namun, PIC ini bukanlah seorang manajer atau supervisor. Seorang PIC ditunjuk oleh manajer perusahaan karena memiliki kemampuan yang baik dalam mengelola proyek dari mulai hingga selesai. Atas hal tersebut sifat kepemimpinan sangat dibutuhkan untuk memegang jabatan ini.

Setiap perusahaan tentu memiliki seorang PIC dengan tugas dan tanggung jawab yang berbeda-beda. Akan tetapi, hampir seluruh PIC pasti membuat laporan rutin untuk diberikan pada manajer perusahaan dalam melakukan pekerjaannya.

 

Kelola Berbagai Job Description disetiap Posisi dengan Software HRD LinovHR. Dengan LinovHR manajemen jobs setiap employee/karyawan, akan dengan mudah dilakukan.

Tidak hanya manajemen jobs. Dengan LinovHR manajemen payroll, performance,Recruitment, Competency, Time, Reimbursement, Succession, Employee Self Services (ESS), Learning and Development akan dapat dilakukan dengan sistematis dan lebih baik lagi.

Lihat apa yang dapat kami lakukan melalui tautan ini -> linovhr.com/feature

Atau Langsung undang kami untuk melakukan Demo Software HR lewat sini-> LinovHR.com/Demo-Software/

 

Tugas dan Wewenang PIC

Setiap pemegang jabatan di sebuah organisasi tentu punya peran masing-masing yang harus dilakukan sampai masa tanggung jawab habis atau proyek selesai. Berikut tugas dan wewenang seorang PIC.

 

  • Bertanggung Jawab atas Penyelenggaraan Suatu Kegiatan

Sukses atau tidaknya atas berjalannya suatu kegiatan atau proyek perusahaan menjadi tanggung jawab dari PIC. Apabila pemegang jabatan ini tidak mampu mengelola dan membagi tugas dengan baik, maka kegiatan tidak akan berjalan secara maksimal

 

  • Memberikan Saran, Ide, dan Kritik untuk Panitia Kegiatan

Posisi ini tentu punya daya analisis yang tinggi atas segala hal dalam suatu kegiatan. Untuk menyukseskan kegiatan, perlu akan adanya saran, ide, dan kritik untuk panitia.

PIC hadir sebagai salah satu pihak yang memberikan masukan untuk kelancaran proyek. Terlebih jika ada suatu kekurangan atau kendala. Dengan demikian, penyelenggaraan kegiatan bisa lebih baik ketika kembali dilaksanakan di masa datang.

 

  • Mencari Solusi Ketika Ada Masalah

Masalah selalu datang dalam segala jenis pekerjaan. Tak terkecuali dalam penyelenggaraan suatu proyek. Namun, hal ini dapat diatasi jika PIC mampu mencarikan solusi untuk menyelesaikan kendala tersebut. Maka pelaksanaan kegiatan perusahaan dapat berjalan lancar dan optimal serta mampu memenuhi target yang hendak dicapai.

 

  • Memberikan Dukungan Baik Dalam Bentuk Moral dan Material

Penyelenggaraan kegiatan tentu membutuhkan dukungan dari berbagai pihak. Salah satunya dari PIC(Person In Charge). Pemegang jabatan ini dapat memberikan suntikan berupa dukungan moral dan memberi penghargaan jika panitia kegiatan sukses menjalankan acara.

Contoh lainnya, apabila suatu kegiatan kekurangan modal, PIC dapat memberikan bantuan dana baik yang bersumber dari pribadi maupun sponsor. Masalah keuangan ini pun dapat dilaporkan pada manajer agar diberi anggaran lebih untuk melaksanakan acara.

 

Baca Juga: Sertifikasi Profesi atau S2, Mana yang Paling Tepat untuk Anda?

 

Skill yang Dibutuhkan Seorang PIC

Dibutuhkan skill penunjang yang andal agar dapat memenuhi harapan perusahaan. Ini dia beberapa skill atau kemampuan seorang PIC (Person In Charge).

 

  1. Perencana yang Baik

Kemampuan utama seorang penanggung jawab adalah perencanaan. Melalui rencana yang baik, kegiatan dapat berjalan dengan lancar dan sukses.

Namun, apabila penanggung jawab tidak mampu membuat rencana dengan baik dan jelas,jangan harap kegiatan dapat berlangsung dengan optimal. Dapat dipastikan pada saat acara terselenggara akan ditemui berbagai masalah bila perencanaannya kurang maksimal. .

 

Baca Juga: Siapa itu Personal Assistant? Kenali Tugas-tugasnya!

 

  • Komunikatif

Lantaran posisi ini memiliki peran dalam bertanggung jawab atas suatu kegiatan, maka dibutuhkan kemampuan komunikasi yang baik. Sehingga segala arahan dan perintah yang diminta kepada tim dapat dilaksanakan dengan baik. Hal ini dikarenakan setiap anggota tim lebih mudah dalam memahami dan menerapkan rencana dari PIC. tanpa kemampuan komunikasi yang baik, proses berjalannya suatu rencana atau proyek tidak akan berjalan lancar. 

 

  • Pemecahan Masalah

Penanggung jawab memiliki tugas untuk mencari solusi atas setiap masalah yang terjadi. Atas hal tersebut, dibutuhkan kemampuan yang baik dalam pemecahan masalah. Melalui kemampuan ini, Tugas ini dapat lebih mudah menyelesaikan masalah yang ada. Bahkan penanggung jawab pun harus mampu mengidentifikasi sumber dan melakukan pencegahan agar masalah tidak terjadi lagi di kemudian hari.

 

  • Pengambilan Keputusan

Kemampuan penting lain yang diperlukan oleh seorang penanggung jawab adalah pengambilan keputusan. Keberhasilan suatu kegiatan didasari dengan adanya keputusan yang jelas dan akurat. Di samping itu, pengambilan keputusan yang akurat dapat membantu mencapai target perusahaan dengan optimal. 

Akan tetapi, apabila PIC tidak mampu mengambil keputusan dengan baik, tentu akan mendatangkan berbagai masalah di masa mendatang.

payroll

 

 

PIC adalah orang non manajerial yang sanggup memimpin dan bertanggung jawab atas suatu proyek. Sebaiknya manajer memilih PIC atau penanggung jawab yang berkompeten. Pemilihan penanggung jawab ini juga dapat menjadi ajang latihan kepemimpinan bagi karyawan. Sekian penjelasan mengenai jabatan ini. Semoga informasi di atas dapat memberi wawasan yang lebih luas!