manajemen sdm internasional

Menyukseskan Manajemen SDM Internasional ala LinovHR

Manajemen SDM internasional banyak digunakan oleh perusahaan multinasional atau perusahaan yang hendak mengembangkan usaha ke dunia internasional. Istilah manajemen SDM internasional merujuk kepada implementasi aspek-aspek manajemen dalam ruang lingkup manajemen. 

Software HRD LinovHR dapat menjadi solusi untuk membantu dan memaksimalkan MSDM internasional. Dengan adanya berbagai modul dan fitur yang lengkap, seluruh urusan manajemen SDM karyawan baik dari lingkup nasional maupun internasional di perusahaan Anda dapat teratur dengan lebih optimal dan maksimal. 

Adapun rincian modul dari LinovHR yang mampu menyukseskan pengelolaan manajemen SDM internasional sebagai berikut: 

 

Payroll

payroll

Ketika perusahaan mempekerjakan karyawan asing, tentu upah yang diberikan akan berbentuk mata uang asing. Hal ini tentu akan merepotkan divisi payroll perusahaan dalam mengatur manajemen penggajian karyawan. Pasalnya, karyawan dalam negeri dan internasional memiliki metode pembayaran upah yang berbeda.

Modul Payroll dari Software HRD LinovHR hadir untuk memudahkan pembayaran payroll dalam aspek MSDM internasional. 

Modul payroll memiliki fitur Payroll Group yang dapat mengelola manajemen penggajian karyawan dengan cara mengelompokkan beberapa komponen, salah satunya currency atau mata uang. 

Dengan demikian, perusahaan Anda akan lebih efektif dan efisien dalam melakukan manajemen penggajian karyawan. Bahkan, dengan perbedaan mata uang sekalipun.

 

Organization Management

Organization Management merupakan modul dari LinovHR yang berfungsi untuk mengatur gambaran besar organisasi perusahaan serta elemen pendukungnya. 

Contohnya, seperti identitas organisasi, susunan jabatan, lokasi perusahaan, rincian job desc karyawan dan lainnya. Dalam modul organization management, terdapat fitur Location. Fitur ini berfungsi untuk mengatur manajemen perusahaan berdasarkan lingkup lokasi.

 

Personnel Administration

Demi menjaga keberlangsungan produktivitas dan alur kerja yang optimal, perusahaan perlu mengelola segala kebutuhan karyawan dengan efektif.

Modul Personnel Administration dari LinovHR mampu menampung semua detail informasi karyawan dan seluruh kebutuhannya dapat terkelola dengan lebih mudah dan akurat. Jika perusahaan Anda bergerak dalam lingkup internasional tentu akan memiliki banyak tenaga kerja asing.

Untuk memudahkan manajemen SDM internasional, Anda dapat memanfaatkan fitur Personal Details dari modul ini. Dengan fitur tersebut, Anda dapat memasukkan data masing-masing individu karyawan seperti negara asal, bahasa asing yang dikuasai, dan lainnya.

 

Recruitment

Perusahaan pasti membutuhkan tenaga kerja asing dari negara yang akan dituju saat hendak melebarkan sayap di kancah internasional. 

Modul Recruitment dari LinovHR dapat digunakan untuk mempercepat dan memudahkan rekrutmen dalam skala besar. 

Salah satu fitur unggul dalam modul Recruitment  adalah fitur Career Website. Perusahaan Anda akan otomatis mendapatkan laman kariernya tersendiri. Jadi, apabila Anda dapat membuka lowongan kerja untuk tenaga kerja asing akan lebih mudah karena informasi mengenai lowongan tersebut dapat diakses seluruh dunia. 

 

Competency Management

Ketika organisasi Anda memiliki banyak cabang perusahaan, tentu akan sulit untuk mengelompokkan masing-masing kompetensi karyawan. Terlebih, ketika cabang perusahaan tersebut berada di negara-negara yang berbeda antara satu sama lain.

Modul Competency Management dari LinovHR dapat mengatasi masalah tersebut dengan lebih mudah. Hal tersebut karena dalam modul ini memiliki fitur Competency Category. 

Di dalam fitur Competency Category, nantinya perusahaan Anda dapat mengelompokkan berbagai kompetensi karyawan ke dalam berbagai kategori yang dibutuhkan. Dengan demikian, manajemen SDM internasional perusahaan dapat dikelola lebih optimal.

 

Baca Juga: Mengenal Competency Management System Online dari LinovHR

 

Performance Management

performance

Guna menjaga produktivitas, perusahaan perlu melakukan penilaian kinerja karyawan secara berkala. Khususnya jika perusahaan menggunakan manajemen SDM internasional. Walau begitu, sulit bagi perusahaan dalam mengadakan penilaian untuk banyak karyawan.  

Masalah tersebut dapat diatasi dengan lebih mudah dengan Modul Performance Management dari LinovHR. 

Dengan fitur Goals & KPI, organisasi induk dapat menentukan target pencapaian untuk masing-masing cabang perusahaan yang tersebar dalam skala internasional. Alhasil, alur kerja dan target kinerja dapat tercapai.

 

Time Management

Mengatur jadwal kerja karyawan dalam manajemen SDM internasional tidak mudah, terlebih jika perusahaan Anda memiliki banyak cabang yang tersebar di banyak negara. Agar agenda jadwal karyawan tidak bentrok antar satu cabang perusahaan dan lainnya, dapat menggunakan Modul Time Management.

Ada banyak fitur dalam modul Time Management.

Contohnya adalah fitur Calender yang dapat mengatur segala agenda karyawan dalam satu kesatuan. Agenda jadwal kerja antar perusahaan dapat terkelola dengan lebih baik dan teratur.

 

Reimbursement

Setiap karyawan yang mengeluarkan biaya operasional dari dana pribadi berhak mengajukan reimbursement atau penggantian biaya dari perusahaan. Karyawan perusahaan multinasional biasanya akan mengajukan reimbursement untuk perjalanan bisnis internasional. 

Pengelolaan pengajuan reimburse dari karyawan dalam manajemen SDM internasional dapat diatur dalam modul reimbursement dari Software LinovHR. Segala pengeluaran biaya perusahaan yang berkaitan dengan reimbursement akan lebih terkelola secara lebih tepat.

 

Succession Management

Sebuah perusahaan tentu tak bisa berada dibawah kepemimpinan orang yang sama terus-menerus. Pasti akan datang masanya, seorang pemimpin akan pensiun. Untuk mempersiapkan hal tersebut butuh suatu proses regenerasi pemimpin. 

Modul Succession Management dari LinovHR akan membantu manajemen perusahaan mengukur potensi karyawan yang akan dipersiapkan sebagai calon-calon pemimpin perusahaan di masa mendatang.

Bahkan, Anda pun dapat mengelola manajemen regenerasi kepemimpinan pada perusahaan yang memiliki banyak cabang di lingkup internasional. Saat ada alih kepemimpinan, perusahaan dapat terus berjalan sesuai visi dan misi awal.

 

Baca Juga: Menerapkan Kaderisasi dalam Perusahaan

 

Loan

Bila organisasi Anda memiliki kebijakan pinjaman untuk para karyawan, pasti membutuhkan manajemen pengelolaan finansial yang baik. 

Pengelolaan pinjaman secara manual tertentu akan memakan waktu yang cukup banyak. Dalam modul ini, nantinya perusahaan Anda dapat mengatur skema cicilan pembayaran, dan bunga.

 

Employee Self Services

mobile ess

Employee Self Services (ESS) adalah modul yang dapat memberikan kesempatan karyawan untuk mengakses informasi dirinya dalam database perusahaan. Karyawan pun dapat mengajukan hak cuti, lembur, dan sakit via modul ESS. 

Maka, kemungkinan adanya bias informasi dapat diminimalisir. Modul ini akan sangat berguna untuk perusahaan yang memiliki kapasitas karyawan dalam jumlah besar.

 

Learning and Development

Demi meningkatkan produktivitas dan memaksimalkan manajemen SDM internasional, perusahaan perlu mengadakan berbagai program pelatihan dan pengembangan untuk memenuhi tantangan bisnis. Hal ini sangat penting mengingat semakin besar skala perusahaan, semakin besar inovasi dan gagasan yang harus dikembangkan. 

Modul Learning and Development berperan sebagai wadah yang akan mengelola program pelatihan dengan lebih mudah dan tepat, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi. 

Sehingga baik karyawan dalam negeri maupun lingkup internasional akan memperoleh kesempatan yang sama untuk mendapat pelatihan.

 

Implementasi Software HRD dari LinovHR dapat memaksimalkan pengelolaan SDM dengan holistik. Penasaran dengan modul dalam Software HRD LinovHR lebih lanjut? Hubungi kami sekarang juga untuk mengajukan demo Software HRD dari LinovHR!