Memahami Human Resource Software dalam Manajemen SDM

Agar seluruh tugas pengelolaan karyawan bisa berjalan lancar, penggunaan Human Resource Software merupakan pilihan yang tepat. divisi Human Resource Development (HRD) memiliki beberapa peran dan tugas yang cukup banyak terkait dengan perusahaan maupun karyawan. Dengan pengelolaan sumber daya manusia yang baik, tentu saja akan berdampak baik pula kepada kemajuan perusahaan.

Bagi perusahaan yang belum menggunakan software ini, mungkin saja terdapat beberapa kendala yang dirasakan seperti pembuatan jadwal kerja yang tidak efektif, seringnya terjadi kesalahan dalam perhitungan komponen gaji, hasil penilaian yang tidak objektif, dan sebagainya.

Jika kendala tersebut masih dirasakan di perusahaan Anda, sudah saatnya Anda beralih kepada human resource software untuk pengerjaan tugas pengelolaan sdm yang lebih baik.

LinovHR merupakan salah satu vendor human resource software terbaik yang memiliki fitur-fitur untuk memudahkan proses pengelolaan dan pengembangan karyawan perusahaan.

Lalu, apakah itu Human Resource Software? Dan apakah kegunaan dari software tersebut? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, langsung saja simak penjelasan artikel di bawah ini!

 

Apa itu Human Resource Software?

Human resource software adalah perangkat lunak yang digunakan perusahaan untuk mengoptimalkan tugas sumber daya manusia dan mensukseskan tujuan perusahaan. Melalui software ini, divisi HR dapat mengalokasikan waktu dan sumber daya perusahaan untuk meningkatkan produktivitas kerja yang akan menguntungkan perusahaan.

 

Baca Juga: Jenis-Jenis Feedback yang ada di Perusahaan

 

Apa Keunggulan dari Human Resource Software?

Keunggulan-keunggulan yang akan dirasakan perusahaan jika menggunakan software dalam pengelolaan SDM  antara lain adalah:

  • Memiliki informasi terkait gambaran perusahaan secara detail
  • Melakukan seluruh rangkaian proses rekrutmen untuk mendapatkan karyawan-karyawan terbaik
  • Mampu dalam membuat jadwal kerja setiap karyawan secara efektif
  • Menghitung penggajian secara akurat yang dilakukan setiap akhir bulan/periode
  • Melakukan penilaian karyawan yang memberikan hasil yang akurat
  • Memudahkan dalam mengelola setiap kompetensi yang terdapat pada divisi perusahaan
  • Mengelola seluruh hal yang berkaitan tentang perencanaan sukses perusahaan
  • Meningkatkan keterlibatan karyawan dengan perusahaan

Semua keunggulan yang disebutkan di atas bisa Anda dapatkan melalui Software HRD LinovHR.

 

Baca Juga : 5 Manfaat Software HRD Bagi Perusahaan Startup

 

Dengan memiliki seluruh kemudahaan di atas, tentu saja dapat memudahkan seluruh komponen dalam perusahaan mulai dari karyawan, divisi HRD, sampai pemilik perusahaan untuk melakukan proses kerja.

Seluruh proses kerja dapat dilakukan secara otomatis melalui sistem dan memberikan hasil yang akurat. Sehingga seluruh pekerjaan bisa diselesaikan secara cepat dan Anda akan memiliki banyak waktu untuk berfokus pada mengembangkan bisnis perusahaan.

Selain pengerjaan yang otomatis dan cepat, Anda tidak perlu khawatir tentang keamanan data perusahaan dan karyawan. Karena, software ini dilengkapi dengan sistem yang mampu menyimpan seluruh data secara aman dengan tingkat keamanan yang tinggi. Sehingga kebocoran atau penjualan data perusahaan akan segera terminimalisir.

 

LinovHR Sebagai Human Resource Software Terbaik

Sebagai penyedia software HRD terbaik, LinovHR sudah dipercaya oleh banyak perusahaan besar untuk mengurusi setiap tugas yang berkaitan dengan sumber daya manusia.

LinovHR memiliki berbagai jenis fitur dan modul yang dibutuhkan oleh perusahaan untuk memudahkan pengelolaan Human Resource serta Payroll perusahaan secara teknis maupun strategis. 

Sistem dari LinovHR mampu menghasilkan data-data yang akurat, sehingga  Anda dapat dengan mudah dan fokus dalam mengambil langkah-langkah strategis untuk mengembangkan perusahaan yang anda miliki, tanpa khawatir jika terjadi masalah-masalah yang bersifat teknis maupun administratif.

Modul yang ditawarkan LinovHR antara lain adalah:

  • Modul Organization Management
  • Modul Personnel Administration
  • Modul Recruitment
  • Modul Payroll
  • Modul Competency Management
  • Modul Performance Management
  • Modul Time Management
  • Modul Reimbursement
  • Modul Succession Management
  • Modul Loan
  • Modul Employee Self Services (ESS)
  • Modul Learning and Development

 

Baca Juga : Simak Tips dalam Memilih Software HRD Terbaik

 

Jadi Masih Memilih Cara Manual atau Beralih ke Human Resource Software?

Dari penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa penggunaan software dalam pengelolaan SDM dapat memudahkan seluruh tugas yang berkaitan dengan pengelolaan SDM dalam perusahaan.

Karyawan adalah aset terpenting dalam sebuah perusahaan. Dengan begitu, HRD adalah divisi yang memiliki peran penting dalam hal pengembagan dan produktivitas karyawan.

Menggunakan cara manual dalam mengerjakan tugas tersebut memang bisa dilakukan. Namun, hal tersebut tidak dapat dilakukan secara otomatis dan memungkinkan terjadinya kesalahan akibat human error. Selain itu, pengerjaan secara manual hanya akan meningkatkan penggunaan kertas yang saat ini sudah tidak efektif lagi.

Dengan Human Resource Software seperti LinovHR, setiap tugas akan tersimpan secara cloud yang pastinya akan meminimalisir penggunaan kertas. Selain itu, software ini menerapkan Human Resource Information System atau HRIS agar pengelolaan administrasi karyawan bisa dilakukan secara efisien dan efektif.

Jadi apakah sekarang Anda sudah ingin beralih dari cara manual ke penerapan Human Resource Software? Agar tidak salah dalam memilih software, ajukan demo Software HRD dari LinovHR untuk menghilangkan kompleksitas SDM perusahaan Anda sekarang juga!