Tes psikologi

5 Fakta Mengejutkan Tentang Tes Psikologi

Tes psikologi menjadi kebutuhan penting di berbagai bidang. Tak hanya di bidang pendidikan, dunia usaha juga memerlukan tes psikologi ini. Biasanya untuk di perusahaan, HRD memakai tes psikologi untuk merekrut karyawan baru, seperti yang sudah pernah kami bahas pada artikel mengenai manfaat tes psikologi untuk rekrutmen. Kegunaan tes psikologi ini menolong tim rekrutmen untuk mengatur posisi tertentu bagi karyawan yang dibutuhkan perusahaan. Diharapkan dengan karyawan bekerja sesuai dengan karakternya mereka akan bekerja efektif dan produktif.

Dalam sebuah tes psikologi, biasanya perilaku dan mental seseorang akan terbaca. Secara umum pada tes psikologi perilaku, kesehatan mental, kepribadian dan IQ seseorang dapat terlihat. Beberapa jenis tes lain mampu memetakan bagaimana respon atau reaksi seseorang saat dihadapkan pada masalah, mampukah orang tersebut menghadapi tekanan. Kemampuan atau kekuatan positif tertentu dapat diketahui dari hasil tes ini.

Adalah baik jika semua perusahaan yang melakukan rekrutmen melakukan tes psikolog bagi calon karyawannya, karena setiap posisi di perusahaan membutuhkan karakter yang berbeda. Jika sebuah perusahaan membutuhkan seorang marketing, tidak mungkin yang direkrut itu seorang yang pemalu, introvert dan ragu-ragu. Mereka yang bekerja di bidang marketing biasanya berkarakter menarik, mudah bergaul dan mampu meyakinkan calon pembeli. Di sinilah tes psikologi mampu memberikan hasil yang mendekati karakter seseorang. Jika pekerjaan dan karakter seseorang itu tidak cocok, maka mereka akan frustrasi saat bekerja dan tidak menghasilkan hasil yang optimal.

Ada beberapa kegunaan dari tes psikologi ini yaitu:

 

1. Memprediksi Kinerja Karyawan

Tes ini memang fantastis. Bukan seperti ramalan bintang, tapi hasil dari tes ini akan mengetahui apakah calon karyawan akan bekerja secara optimal atau tidak. Potensi dalam diri seorang karyawan akan terlihat saat dia mengambil tes ini. Ketahanan seorang karyawan terhadap stres, juga ketelitiannya menjadikan calon karyawan ini dapat diprediksikan kinerjanya.

 

Baca Juga:Total Motivasi, Kiat Tingkatkan Kinerja Karyawan

 

2. Memaparkan Lebih Dari Penilaian Luar

Jika HRD merekrut karyawan hanya dengan mewawancarainya saja, dapat dipastikan hasilnya tidak akan akurat. Karena pada umumnya setiap calon karyawan atau pekerja pada saat melamar hanya akan menampilkan kesan baik bagi perusahaan. Mereka akan menunjukkan atau menampilkan kondisi diri yang bukan diri mereka sesungguhnya. Hal ini kurang baik jika karyawan itu nantinya mengecewakan perusahaan dengan karakternya yang asli. Tapi, jika tim HRD memberikan tes psikologi, maka itu akan memunculkan karakter asli karyawan. Ini akan membuat tim lebih mudah melakukan rekrutmen.

 

3. Membantu Memetakan Karyawan Untuk Posisi Tertentu

“The right man at the right place”.

Ini sesungguhnya yang dicari oleh setiap perusahaan. Perusahaan yang melakukan rekrutmen akan tertolong dari salah memposisikan karyawan melalui tes psikologi. Semua ini sangat menguntungkan kedua belah pihak, baik pihak perusahaan ataupun karyawan. Dari pihak perusahaan akan senang bila karyawan yang direkrut bekerja dengan potensi baik dari dalam diri karyawan itu. Sedang karyawan juga senang bila dapat memaksimalkan potensi mereka dan memberikan sumbangsih yang positif bagi kemajuan perusahaan.

 

4. Memaksimalkan Potensi Diri Seseorang

Seperti yang kita ketahui, tes psikologi mampu memaparkan potensi dalam diri seseorang. Jika seorang calon karyawan sudah mengetahui potensi diri mereka yang mungkin saat ini belum tergali maksimal, dengan tes psikologi ini akan mendorong karyawan lebih memaksimalkan potensi diri mereka. Sehingga bisa ikut menunjang peningkatan jenjang karir yang lebih cepat.

 

5. Mengetahui Kelemahan Seseorang

Tentu tidak semua bagian dalam diri kita ini positif, pasti ada kekurangannya. Sebagai manusia normal kita harus juga menyadari dan menerima kekurangan diri. Ini juga bisa menjadikan kita belajar lebih lagi untuk meningkatkan sisi positif dari diri kita yang bisa menguntungkan orang lain.

 

Segala hal yang fundamental mengenai tes psikologi memang sudah seharusnya diketahui oleh orang-orang yang terjun di dunia HR atau pemilik bisnis itu sendiri sebagaiDecision Maker. Selain instrumen seperti tes psikologi, sistem HR yang mendukung juga penting untuk dimiliki oleh perusahaan untuk mendukung kinerja HR. LinovHR salah satunya. Cek halaman kami di sini, untuk mengetahui lebih jelas mengenai Software HR dan Payroll terbaik kami.