recruitment marketing

Recruitment Marketing: Solusi Dapatkan Kandidat yang Berkualitas

Recruitment marketing sudah menjadi tren dalam dunia pencarian kerja karena recruitment marketing sukses mendatangkan dampak yang positif serta berkontribusi pada peningkatan yang signifikan dengan pengalaman kandidat ketika terlibat dengan di sebuah perusahaan.

Lantas, apa sebenarnya recruitment marketing itu? Selengkapnya, simak pembahasan LinovHR berikut ini.

 

Baca Juga: Proses Rekrutmen Lebih Mudah dengan Software HRD Terbaik

 

Apa itu Konsep Recruitment Marketing? 

Pengertian recruitment marketing adalah strategi pencarian kerja dengan mempromosikan brand atau produk perusahaan yang menerapkan prinsip prinsip pemasaran modern yang menarik dan berkualitas, 

di mana tujuan utama dari recruitment marketing adalah untuk memposisikan perusahaan sebagai perusahaan terbaik bagi jobseeker atau para pencari kerja, dan secara langsung bisa meningkatkan jumlah pelamar yang diterima untuk mengisi posisi yang masih terbuka.

Disebut sebagai proses yang berkelanjutan, recruitment marketing juga dalam praktiknya harus selalu mengikuti perkembangan trend recruitment marketing terbaru agar tetap mampu menjadi yang pertama dan terdepan ketika bersaing dengan marketing dari perusahaan lain. 

Selain itu, jobseeker saat ini memiliki kesempatan yang lebih besar sebab kondisi job market memberikan power kepada kandidat untuk memilih pekerjaan karena posisi yang terbuka lebih banyak dibanding tenaga kerja yang sesuai dengan keahlian dibandingkan dengan kondisi sebelumnya.

Karenanya, sebagai HR, Anda membutuhkan konsep recruitment marketing yang lebih efektif untuk dapat meraih kepercayaan kandidat agar mereka mau memilih bekerja di perusahaan Anda, dengan memastikan bahwa upaya marketing dan rekrutmen Anda sesuai dengan yang ditetapkan dan terus berjalan beriringan.

 

software hris

 

Kenapa HRD Harus Menggunakan Konsep Recruitment Marketing?

Proses rekrutmen diharapkan dapat berjalan dengan lebih efektif lagi dengan adanya penerapan recruitment marketing. Untuk itu, berikut beberapa alasan mengapa HRD harus menjalankan recruitment marketing.

 

1. Menghemat Waktu

Penting untuk mengetahui seberapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencari kandidat dalam setiap proses rekrutmen. 

Proses rekrutmen pun akan berjalan kurang efektif dan efisien apabila proses mencari kandidat terlalu lama, sehingga sangat penting untuk dapat meminimalisir penggunaan waktu dalam setiap proses rekrutmen.

 

2. Memperkuat Employer Brand

Bukan hal baru lagi di zaman sekarang untuk mengakui bahwa orang-orang tidak melamar pekerjaan karena lowongannya melainkan karena brand perusahaan itu sendiri, seperti mencari visi dan misi, goals, atau idealisme yang sesuai dengan suatu perusahaan. 

Karena itu, bagaimana cara HR memaparkan Employer Brand tentu sangat penting dengan memanfaatkan konten yang tepat di halaman pencarian kerja yang sesuai dan memberi pesan yang tepat tentang perusahaan Anda.

 

3. Meningkatkan Kualitas Kandidat

Kandidat dengan kualifikasi yang paling dicari dan dibutuhkan oleh perusahaan Anda dapat dicari dengan adanya recruitment marketing karena target market sudah ditentukan sejak awal. 

Karena itu, tidak akan sulit lagi bagi Anda menyaring kandidat ketika mereka sudah masuk ke dalam kategori sehingga kualitas pencarian karyawan pun meningkat

 

Kiat Implementasi Recruitment Marketing

Untuk mempraktekkannya,Anda perlu memahami dengan baik strategi implementasi dari recruitment marketing. 

Berikut ini adalah kiat implementasi recruitment marketing yang menjadi kunci utama mendapatkan kandidat berkualitas.

 

1.Ciptakan Employer Brand yang Berkesan

Membuat brand yang mudah diingat dan menarik merupakan salah satu cara agar brand perusahaan lebih menonjol daripada brand perusahaan lain meski membangun employer brand bukanlah pekerjaan yang dapat diselesaikan dalam waktu yang singkat. 

Karena faktanya, para pencari kerja terlebih dahulu mencari tau tentang reputasi perusahaan sebelum mereka memutuskan untuk melamar pekerjaan di perusahaan tersebut. 

Alasan inilah yang memperkuat mengapa sangat penting untuk konsisten dengan brand image yang ingin dipersepsikan untuk perusahaan Anda demi berjalannya recruitment marketing yang baik.

 

2. Bangun Candidate Experience yang Positif

Pengalaman kandidat yang buruk terhadap suatu perusahaan membuat mereka mengambil keputusan membagikan pengalaman buruk tersebut dengan lebih luas. 

Pengalaman kandidat yang dirasakan oleh kandidat yang melamar ke perusahaan akan mencerminkan budaya di perusahaan Anda mengingat Gen Z yang mendominasi pasar kerja sangat mempertimbangkan budaya perusahaan sebelum melamar ke perusahaan.

Hal ini lantas menjadi faktor yang sangat penting untuk diperhatikan sejak awal proses rekrutmen berlangsung karena pengalaman kandidat dapat dikatakan baik ketika perusahaan 

Anda dapat memberikan kesan nyata yang baik terhadap calon kandidat sejak awal. Bukan hanya kandidat yang dinilai oleh Anda tetapi kandidat juga bisa menilai perusahaan Anda sama seperti mengajak kandidat untuk mengenal lebih jauh tentang perusahaan.

 

3. Memaksimalkan Penggunaan Sosial Media

Karena media sosial sudah menjadi kebutuhan sehari-hari individu, maka hal tersebut membuktikan bahwa sebagian besar talenta potensial yang mendominasi dunia kerja saat ini menghabiskan banyak waktu mereka di media sosial untuk mencari pekerjaan dan tidak hanya untuk kepentingan hiburan saja.

Karena itu, recruitment marketing merupakan aspek mendasar dari setiap strategi rekrutmen yang solid,  yang terletak pada pemilihan platform yang tepat untuk mempromosikan brand Anda dan membangun hubungan dengan kandidat potensial. 

Twitter, Facebook, Instagram, dan LinkedIn merupakan beberapa contoh platform media sosial yang menjadi favorit para pencari kerja aktif dan pasif yaitu 

 

Baca Juga: Menerawang Calon Karyawan Melalui Sosial Media

 

4. Program Employee Referral

Anda dapat mendapatkan banyak nilai positif yang menguntungkan perusahaan dengan menjalankan employee referral. 

Selain akan membahagiakan karyawan, program ini juga akan memudahkan mencari kandidat potensial yang kemungkinan besar cocok untuk mengisi posisi yang terbuka.

Program employee referral juga dapat meningkatkan kualitas pencarian kerja karena rekomendasi dari karyawan yang dapat dipastikan merupakan rekomendasi terbaik. 

Rekomendasinya tidak akan terlalu jauh dari ekspektasi karena karyawan merupakan orang yang paling tahu mengenai ekspektasi perusahaan.

 

Baca Juga: Memahami Human Resource Software dalam Manajemen SDM

 

Maksimalkan Rekrutmen Perusahaan Menggunakan Software HRD LinovHR

Mendapatkan kandidat terbaik yang berkualitas memang akan menguntungkan perusahaan, juga para pencari kerja agar menemukan pekerjaan impian mereka. Dengan begitu, dapat dikatakan bahwa recruitment marketing berhasil dan menguntungkan kedua belah pihak.

Agar dapat memaksimalkan rekrutmen perusahaan, software HRD belakangan ini pun menjadi kebutuhan utama beberapa perusahaan. 

Sebagai rekomendasi, software yang lebih terintegrasi dari LinovHR ini akan memudahkan Anda dengan modul rekrutmen dan software yang mendukung sistem yang ada di Indonesia.

Adapun beberapa keuntungan dan kemudahan dalam proses rekrutmen menggunakan software dari LinovHR ini.

 

1. Kustomisasi Proses Rekrutmen Perusahaan

Jika Anda mengadakan interview sekali, beberapa kali, via telepon atau tatap muka langsung, Anda bisa mengatur dengan mudah melalui sistem yang disediakan LinovHR demi mendapatkan kandidat-kandidat potensial secara bersamaan menggunakan software.

 

2. Meningkatkan Efisiensi dan Hemat Waktu

Terdapat beberapa fitur-fitur yang bisa membantu Anda menghemat banyak waktu seperti bulk actions serta komentar untuk mengurangi banyak email dan meningkatkan efisiensi.

 

3. Membuat Perencanaan Rekrutmen

Memprediksikan level dan waktu rekrutmen merupakan awal untuk merencanakan proses rekrutmen dengan input dari manajer departemen, supervisor, dan tim HRD. Selain itu, software bisa membuat perkiraan jumlah karyawan yang dibutuhkan dan waktu yang tepat untuk memulai proses perekrutan.

Proses rekrutmen dapat menyimpan informasi calon karyawan dan mengikuti prosesnya sampai selesai melalui bantuan aplikasi HRD karena beberapa aplikasi yang ada bahkan bisa melakukan pemeriksaan latar belakang atau yang biasa disebut dengan background check.

 

4. Tracking Kandidat

Semua data pelamar kerja disimpan untuk jangka waktu yang telah ditentukan sehingga data yang ada bisa dipakai untuk proses rekrutmen berikutnya atau untuk menjaga agar orang yang sama tidak melamar dua kali atau lebih jika belum memenuhi kualifikasi.

Itulah beberapa penjelasan mengenai konsep recruitment marketing.

Agar rekrutmen perusahaan bisa berjalan lebih lancar, modul Recruitment dari LinovHR siap membantu proses rekrutmen menjadi lebih cepat dan efektif. Untuk informasi lebih lengkap mengenai modul Recruitment, segera hubungi tim LinovHR!