Categories: Berita

10 Prospek Kerja Lulusan DKV, Salah Satunya Banyak Diminati!

Apakah Anda suka melihat gambar, animasi, atau ilustrasi yang menarik? Jika iya, Anda berarti senang menikmati hasil pekerjaan desain grafis. Nah, dalam desain grafis, terbagi dalam berbagai macam ilmu turunan, salah satunya, yaitu DKV.

DKV (Desain Komunikasi Visual) adalah suatu ilmu yang mempelajari cara penyampaian informasi dengan cara visual atau dapat dilihat langsung dengan indera penglihatan. Saat ini sudah banyak perguruan tinggi yang menyediakan jenjang pendidikan ini.

10 Prospek Kerja untuk Jurusan DKV

Syarat utama masuk jurusan DKV, umumnya memiliki kemampuan menggambar dengan baik serta sensitifitas seni yang tinggi.

Namun, bagaimana dengan prospek kerja dari jurusan ini? Berikut rincian 10 prospek kerja untuk jurusan DKV.

1. Graphic Designer

Di era milenial seperti sekarang, hampir berbagai perusahaan berlomba-lomba memasarkan produknya secara kreatif.

Hal ini dilakukan guna menjangkau pasar kawula muda. Prospek kerja ini menjadi paling diminati para lulusan DKV karena memiliki lapangan kerja yang luas.

Nah, teknik pemasaran perusahaan dapat dilakukan dengan berbagai hal, seperti melalui web, poster, sosial media, dan lainnya. Namun, untuk mengoptimalkan pemasaran tersebut, perlu akan adanya seorang desainer grafis.

Nantinya, desainer grafis akan membuat berbagai ilustrasi yang menggambarkan deskripsi produk.

Baca juga: Apa yang dimaksud dengan HAKI?

2. Animator

Prospek kerja lulusan DKV selanjutnya ialah animator. Apakah Anda suka menonton siaran animasi? Nah, profesi animator inilah yang berperan di balik tayangan tersebut.

Animator bisa menjadi pilihan karir yang tepat bagi Anda. Terlebih, saat ini tayangan animasi hampir disukai oleh berbagai kalangan usia masyarakat.

Semakin terkenal animasi yang Anda kerjakan, maka kian besar pula penghasilan didapat.

3. Illustrator

Illustrator juga menjadi prospek kerja DKV. Seorang illustrator akan bekerja dengan mengandalkan kreativitas dan keterampilan desain untuk menyampaikan informasi melalui media gambar.

Umumnya, job desc seorang ilustrator adalah membuat gambar yang dapat menyampaikan cerita, gagasan, atau pesan tertentu. Nah, gambar tersebut dapat dituangkan dalam media cetak (seperti iklan di koran dan majalah), atau media digital (iklan televisi).

Baca juga: Baru Lulus SMA? Ketahui 7 Prospek Kerja Jurusan Aktuaria!

4. Fotografer

Lulusan DKV juga memiliki peluang untuk berkarir menjadi fotografer. Hal tersebut dikarenakan seorang fotografer perlu memiliki kepekaan seni yang tinggi untuk menghasilkan gambar dengan baik.

Melalui ilmu komunikasi visual, lulusan DKV dapat lebih mudah mengetahui mana objek yang mengandung pesan serta sesuai untuk dipotret.

Prospek kerja ini juga cukup luas. Anda dapat menjadi seorang fotografer model, makanan, alam, pewarta foto, dan lainnya.

5. Editor Video

Nah, prospek kerja DKV selanjutnya adalah editor video. Di era media sosial, seperti sekarang, sering kali ditemukan beragam siaran video yang menarik.

Namun, dibalik menariknya siaran tersebut, terdapat sosok editor yang mampu menyunting tayangan video dengan baik.

Umumnya, tugas seorang editor video adalah merekam objek, dan menyuntingnya agar dapat menyampaikan pesan yang diinginkan.

6. Seniman

Dalam setiap karya visual, tentu membutuhkan konsep dalam pembuatannya. Nah, hal inilah yang menjadikan prospek kerja seniman cukup terbuka lebar.

Lulusan DKV juga berkesempatan untuk meniti karir sebagai seniman. Profesi ini memerlukan kemampuan kreatif untuk menghasilkan ide-ide menarik untuk disampaikan melalui visual. Karena kreativitas inilah para seniman banyak dijumpai di industri kreatif.

7. Desainer User Experience (UX)

Desainer UX merupakan profesi yang berkaitan dengan peningkatan pengalaman pengguna dalam layanan digital sebuah produk, seperti website dan aplikasi smartphone.

Profesi ini memerlukan kemampuan akan operasional teknis, penyampaian visual, dan kemahiran dalam menggunakan perangkat lunak tertentu. Hal ini bertujuan agar website atau aplikasi produk dapat mudah diakses oleh pelanggan serta mengandung pesan yang estetis serta sarat makna.

8. Website Designer

Belakangan ini, cukup banyak perusahaan yang melakukan promosi dan memasarkan produknya melalui website. Namun, agar produk dapat dikenal dengan baik oleh konsumen, perlu akan adanya website yang menarik.

Atas hal tersebut, perusahaan tentu membutuhkan seorang website designer. Nantinya, website designer akan bertugas untuk merancang website lebih ramah pengguna. Sehingga web milik suatu perusahaan lebih banyak pengunjungnya.

9. Creative Director

Tiap perusahaan tentu memiliki tim kreatif pemasaran. Nah, pemimpin dari tim tersebut dinamakan Creative Director.

Bermodalkan ilmu komunikasi visual yang baik, Anda dapat mengarahkan tim kreatif untuk menciptakan berbagai gagasan promosi yang menarik.

Untuk berkarir sebagai creative director, Anda memerlukan pengalaman yang cukup lama di bidang kreatif terdahulu.

10. Pendidik Ilmu Desain

Nah, prospek kerja lulusan DKV yang terakhir adalah pendidik ilmu desain. Saat ini, minat masyarakat dalam ilmu desain cukup tinggi. Pada akhirnya, banyak sekolah dan perguruan tinggi yang membuka jurusan di bidang ini.

Lapangan kerja di bidang ini terbilang cukup luas. Pasalnya, Anda dapat menjadi seorang guru, dosen, atau tutor dalam ilmu desain.

Sekian penjelasan atas 10 prospek kerja lulusan DKV. Anda yang baru saja lulus dari jurusan DKV atau akan mendaftar jurusan DKV dapat menjadikan artikel ini sebagai referensi untuk keberlangsungan karir kedepan. Semoga dapat membantu!

David Sebastian

Recent Posts

Manajemen Produksi: Pengertian, Tujuan, Fungsi, dan Contoh

Istilah manajemen produksi merujuk kepada hal-hal yang berkaitan dengan pengelolaan dan penjualan barang produksi dengan…

17 jam ago

Performance Software Solutions: Cara Tepat untuk Memaksimalkan Performa Karyawan

Memaksimalkan performa karyawan dapat dilakukan secara mudah dengan menggunakan Performance Software. Penggunaan software performance memiliki…

17 jam ago

5 Manfaat Performance Assessment dalam Kinerja Karyawan

Agar perusahaan bisa mencapai target dari tujuan kesuksesan yang telah dirancangnya, tentu saja faktor utama…

18 jam ago

Tips Memaksimalkan Manajemen Produksi dalam Perusahaan

Manajemen produksi adalah segala aktivitas yang berkaitan dengan proses pengolahan bahan baku menjadi bahan jadi…

2 hari ago

Tips Wawancara Kerja untuk Fresh Graduate, HRD Pasti Terpikat!

Setiap lulusan baru atau dikenal sebagai fresh graduate ingin memperoleh pekerjaan yang diimpikan. Namun, untuk…

2 hari ago

Bagaimana Cara Melakukan Delegasi Wewenang Kepada Junior?

Apa itu delegasi? Delegasi adalah pemberian tugas dan wewenang kepada seseorang yang berkompeten untuk mengerjakan…

2 hari ago