jurusan sastra indonesia

10 Prospek Karier Jurusan Sastra Indonesia

Apakah Anda seorang fresh graduate dari jurusan Sastra Indonesia? Umumnya, lulusan dari jurusan ini cenderung bekerja menjadi guru. Ternyata, lulusan Sastra Indonesia punya jenjang karier yang lebih luas. Berikut LinovHR sajikan daftar prospek kerja untuk lulusan Sastra Indonesia.

 

1. Penulis 

Seorang lulusan sastra tentu sudah tidak asing dengan hal tulis-menulis. bagi Anda yang mahir akan kemampuan ini, maka dapat berprofesi sebagai penulis. Dalam penerapannya, penulis dapat terbagi menjadi beberapa macam. Mulai dari penulis buku, novel, cerpen, dan lain-lain.

Anda bisa memilih profesi penulis dalam bidang yang sesuai dengan minat dan passion. Dengan begitu, kesuksesan karier dapat dicapai dengan lebih mudah.

 

Baca juga: Apakah Karyawan Perlu Kuliah S2? Simak Pembahasan Ini!

 

2. Jurnalis 

Selama menempuh pendidikan dalam jurusan Sastra Indonesia, tentu Anda sudah banyak belajar mengenai penggunaan bahasa yang benar. Atas hal tersebut, Anda sudah memiliki modal yang kuat untuk menjadi seorang jurnalis. 

Terlebih, saat ini ada banyak media informasi dengan berbagai platform. Mulai dari cetak, elektronik, dan media online. Jadi, Anda pilihan karier untuk profesi ini kian luas.

 

3. Editor 

Di setiap karya-karya novel dan buku yang sukses, ada peran editor di dalamnya. Sebelum buku terbit, naskah dari penulis perlu melalui proses penyuntingan yang panjang. Mulai dari segi bahasa sampai materi, semuanya harus lolos sunting oleh editor.

Namun, sebagai editor perlu kompetensi berbahasa yang baik. Jadi, seorang lulusan Sastra Indonesia tentu sudah paham akan seluk-beluk kemampuan ini.

 

4. Redaktur Media

Peran redaktur hampir sama dengan editor, yakni menyunting tulisan sebelum terbit. Namun, bedanya redaktur bekerja sebagai penyunting tulisan dari jurnalis atau reporter.

Tak hanya itu, seorang redaktur pun juga bertanggung-jawab sebagai koordinator liputan untuk jurnalis. Untuk berkarier dalam profesi ini, Anda perlu menjadi jurnalis dahulu dengan pengalaman setidaknya 3-5 tahun. 

 

5. Hubungan Masyarakat atau Public Relation

Mulai dari perusahaan swasta sampai instansi pemerintahan, pasti memerlukan divisi hubungan masyarakat (humas). Profesi ini memiliki tugas untuk menyampaikan segala informasi mengenai badan usaha kepada masyarakat luas. Dengan begitu, publik akan mengetahui lebih lanjut soal perusahaan.

Namun, profesi di bidang ini memerlukan keterampilan berbicara dan berbahasa yang baik. Atas hal tersebut, lulusan dari jurusan Sastra Indonesia dapat berkarier di bidang ini.

 

6. Translator atau Penerjemah Bahasa

Hingga saat ini profesi translator masih dibutuhkan. Umumnya, profesi ini akan bekerja di penerbitan buku. Nantinya, translator akan menerjemahkan buku-buku asing ke dalam bahasa Indonesia.

 

Baca juga: Baru Lulus SMA? Ketahui 7 Prospek Kerja Jurusan Aktuaria! 

 

Tak hanya itu, seorang translator juga dibutuhkan oleh perusahaan untuk menjalin kerja sama dengan pihak asing. Penerjemah bahasa akan menjadi “penyambung lidah” yang akan memudahkan komunikasi antar perusahaan.  

 

7. Content Writer

Saat ini setiap perusahaan berlomba-lomba memperkenalkan produknya melalui internet. Umumnya, badan usaha tersebut memiliki sebuah website. Nah, agar website tersebut terus beroperasi, perlu memuat konten-konten berkualitas yang menyajikan informasi seputar perusahaan.

Untuk mengatasi hal tersebut, Content Writer hadir sebagai penulis konten yang akan membantu perusahaan dalam mengenalkan produknya. Namun, agar konten yang disajikan berkualitas, perlu kemampuan berbahasa secara baik. Dengan begitu, lulusan Sastra Indonesia dapat mencoba berkarier di bidang ini.

 

8. Copywriter

Bila content writer menyajikan informasi perusahaan dengan menulis konten dalam laman website. Maka, Copywriter akan menulis konten seputar produk perusahaan melalui kampanye tertentu, seperti dalam banner iklan, slogan perusahaan, dan lainnya.

 

Untuk bekerja di profesi ini, kreativitas dalam berbahasa sangatlah dibutuhkan. Atas hal tersebut, Anda yang merupakan lulusan Sastra Indonesia dapat berpeluang untuk bekerja di bidang ini.

 

9. Sosial Media Spesialis

Saat ini peran sosial media dalam membangun branding perusahaan sudah tak bisa diragukan. Hal tersebut dikarenakan hampir setiap orang telah menggunakan sosial media. Dengan demikian, sosial media dapat menjadi peluang pemasaran dan pengenalan perusahaan yang efektif.

Namun, agar perusahaan dapat dikenal dengan lebih baik, perlu akan adanya sosok sosial media spesialis. Nantinya, profesi ini akan bekerja mulai dari membuat konten, data analisis, mengamati tren terbaru, membalas pertanyaan konsumen, dan lainnya. 

Dalam membuat konten, tentu membutuhkan caption dengan bahasa yang menarik. Atas hal tersebut profesi sosial media spesialis memerlukan seseorang dengan kemampuan dalam berbahasa mumpuni.

 

10. Tenaga Pengajar 

Apakah Anda memiliki minat dan kemampuan untuk membimbing orang lain? Jika iya, sebagai lulusan Sastra Indonesia, Anda dapat menjadi pengajar di bidang bahasa. Tenaga pengajar dapat meliputi profesi guru, dosen, dan tutor.

Namun, untuk menjadi dosen bahasa, Anda perlu melanjutkan jenjang pendidikan sampai S2. Jadi, apabila hanya memiliki gelar S1, Anda dapat berprofesi sebagai guru atau tutor.

Itu dia daftar prospek karier untuk jurusan Sastra Indonesia. Melalui daftar di atas, diharapkan Anda mendapatkan referensi yang lebih luas untuk memiliki profesi kerja. Selamat berjuang menggapai karier impian jobseeker!