Jurusan Multimedia

Menjanjikan! Ini 7 Prospek Kerja Jurusan Multimedia

Seiring berjalannya teknologi, media kini merupakan hal yang hadir dalam berbagai bentuk. Mulai dari media cetak hingga digital. Maka dari itu, lulusan dari jurusan multimedia kini banyak dibutuhkan oleh perusahaan untuk menangani hal-hal seputar media sehingga daya saingnya pun sangat tinggi.

Namun, apa yang dimaksud dengan jurusan multimedia itu sendiri dan prospek kerja seperti apa bagi para lulusannya?

 

Mengenal Jurusan Multimedia

Jurusan multimedia adalah sebuah program studi yang fokusnya berkaitan pada bidang penggunaan berbagai media untuk menyampaikan sebuah informasi ke khalayak publik, seperti media digital maupun cetak. Program studi ini banyak ditemui di sekolah menengah kejuruan maupun universitas. 

Biasanya jurusan ini mendorong muridnya untuk memiliki keahlian dalam hal penggunaan teknologi multimedia yang menggabungkan teknologi komputer dengan video atau audio untuk mendapatkan hasil yang menarik dan juga interaktif. Dengan mempelajari hal-hal ini, mengenal perangkat lunak seperti software grafi, editing foto, video maupun audio juga sangat patut untuk dipelajari. 

Tidak hanya itu, jurusan kuliah multimedia juga menuntut para murid atau mahasiswanya untuk mempelajari materi yang beragam seperti perfilman, jurnalisme, penyiaran hingga animasi komputer, pembuatan website, hingga konten-konten lainnya yang berhubungan dengan media.

 

Keuntungan Mengambil Jurusan Multimedia

Dengan banyaknya hal-hal yang didapat dari jurusan yang satu ini, pastinya banyak juga keuntungan yang bisa didapat. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

 

  1. Dapat mendalami pengetahuan mengenai ilmu komputer
  2. Mahir dalam menggunakan atau mengoperasikan perangkat lunak komputer
  3. Memiliki kemampuan untuk membuat sebuah karya yang profesional dalam bentuk yang beragam
  4. Menjadi terbiasa dalam hal penciptaan dan pengembangan ide seputar hal media
  5. Mampu melakukan berbagai hal yang berhubungan dengan media
  6. Kemampuan yang sangat diminati oleh banyak perusahaan
  7. Memiliki jenjang karir yang menjanjikan

 

Baca Juga: Ingin Menjadi Desain Grafis Profesional? Ikuti Tips di Bawah Ini!

 

Peluang Kerja Jurusan Multimedia

Seperti yang dijelaskan sebelumnya mengenai keuntungan dari mengambil jurusan multimedia salah satunya adalah memiliki jenjang karir yang menjanjikan karena kemampuan dari lulusan jurusan ini sangat amat diminati oleh banyak perusahaan. 

Hal ini dikarenakan kemajuan dunia teknologi yang mendorong perusahaan untuk terus bersaing dalam hal media digital. Maka dari itu, berikut ini adalah beberapapekerjaan jurusan multimedia: 

 

Desainer Grafis

Desainer grafis atau graphic designer memiliki tanggung jawab dalam pembuatan desain untuk keperluan publikasi, baik itu media cetak maupun digital. Seorang desainer grafis bisa juga bertanggung jawab untuk mendesain kemasan suatu produk ataupun memberikan identitas visual sebuah produk untuk branding perusahaan. 

Posisi graphic designer sangat amat dibutuhkan oleh banyak perusahaan sehingga peluang kerjanya cukup besar bagi para lulusan multimedia yang memang memiliki kemampuan dalam bidang graphic design

 

Illustrator atau Animator

Prospek karir selanjutnya yang bisa didapatkan oleh para lulusan multimedia adalah ilustrator atau animator yang pada dasarnya membutuhkan kemampuan untuk berimajinasi yang tinggi. Seorang illustrator biasanya menggabungkan seni, desain dan juga kreativitas dalam menghasilkan visual untuk produk dan juga media perusahaan. 

Para illustrator juga sangat dibutuhkan di berbagai perusahaan karena dipercaya bahwa setiap animator atau illustrator memiliki ciri khasnya sendiri yang dapat memberikan identitas tersendiri kepada perusahaan dimana ia bekerja.

 

Game Modeler atau Designer

Untuk lulusan multimedia, prospek selanjutnya yang bisa didapat adalah menjadi seorang game modeler atau designer. Biasanya posisi pekerjaan ini mengharuskan pekerjanya untuk memiliki latar belakang multimedia.

Adapun ruang lingkup pekerjaannya adalah setting, cerita, karakter hingga hal-hal lainnya yang bersangkutan dengan pembuatan model game.

 

Content Creator

Dengan melebarnya dan meningkatnya teknologi pada masa kini, penyebaran informasi pun juga kini mulai merambat melalui media digital. Content creator ini merupakan salah satu prospek kerja yang sangat baik dan juga mudah untuk didapatkan oleh para lulusan multimedia. 

Content creator sangat amat dibutuhkan oleh perusahaan karena posisi ini dapat menyampaikan informasi terkait bisnis dengan cara yang menyenangkan dan juga mudah dipahami oleh masyarakat.

 

Baca Juga: Berapa Gaji Youtuber? Berikut Perhitungan Penghasilan atau Gaji Youtuber

 

Video editor

Karena seorang lulusan multimedia memiliki kemampuan untuk mengoperasikan berbagai perangkat lunak yang berhubungan dengan konten media, sudah dipastikan bahwa mengoperasikan perangkat lunak yang berhubungan dengan video pun juga termasuk. 

Maka dari itu, prospek kerja selanjutnya yang dimiliki oleh seorang lulusan multimedia adalah video editor. Posisi ini biasa dibutuhkan oleh perusahaan media ataupun film.

 

Web designer

Web designer memiliki tugas untuk mendesain atau merancang tampilan web dengan konten yang ciamik sehingga website tersebut sangat menarik untuk dilihat oleh setiap pengunjung. Web desainer ini sudah dipastikan sangat dibutuhkan oleh banyak perusahaan karena kini semua perusahaan sudah dipastikan memiliki website yang harus didesain dan juga dikelola secara berkala untuk mengikuti perkembangan zaman.

 

Fotografer

Fotografer memiliki tugas untuk menciptakan foto yang bagus dan juga memiliki nilai estetika yang tinggi sehingga hasilnya pun dapat dipublikasikan untuk hal-hal tertentu. Jasa fotografer kini sering dibutuhkan oleh berbagai kegiatan maupun perusahaan.

 

Mengatur dan Mengelola Jobdesk dengan HRIS LinovHR

software hris

Dengan banyaknya posisi atau jobdesk yang dibutuhkan oleh perusahaan, baik itu yang berasal dari lulusan jurusan multimedia maupun bukan, hal ini tentunya sangat memusingkan untuk para HR mengelolanya dalam jangka waktu tertentu.

LinovHR menawarkan perangkat lunak untuk mempermudah pekerjaan HR dalam hal mengelola karyawan, mulai dari jobdesk hingga penggajian atau payroll. Sudah dipastikan, dengan adanya software HRIS ini, pengelolaan karyawan pun akan lebih mudah dan juga efisien karena banyak fitur yang dapat meringkas waktu para HR. 

Di sisi lain, penggunaan software yang memiliki banyak fitur dan keuntungan ini pun juga sudah terjamin keamanannya sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi untuk mengalami kebocoran data baik internal maupun eksternal. 

Yuk, nikmati kemudahan dan kepraktisan berteknologi bersama LinovHR!