Jurusan IT

Menelisik Prospek Kerja Jurusan IT di Indonesia

Salah satu jurusan yang paling jadi favorit di berbagai universitas adalah jurusan IT. Jurusan yang berhubungan langsung dengan teknologi serta perkembangan kecanggihannya ini termasuk dalam daftar jurusan paling bergengsi untuk bidang IPA. Biasanya pula, jurusan ini menjadi incaran generasi milenial, generasi z, hingga generasi alpha. 

 

Perkembangan IT di Indonesia

Peranan IT dalam kehidupan manusia sudah semakin penting, maka seiring dengan perkembangannya, kemajuan teknologi di Indonesia pun juga sangat dipengaruhi oleh kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk pemahaman teknologi informasi, seperti perangkat lunak, perangkat keras, komputer sistem jaringan, dan sistem telekomunikasi. 

Berikut kronologi prediksi perkembangan IT di Indonesia dari waktu ke waktu.

 

1. Teknologi Informasi Generasi Awal

Cara komunikasi menggunakan surat telah berlangsung sejak lama, hingga teknologi informasi di Indonesia mulai mengalami perkembangan pada 23 Oktober 1855 saat pemerintah Hindia Belanda membuka saluran telegraf pertama di Indonesia. Telegraf mulai banyak digunakan di Indonesia sejak saat itu.

Jaringan telepon lokal pertama kali digunakan di Indonesia oleh pihak swasta yang mendapat izin konsesi selama 25 tahun pada 16 Oktober 1882, hingga mulai bermunculannya perusahaan-perusahaan jaringan telepon di Indonesia di kota-kota besar.

Pemerintah memonopoli serta mengambil alih semua perusahaan jaringan telepon kecuali jaringan telepon di tahun 1906. Lalu, perusahaan telekomunikasi berhasil menyelesaikan pembangunan jaringan telekomunikasi Nusantara pada tahun 1967.

Indonesia lalu meluncurkan satelit palapa pada tanggal 9 Juli 1976, dan mulai ada babak baru perkembangan teknologi informasi di Indonesia yang bergerak sangat cepat dan pesat sejak diluncurkannya satelit ini.

Hingga pada akhirnya, Indonesia pun mengenali internet pada tahun 1990-an dengan pengguna internet pertama di Indonesia pada tahun 1988 menggunakan CIX dan Compuserve dalam mengakses internet yang semakin sering digunakan berkembang dengan pesat.

 

2. Teknologi Informasi Masa Kini

Memasuki era globalisasi dengan perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat saat ini, informasi dari berbagai belahan dunia sudah dapat diakses dengan cepat dan mudah dimanapun dan kapanpun.

Fasilitas internet sudah mengubah pola pikir dan kebiasaan masyarakat menjadi semakin praktis dan modern karena semakin mudah diakses. Pengguna internet di Indonesia dapat mengakses internet melalui PC atau laptopnya di rumah, dengan memanfaatkan fasilitas hotspot, atau bahkan dengan menggunakan ponsel seluler di genggaman.

Selain itu, internet saat ini juga telah dimanfaatkan sebagai media pembelajaran, bisnis, kemiliteran, dan berbagai bidang lain. Salah satunya pemerintah Indonesia yang telah menjadikan internet sebagai bagian penting dalam berbagai bidang untuk satu langkah maju dan berkembang pada masa yang akan datang.

 

3. Teknologi Informasi Masa Mendatang        

Berbagai prediksi tentang perkembangan teknologi semakin banyak diutarakan melihat dari perkembangan teknologi  informasi saat ini, dan tentu saja ada berbagai faktor yang akan mempengaruhi perkembangan teknologi informasi tersebut, baik mendukung maupun menghambat, seperti kemampuan keuangan pemerintah dan jangkauan daerah pelosok akan sangat berpengaruh terhadap perkembangan teknologi informasi.

Banyak tokoh-tokoh pada masa lalu yang telah memprediksi tentang perkembangan teknologi informasi, dan yang pasti, teknologi informasi masih akan menjadi bagian penting dalam kehidupan manusia akan terus berkembang meski apapun yang akan terjadi di Indonesia, dan di seluruh penjuru dunia.

 

Daftar Universitas Penyedia Jurusan IT Terbaik

Universitas jurusan IT di Indonesia pun sudah banyak, dan sangat disarankan untuk memiliki pemahaman dan kemampuan matematika serta fisika bila Anda ingin berkuliah di jurusan ini.

Selain itu, interaksi dan kedekatan dengan teknologi komputer maupun internet akan membantu memudahkan peminat untuk berkuliah di jurusan ini.

Jika Anda ingin berkuliah dengan jurusan IT, pastikan Anda telah memilih universitas terbaik yang menyediakan jurusan IT. Adapun jurusan yang dapat menjadi bahan rekomendasi Anda.

 

  1. Universitas Hasanuddin
  2. Universitas Bina Nusantara
  3. Universitas Telkom
  4. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)
  5. Institut Teknologi Bandung (ITB)
  6. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)
  7. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (UIN Sunan Kalijaga)
  8. Universitas Esa Unggul
  9. Universitas Gunadarma
  10. Universitas Islam Indonesia
  11. Universitas Kristen Petra
  12. Universitas Indonesia 
  13. Universitas Tarumanagara
  14. Universitas Komputer Indonesia
  15.  Universitas Multimedia Nusantara

 

Baca Juga: Manfaat dan Pentingnya Implementasi Literasi Digital untuk Bisnis

 

Prospek Kerja atau Karir Jurusan IT di Indonesia

Berikut beberapa pilihan prospek kerja di jurusan IT yang sedang berkembang dan bisa menjadi pertimbangan jika Anda mendalami bidang teknologi informasi atau berkuliah di  jurusan tersebut.

 

1. IT Support

Karyawan maupun siapa saja yang terkait dengan bisnis perusahaan pasti mengoperasikan komputer di hampir semua industri. Karenanya, seorang IT support bertugas memastikan bahwa semua sistem berjalan dengan baik, dan bertanggung jawab memelihara semua perangkat yang ada agar dapat berfungsi dengan baik. 

Mahir mengoperasikan perangkat lunak, perangkat keras, dan sistem jaringan serta melakukan proses perbaikan jika terdapat kerusakan merupakan kemampuan yang dibutuhkan untuk menjadi IT support.

 

2. Android Developer

Profesi yang bertanggung jawab atas pengembangan aplikasi yang digunakan di sistem Android merupakan tugas dari Android developer, terlebih lagi karena di Indonesia Android menjadi salah satu sistem operasi yang  banyak digunakan hingga membuat aplikasi Android tinggi permintaan.

Skil yang dibutuhkan adalah skill mengoperasikan bahasa pemrograman Java, Kotlin, desain dan membangun infrastruktur aplikasi, mengolah database, serta memahami Software Development Kits (SDK) Android dan eXtensible Markup Language XML. 

 

3. Business Analyst

Melakukan analisis data terkait perkembangan teknologi saat ini dan mengaitkannya ke dalam perspektif bisnis merupakan tanggung jawab seorang business analyst, agar sebuah perusahaan bersaing dengan memanfaatkan perkembangan teknologi, khususnya database manager.

Skill yang dibutuhkan meliputi mengumpulkan, mengolah, menganalisis, dan mempresentasikan semua data yang terkumpul. 

 

4. Web Designer

web desainer propek kerja it
Prospek kerja IT menjadi Web Desainer

Halaman pada website adalah tanggung jawab seorang web designer. Dengan kemampuan pemrograman dan pemahaman design yang mumpuni, seorang web designer akan mengolah dan mendesain berbagai komponen dalam website seperti gambar dan file flash  dalam halaman web agar website mudah dipahami dan digunakan oleh target audiens perusahaan.

 

5. Mobile Application Developer

Rasanya hampir semua orang kini memiliki smartphone. Oleh karena itu, profesi mobile application developer pun juga naik daun. Para mobile application developer akan merancang macam-macam aplikasi yang akan memudahkan kehidupan pengguna smartphone sesuai sistem operasi yang tertanam di smartphone. 

 

Kesimpulan

Peranan IT dalam berbagai hal sudah dapat dirasakan bersama. Selain itu, dengan adanya perkembangan IT yang begitu pesat, harus pula diimbangi dengan kesadaran untuk menggunakan IT untuk kepentingan yang positif, seperti transportasi, pendidikan, perekonomian, bahkan menambah teman melalui jejaring sosial, hingga berkomunikasi dengan sangat mudah dan cepat. 

Semoga uraian tentang serba-serbi serta prospek kerja jurusan IT di Indonesia beserta kronologi perkembangannya dapat menambah wawasan Anda!