resign atau bertahan

Tidak Betah Kerja Padahal Baru Sebulan? Resign atau Bertahan?

Perkara pekerjaan dan keinginan resign memang sering menjadi dilema. Ada banyak karyawan yang baru bekerja sebulan tetapi tidak merasa nyaman di lingkungan kerja. Resign atau bertahan dari pekerjaan? Bagaimana jika Anda ingin resign padahal baru sebulan bekerja? 

Saat memasuki dunia kerja, banyak kemungkinan yang bisa terjadi.  Umumnya karyawan mengajukan resign karena beberapa alasan, beberapa diantaranya karena ingin mencari pengalaman atau ilmu di tempat baru karena sudah terlalu lama bekerja di tempat sebelumnya, jenuh dengan keseharian yang itu-itu saja, ada juga yang resign karena merasa workload-nya sangat tinggi dan ingin fokus kepada keluarga. 

 

Pertimbangan Resign atau Bertahan

Jika Anda merasa pekerjaan Anda tidak sesuai dengan job description di awal, atau Anda merasa pekerjaan baru ini tidak akan memiliki dampak yang signifikan pada karir Anda kedepannya, Anda bisa saja berpikir untuk resign setelah sebulan bekerja atau bahkan sebelum itu. Jika memang begitu, bagaimana solusinya? 

Memilih resign atau bertahan tidak pernah menjadi perkara mudah. Banyak yang harus dipertimbangkan sebelum Anda memutuskan hal ini. Berikut beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan untuk memilih resign atau bertahan. 

 

Buat List Pros dan Cons 

Anda bisa mulai mempertimbangkan kemungkinan resign atau bertahan dengan list apa saja yang membuat Anda menginginkan resign. Jika memang sudah tidak ada yang bisa Anda lakukan dan resign adalah jalan terbaik, maka Anda bisa dengan yakin mengajukan resign. 

 

Pikirkan Perkembangan Kemampuan

Sebelum mengajukan resign, coba Anda pertimbangkan apakah pekerjaan itu dapat mengembangkan kemampuan Anda atau tidak. Pertimbangkan hal tersebut sebelum resign agar Anda tahu apakah Anda harus segera resign atau bertahan untuk mempelajari skill baru.

 

Pastikan Sudah Memikirkan Konsekuensinya

Sebelum resign, apalagi saat masih bersifat karyawan baru tentu ada konsekuensinya. Anda harus mempertimbangkan hal ini agar tidak menghambat karir Anda kedepannya. Pastikan juga jika memang memutuskan resign, alasan Anda cukup kuat dan setara dengan konsekuensi yang didapat. 

 

Pastikan Hal Ini Sudah Dikomunikasikan 

Alasan untuk resign bagi karyawan yang sudah bekerja lama mungkin terdengar lebih masuk akal. Terkadang karyawan yang belum lama bekerja dan ingin resign memiliki beberapa kondisi yang masih membuat Anda bingung atau dilema, pastikan hal ini Anda komunikasikan terlebih dahulu sebelum mengambil keputusan. 

 

Pikirkan Keuangan dan Karir Kedepan

Sebelum resign dalam waktu belum lama, Anda harus mempertimbangkan kondisi keuangan atau tabungan. Jika Anda resign dalam durasi kerja yang belum lama pastikan Anda leaving for good sehingga tidak mengganggu karir Anda kedepannya. 

 

Baca Juga: Jangan Terlalu Rajin Kerja, Inilah 7 Dampak Menjadi Workaholic! 

 

Faktor yang Mengharuskan Karyawan Resign Sesegera Mungkin

Ada beberapa tanda yang mungkin dapat menjadi tanda Anda harus segera resign. Berikut diantaranya: 

 

  1. Kurangnya atasan atau pimpinan menghargai suara karyawan. 
  2. Lingkungan kerja yang toxic. 
  3. Culture perusahaan tidak cocok dengan Anda. 
  4. Job description yang Anda kerjakan berbeda dengan awal yang Anda lamar. 
  5. Diminta mengerjakan pekerjaan diluar kewajiban dan melanggar hukum. 
  6. Sudah menemukan kesempatan yang lebih baik untuk karir Anda. 

 

Kekurangan Resign Baru Sebulan Kerja

Beberapa kekurangan yang mungkin Anda dapatkan jika memutuskan resign saat baru memulai pekerjaan baru Anda adalah sebagai berikut: 

 

Blacklist dari Perusahaan 

Bukan tidak mungkin Anda akan di blacklist dari perusahaan dan affiliated companies. Anda tidak akan bisa melamar di perusahaan tersebut juga perusahaan yang memiliki hubungan kerja sama dengan mereka. 

 

Merusak Reputasi Anda Sebagai Karyawan 

Jika Anda memutuskan resign dalam durasi kerja yang belum lama, perusahaan yang akan menerima Anda selanjutnya pasti mempertanyakan keputusan tersebut. Terkadang hal itu bisa merusak citra anda sebagai karyawan. 

 

Bisa Jadi Kebiasaan dan Merusak Resume

Sebenarnya tidak masalah adanya pekerjaan dengan jangka waktu singkat dalam resume Anda. Namun, hal ini bisa jadi kebiasaan dan memperburuk resume Anda. 

 

Baca Juga: 5 Fakta Mengejutkan Tentang Tes Psikologi

 

Kelebihan Resign Baru Sebulan Kerja

Berikut adalah beberapa kelebihan atau keuntungan resign saat Anda baru mulai bekerja:

 

Mengambil Kesempatan yang Lebih Besar

Jika Anda memutuskan resign karena mendapatkan tawaran baru untuk karir Anda yang lebih baik tentu hal itu menguntungkan Anda. Anda hanya perlu mengatakan alasan dan mengajukan resign dengan baik dan sesuai prosedur.

 

Lebih Rileks dan Tenang 

Keputusan resign dari pekerjaan yang baru Anda mulai mungkin merupakan keputusan paling tepat sehingga Anda bisa lebih rileks dan tenang karena sudah resign. 

 

Fokus Kepada Hal yang Ingin Anda Prioritaskan 

Walaupun keputusan resign saat baru bekerja seringkali mendapat respon dan konsekuensi tidak baik, tapi keputusan itu juga bisa membuat Anda lebih fokus kepada apa yang Anda prioritaskan untuk karir Anda. 

 

Kesimpulan 

Dari ulasan di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa kita harus mempertimbangkan dengan baik tawaran pekerjaan dan kontrak kerja sebelum sepakat dan menerimanya. Permasalahan seperti resign saat baru sebulan bekerja seperti ini bisa dicegah dengan hal tersebut. Hal ini juga menghindari adanya ‘drama’ dalam pekerjaan dan karir Anda kedepannya. 

 

Jika sudah terjadi, maka ulasan di atas dapat menjadi pertimbangan untuk resign atau bertahan di saat baru kerja sebulan tetapi sudah tidak nyaman. Pertimbangkan dengan baik keputusan Anda dan terima konsekuensinya. Sebisa mungkin, tinggalkan perusahaan dengan baik-baik dan tetap jaga hubungan baik dengan rekan kerja Anda.