self management

Terapkan Self Management untuk Perkembangan Karir Lebih Baik!

Untuk mencapai karir yang diimpikan, penerapan self management adalah cara efektif yang bisa Anda gunakan. Namun masih banyak orang yang asing dengan istilah ini sehingga tidak bisa mencapai tujuan yang diharapkan.

Untuk mengetahui lebih jelasnya, langsung saja simak artikel berikut ini!

 

Apa itu Self Management?

Self management adalah cara seseorang untuk mengendalikan diri pada suatu perbuatan yang dilakukan atau sebelum melakukan sesuatu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan sehingga dapat melakukan atau memberikan hal-hal baik.

Sedangkan, pengertian self management menurut para ahli dapat diklasifikasikan sebagai berikut:

 

Mahoney dan Thoresen

Self Management adalah kesadaran dan keterampilan individu untuk mengatur keadaan sekitarnya yang dapat mempengaruhi tingkah lakunya.

 

Sidney W. Bijou

Adalah suatu kontrol atau respon yang timbul dari respon lain pada individu melalui stimulus yang dihasilkan oleh diri sendiri.

 

Sukadji 

Self management atau manajemen diri adalah cara seseorang untuk mengatur perilakunya sendiri.

Sebelum melakukan sesuatu, ada baiknya jika Anda bisa memikirkan dampak apa yang akan terjadi jika melakukannya. Maka dari itu, self management atau manajemen diri adalah bentuk pengendalian diri seseorang agar tidak menghasilkan suatu hal yang dianggap merugikan.

Selain untuk diri sendiri, self management juga bisa dilakukan untuk mengembangkan karir yang lebih baik.

 

Baca Juga : Simak 9 Panduan Sukses Perencanaan Karir!

 

Manfaat Self Management dalam Karir

Dalam perkembangan karir, penerapan self management bisa menjadi salah satu faktor terpentingnya. Lalu apa saja manfaatnya?

 

Meningkatkan dan Mengembangkan Pengelolaan Diri

Self management dapat meningkatkan pengelolaan diri seseorang. Dalam menentukan suatu tujuan dalam karir, biasanya hambatan yang sering terjadi adalah tidak bisa menentukan tujuan yang tepat. Dengan manajemen diri yang baik, penentuan karir seseorang akan lebih mudah terarah.

 

Independen 

Proses manajemen diri juga dapat melatih seseorang dalam kemandirian. Dengan kata lain, mereka akan mengatur tujuan dan bertanggung jawab atas pilihan yang telah dipilihnya. Sehingga, hal ini mengurangi ketergantungan seseorang dengan orang lain serta mengembangkan potensi diri lebih baik lagi.

 

Bebas 

Bebas dalam arti disini adalah karyawan bisa secara bebas untuk memilih jalan karirnya sesuai dengan minat dan kemampuan yang dimiliki. Dengan mempelajari dan menerapkan self management yang baik, mereka tahu apa yang hal apa yang dibutuhkan dan tujuan apa yang ingin dicapai.

 

Siap Menghadapi Tantangan

Pengendalian diri yang baik membuat karyawan akan siap untuk menghadapi tantangan kerja yang akan terjadi, karena pastinya mereka telah mempelajarinya dan menyiapkan strategi apa jika tantangan tersebut datang. Mereka juga siap untuk keluar dari zona nyamannya untuk menambah pengalaman, skill baru, dan menguji kemampuan dirinya.

 

Baca Juga : Kenali Big Five Personality untuk Perkembangan Karir

 

Cara Menerapkan Self Management

Agar penerapan self management bisa dilakukan secara baik dan mendapatkan hasil yang maksimal, ikutilah cara-cara di bawah ini!

 

  • Tiba Tepat Waktu

Saat menghadiri meeting atau rapat kerja, usahakan agar datang 15 atau 30 menit sebelum dimulai. Dengan begitu, Anda memiliki waktu luang yang bisa dimanfaatkan untuk mencari informasi terkait dengan pembahasan apa yang ingin dibahas. Sehingga akan membuat Anda lebih siap untuk mengikuti rapat.

 

  • Buatlah Rencana

Luangkan waktu setelah pulang kerja untuk mengatur kalender Anda. tulislah daftar tugas baru atau atur agenda Anda dengan memasukkan tugas-tugas yang harus diselesaikan pada hari berikutnya. Anda juga dapat menggunakan waktu ini untuk meninjau hal apa yang telah Anda capai untuk mengetahui seberapa sukses target yang sudah dicapai.

 

  • Susun Agenda yang Teratur

Anda dapat menulis jadwal acara, deadline, atau agenda rapat rutin secara mendetail sehingga dapat mengelola suatu proyek, tugas, dan tanggung jawab lebih baik. Sebagai tips, cobalah untuk memanfaatkan aplikasi pelacakan atau perencanaan tugas agar seluruh tugas Anda bisa dikelola secara efektif.

 

  • Analisis Tugas Sebelum Anda Mengerjakannya

Saat mendapatkan tugas baru, cobalah untuk menganalisis tujuan dari pemberian tugas tersebut. Anda bisa mengajukan pertanyaan kepada rekan atau atasan jika terdapat hal yang belum Anda mengerti. Cara ini bertujuan agar tugas bisa dilakukan secara maksimal dan sesuai dengan harapan.

Pengelolaan manajemen diri yang baik memiliki dampak besar terhadap kualitas diri serta perkembangan karir kedepannya. Proses pengendalian diri membuat Anda bisa lebih mengontrol diri sebelum memulai suatu tindakan agar tidak terjadi hal-hal yang merugikan diri sendiri maupun orang lain.

Dengan mempelajari dan menerapkan self management, Anda bisa menentukan bidang karir sesuai dengan minat dan kemampuan tanpa dipengaruhi orang lain. Karena, Anda sudah mengetahui tujuan yang ingin dicapai serta bertanggung jawab pada setiap langkah yang dipilih.

Demikianlah penjelasan mengenai self management untuk perkembangan karir yang lebih baik. Anda bisa menerapkan cara-cara diatas untuk mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Semoga artikel ini dapat menuntun Anda untuk mencapai impian karir Anda. Selamat mencoba!