Meningkatkan Produktivitas Kerja Karyawan

7 Hal Remeh Namun Dapat Meningkatkan Produktivitas Kerja Karyawan

Seorang atlet yang berprestasi tidak melakukan hal-hal besar dalam kejuaraan. Yang dilakukannya hanyalah meningkatkan hal-hal kecil dalam latihan menjelang kompetisi. Demikian juga dengan meningkatkan produktivitas kerja karyawan.

Penting bagi Divisi HR (Human Resources) untuk mengetahui segala kendala yang mempengaruhi produktivitas kerja karyawan. Seperti apa lengkapnya? 

 

Pengertian Produktivitas Kerja 

Agar lebih paham memahami apa itu produktivitas, mari simak beberapa pendapat ahli.

Menurut Heny Kuswanti Daryanto, produktivitas adalah konsep yang merefleksikan korelasi antara output dan sumber daya yang dimiliki untuk membuat hasil tertentu.

Sedangkan menurut Eddy Herjanto, artinya produktivitas merupakan value yang menetapkan bagaimana cara suatu sumber daya dikelola dan diberdayakan untuk mencapai suatu tujuan dengan cara paling maksimal. 

Dan yang terakhir, J. Ravianto menuturkan bahwa produktivitas adalah konsep hubungan hasil kerja seorang karyawan atau tenaga kerja pada suatu periode atau waktu yang dibutuhkan dalam menciptakan produk. 

Berdasarkan pendapat beberapa ahli di atas, maka dapat dikatakan bahwa produktivitas adalah kemampuan seseorang untuk mencapai suatu hasil dengan memanfaatkan sumber daya yang ada semaksimal mungkin.

 

Faktor yang Mempengaruhi Produktivitas Kerja 

Ada beberapa hal yang mempengaruhi produktivitas kerja dalam perusahaan. Faktor-faktor tersebut antara lain: 

 

1. Knowledge

Yang dimaksud dengan knowledge adalah akumulasi hasil pembelajaran individu baik formal maupun non formal.

Pengetahuan yang luas dan mendalam dapat mendukung karyawan menjadi produktif dan terampil dalam mengatasi berbagai masalah seputar kinerja.

 

2. Skill

Skill atau keterampilan adalah kemampuan pada bidang tertentu.

Secara umum, skill dibagi menjadi dua, yaitu soft skill yang mencerminkan keterampilan personal yang mengikat karyawan dan hard skill yang menunjukkan kemampuan teknis yang didapatkan dari pelatihan ataupun pembelajaran.

Skill yang mumpuni dapat mendukung kinerja karyawan lebih efektif dan efisien.

 

Baca juga: Decision Making Skill & Cara Meningkatkannya

 

3. Kompetensi

Selain knowledge, hal lain yang penting dari kinerja karyawan adalah kompetensi.

Konsep kompetensi sejalan dengan knowledge seseorang. Jika knowledge seseorang cukup luas dan mendalam, maka kompetensi yang dimiliki juga semakin tinggi.

 

4. Sikap

Sikap merupakan kebiasaan yang berpola dan berulang.

Karyawan yang memiliki sikap baik memang belum tentu unggul, tetapi mempunyai potensi untuk berhasil menguasai kemampuan dan kompetensi tertentu di masa mendatang.

Contoh sikap karyawan yang baik adalah selalu datang tepat waktu, menghargai rekan, dan menerima segala masukan.

 

performance review

Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja 

Produktivitas dapat menentukan kualitas kinerja dan hasil kinerja karyawan. Karena itulah pihak perusahaan selalu berusaha untuk meningkatkan produktivitas di lingkungan kerja.

Cara-cara di bawah ini dapat dijadikan acuan untuk meningkatkan produktivitas: 

 

1. Peningkatan Keterampilan Kerja dan Wawasan

Karyawan merupakan aset bagi sebuah perusahaan.

Jika karyawan yang bekerja dalam perusahaan itu kompeten, maka tidak perlu diragukan perusahaan itu pasti akan maju dan berkembang.

Perusahaan yang berkembang memberikan keuntungan tersendiri bagi karyawan dan tempat dia bekerja.

Dengan memberikan dukungan berupa pelatihan kerja yang diperlukan wawasan karyawan akan bertambah.

Jangan pernah meremehkan hal ini dengan alasan faktor dana dan waktu yang tidak cukup.

Seperti tukang potong kayu, dia harus selalu mempertajam mata kapaknya secara berkala jika ingin memotong lebih cepat dan banyak.

 

2. Memotivasi Karyawan Secara Berkala

Ada yang mengatakan bahwa motivasi itu tidak dapat bertahan lama.

Sama halnya dengan kita mandi, berapa kali kita perlu mandi setiap hari? Mengapa kita tidak mandi sekali seminggu dan tetap harum

Itu seperti motivasi, diperlukan upaya perusahaan untuk memberikan karyawan motivasi berkala.

Terkadang karyawan memerlukan orang dari luar atau “dosen terbang” untuk memotivasi mereka.

Lakukan ini secara rutin dan menyenangkan supaya pikiran dan jasmani para karyawan disegarkan kembali dan dapat bekerja secara maksimal.

 

Baca juga: Cara Memotivasi Karyawan agar Kinerja Karyawan Meningkat

 

3. Memperhatikan Sikap dan Etika Karyawan dalam Tempat Kerja

Suasana kerja yang nyaman dan kekeluargaan akan mendukung produktivitas perusahaan. Jika para karyawan mempunyai sikap yang baik, saling menghargai antara sesama, dengan atasan ataupun bagian yang ada di bawahnya maka itu baik sekali.

Lingkungan kerja yang positif tercipta mulai dari perkataan dan pemikiran positif. Tidak mungkin menciptakan keadaan positif jika satu karyawan dengan yang lainnya bersikap negatif.

Coba renungkan hal ini. Dari sinilah tercipta juga etika yang baik antar karyawan dalam perusahaan. Jangan remehkan hal sepele ini, karena karyawan tidak bertahan lama di tempat kerja yang bernuansa tegang dan tidak nyaman.

 

4. Sediakan Kantin Kecil

Untuk melepaskan lelah dan rasa jenuh biasanya karyawan tertarik untuk makan sesuatu atau minum kopi atau teh.

Keberadaan kantin kecil ini dapat menjadi solusi pelepas kejenuhan saat bekerja. Selain sebagai sarana pelepas lelah, kantin kecil dapat menjadi sarana perbaikan gizi bagi karyawan.

Jika ada yang belum sarapan atau tidak membawa bekal makan siang, kantin ini menjadi solusi untuk mendapatkan gizi tanpa harus pergi jauh mencari makan di luar kantor.

Sediakan makanan yang rata-rata disukai oleh karyawan.

 

5. Memperbaiki Lingkungan Kerja

Tempat kerja ibarat rumah kedua bagi karyawan.

Karena 1/3 dari 24 jam yaitu 8 jam karyawan akan berada di kantor.

Meskipun ada bagian marketing atau lainnya yang tidak selalu di kantor, mereka tetap memerlukan lingkungan kerja yang nyaman.

Hal yang sering diremehkan adalah suhu ruangan atau penggunaan AC.

Suhu yang kurang tepat akan membuat karyawan gerah dan tidak bisa bekerja, karena asupan oksigen yang kurang. Karyawan akan merasa cepat lelah. Bila terlalu dingin juga sama, tidak bisa fokus.

Usahakan mengatur suhu AC yang ideal sesuai dengan luas kantor atau tempat kerja.

Perhatikan juga pencahayaan dan toilet yang bersih. Produktivitas akan meningkat jika karyawan merasa nyaman.

 

Baca juga: Mulai Bosan Bekerja? Atasi Dengan 7 Tips Sederhana ini!

 

6. Jaminan Sosial Atau Asuransi

Kesehatan dan keselamatan karyawan sangat penting.

Adanya jaminan sosial atau asuransi yang diberikan perusahaan kepada karyawan membuat mereka merasa aman dan terjamin, baik yang sudah berkeluarga maupun belum.

Rasa aman ini diperlukan untuk mereka bekerja memperjuangkan perusahaan mereka.

 

7. Adanya Kesempatan Berprestasi

Setiap orang akan merasa bangga bila bisa maju dan berprestasi.

Bukan hanya di sekolah, di tempat kerja juga sama. Prinsip yang baik adalah memberikan penghargaan secara publik dan menegur secara pribadi. Apresiasi seperti karyawan terbaik bulan ini akan meningkatkan semangat bekerja mereka.

Ini bisa membuat kompetisi yang sehat dalam perusahaan di samping menciptakan suasana kerja positif dan saling membangun. Bonus dan insentif juga bisa dipakai sebagai strategi tambahan.

Dengan adanya program yang terencana dari tim HRD untuk meningkatkan produktivitas kerja, maka karyawan akan merasa betah dan sanggup bertahan di tengah tekanan pekerjaan sesulit apapun.

Di samping itu, dibutuhkan juga sistem yang mampu mensukseskan program-program atau tugas pokok dari HRD, salah satunya adalah dengan menggunakan Software HRD dari LinovHR.

 

Mensukseskan Program Kerja HRD dengan LinovHR

Ada banyak Fitur dan Modul yang dapat perusahaan manfaatkan untuk mensukseskan segala program kerja HRD di antaranya adalah fitur personal administration, payroll, time management, ESS, Learning and Development, Competency Management, dan Succession Management.

Kecanggihan dari LinovHR dapat mendukung perusahaan Anda dalam meningkatkan produktivitas.

Segera undang kami untuk melakukan demo software HR LinovHR melalui link berikut ini linovhr.com/contact-us/