prospek kerja jurusan sistem informasi

10 Prospek Kerja Jurusan Sistem Informasi yang Menjanjikan!

Seringkali orang-orang merasa bingung untuk memilih jurusan ketika hendak melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, seperti kuliah.

Kebingungan tersebut, bisa didasari oleh beberapa faktor, salah satunya kurang pengetahuan akan jurusan tersebut dan juga prospek karirnya.

Salah satu jurusan di dalam perkuliahan yang sampai saat ini banyak membuat orang bingung yaitu jurusan sistem informasi. Jurusan ini seringkali dikaitkan atau disamakan dengan jurusan IT (Information Technology).

Untuk itu, dalam pembahasan ini LinovHR akan menjabarkan secara luas mengenai prospek kerja jurusan sistem informasi. Kira-kira bisa jadi apa saja orang-orang yang masuk ke dalam bidang ini.

Simak daftar lengkapnya di bawah ini!

 

Mengenal Jurusan Sistem Informasi

Secara garis besar, jurusan sistem informasi adalah sebuah bidang ilmu yang mempelajari gabungan antara ilmu komputer, ekonomi manajemen, dan juga bisnis.

Fokus utama yang dipelajari dari jurusan ini yaitu pada software (perangkat lunak) yang berhubungan dengan penerapan bisnis di dalam perusahaan.

Selain mempelajari ilmu-ilmu yang berhubungan dengan programming, Anda juga akan mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan proses bisnis di sebuah perusahaan.

Beberapa mata kuliah yang akan Anda pelajari dalam jurusan ini, yakni:

  • Bahasa Pemrograman.
  • Sistem dan Teknologi Informasi.
  • Perencanaan Sumber Daya Perusahaan.
  • Manajemen Risiko Teknologi Informasi.
  • Analisis dan Desain Perangkat Lunak.

 

Baca juga: Bagaimana Prospek Kerja Jurusan Ilmu Komunikasi? Ini 7 Pilihannya

 

10 Prospek Kerja Jurusan Sistem Informasi

Setelah mengetahui apa itu jurusan sistem informasi dan juga apa yang dipelajari, berikut ini adalah 10 list pekerjaan jurusan sistem informasi yang ada di dalam dunia kerja saat ini.

 

  1. Application Engineer

Prospek kerja yang pertama yaitu menjadi seorang insinyur aplikasi.

Tugas utama seorang insinyur aplikasi yaitu melakukan perancangan, pengembangan, dan juga pengujian aplikasi atau software. Secara sederhana Anda akan bertugas untuk melakukan pengujian pada aplikasi, lalu melakukan evaluasi, dan merespon feedback yang diberikan oleh user atau pelanggan Anda.

 

  1. System Analyst

Seorang sistem analis bertugas untuk mencari sebuah solusi di dalam teknologi informasi.

Anda bertanggung jawab untuk merubah atau memperbaiki sistem yang ada dan melakukan pengintegrasian dengan fitur-fitur baru untuk meningkatkan produktivitas dan juga efisiensi dari sebuah bisnis.

Hal-hal tersebut berkaitan dengan kegiatan pengaturan, pengujian, dan juga implementasi dalam pengembangan produk di dalam sebuah sistem.

 

  1. Software Developer

Melakukan pembuatan, pengujian, dan pengembangan program atau software merupakan salah satu tugas dari seorang software developer.

Software yang dimaksud bisa meliputi sistem operasi (OS), network distribution, dan juga software compiler yang berguna untuk merubah program untuk dijalankan di sebuah komputer. Selain itu, melakukan analisa, merancang, dan menemukan solusi dari sebuah software yang ada, juga termasuk dalam pekerjaan seorang software developer.

 

  1. Database Administrator

Sesuai dengan namanya, pekerjaan ini berhubungan dengan data-data yang ada di sebuah perusahaan maupun bisnis.

Seorang database administrator bertugas untuk melakukan penyusunan data tertentu untuk memudahkan klien atau user dalam mengakses data tersebut. Anda juga bertugas untuk melakukan pengaturan database, agar bisa berjalan dengan baik dan akurat.

Dalam melakukan pekerjaan ini, Anda harus menguasai prinsip desain database dan juga familiar dengan data manipulation.

 

  1. Research And Development

Pekerjaan satu ini mungkin sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Nyatanya seorang lulusan sistem informasi bisa bekerja menjadi seorang Research and Development (RnD).

Tugas seorang RnD yaitu melakukan penelitian dan pengembangan mengenai suatu produk. Selain itu, RnD juga bertugas untuk melakukan pengembangan produk baru yang nantinya bisa berguna bagi kehidupan banyak orang.

Hal-hal tersebut harus melalui serangkaian proses seperti, melakukan penelitian, pemantauan, evaluasi, hingga pelaporan penelitian.

 

  1. Data Scientist

Prospek karir selanjutnya yaitu menjadi seorang data scientist. Pekerjaan ini cocok untuk orang-orang yang menyukai dan bisa membaca data dengan baik dan akurat.

Tugas utama seorang data scientist yaitu melakukan pengolahan data mentah menjadi sebuah data atau informasi yang memiliki nilai dan berguna bagi sebuah perusahaan maupun bisnis.

 

  1. Business Analyst

Tugas seorang business analyst sangat dibutuhkan oleh perusahaan dan memegang peran yang vital.

Seorang business analyst bertugas untuk melakukan analisis secara mendalam mengenai sebuah kegiatan bisnis untuk mampu mencapai target dari bisnis tersebut.

Secara sederhana, pekerjaan ini bisa dilakukan untuk menemukan masalah dan menemukan solusi dari masalah tersebut, untuk membuat bisnis atau perusahaan yang ada menjadi lebih efektif dan efisien.

 

  1. Network Administrator

Prospek kerja selanjutnya yaitu menjadi seorang network administrator. Tugas utamanya yaitu melakukan pengawasan mengenai sistem komunikasi yang ada di sebuah perusahaan.

Selain itu, seorang network admin bertugas untuk melakukan analisis dan pemantauan keamanan server untuk mencegah dari berbagai macam threat atau ancaman yang terjadi kepada perusahaan.

 

  1. Information Security Analyst

Sesuai dengan namanya, pekerjaan satu ini berhubungan dengan keamanan di dalam sebuah perusahaan atau bisnis.

Tugas utamanya yaitu melakukan pengamanan teknologi yang berguna untuk melindungi fasilitas teknologi informasi yang ada di sebuah perusahaan untuk terhindar dari ancaman yang berbahaya. 

Hal-hal yang mencangkup pekerjaan ini yaitu melakukan pengamanan jaringan komputer, data di sebuah sistem, hingga software-software yang ada di sebuah perusahaan.

 

  1. Dosen 

Prospek kerja yang terakhir yaitu menjadi seorang dosen atau pengajar. Bagi Anda yang suka sekali untuk memberikan ilmu yang Anda punya, menjadi seorang dosen bisa menjadi pertimbangan karir Anda selanjutnya.

Menjadi seorang dosen Sistem Informasi akan membantu para generasi baru untuk memahami dan menjadi ahli di dalam sistem informasi. Yang mana saat ini sudah menjadi pekerjaan yang cukup vital bagi perkembangan teknologi dan juga dunia.

 

Baca juga: 15 Rekomendasi Jurusan Kuliah untuk Anak IPA

 

Demikianlah pembahasan mendalam mengenai daftar prospek kerja jurusan sistem informasi yang ada di dunia saat ini. Semoga setelah membaca artikel ini, Anda memiliki pengetahuan dan juga gambaran jelas mengenai jurusan sistem informasi ini.

Semoga bermanfaat!