big five personality

Mengenali Big Five Personality untuk Perkembangan Karir

Penempatan posisi kerja yang tepat akan membantu karyawan untuk lebih produktif dan efektif dalam bekerja. Agar karyawan bisa ditempatkan pada posisi yang sesuai, perusahaan harus mengetahui kemampuan atau skill yang dimiliki tiap karyawan dengan melakukan Big Five Personality Test. 

 

 

Pengertian Big Five Personality Test

Big Five Personality adalah sebuah teori yang menjelaskan kepribadian individu terdiri dari 5 domain atau sifat kepribadian yang telah dibentuk dengan menganalisis berbagai faktor yang memiliki hubungan faktor biologis atau alam. Setiap orang pastinya memiliki bawaan sifat dari Big Five Personality, tetapi hanya 1 sifat yang paling menggambarkan kepribadian seseorang.

Teori Big Five Personality tersebut menyebutkan bahwa kepribadian dapat dirangkum ke dalam 5 sifat utama yang biasa orang mengenalnya dengan singkatan OCEAN.

 

Openness 

Faktor openness menjelaskan bahwa seseorang sangatlah terbuka dengan hal-hal baru yang diterimanya. 

Positifnya, mereka sangat suka terhadap hal baru dan juga berusaha untuk mempelajarinya. Orang yang termasuk ke dalam faktor ini juga memiliki minat yang luas, intelektual yang tinggi, dan kreatif.

Kebalikan dari sisi positifnya, mereka sangat nyaman dengan kondisi yang sedang dilalui dan tidak menyukai hal-hal baru.

 

Conscientiousness 

Conscientiousness adalah individu yang memiliki sifat berhati-hati dalam segala tindakan atau melakukan pertimbangan yang matang untuk mengambil sebuah keputusan. 

Sifat positif dari golongan ini yaitu memiliki tingkat kedisiplinan yang tinggi, tekun, bertanggung jawab, dan bisa diandalkan. Namun, sifat negatifnya adalah terburu-buru, tidak bisa bertanggung jawab, dan tidak bisa diandalkan.

 

Extraversion 

Sifat extraversion merupakan kepribadian yang senang berinteraksi dengan orang lain. 

Sisi positifnya, mereka sangat senang bersosialisasi, mudah bergaul, dan juga supel. Dengan berada di sekitar orang lain, mereka akan lebih bersemangat untuk melakukan aktivitasnya. Sifat ini memiliki sisi negatif berupa lebih suka untuk menyendiri, menutup diri, pendiam, dan penakut.

 

Agreeableness 

Sifat agreeableness cenderung lebih patuh kepada aturan dan sangat menghindari terjadinya konflik atau masalah. 

Karakter positif seperti ini biasanya orang yang baik, suka membantu, ramah, dan kooperatif. Namun sebaliknya, sisi negatif dari agreeableness adalah tidak peduli dengan perasaan orang lain, suka meremehkan, dan cenderung tidak ramah.

 

Neuroticism 

Terakhir adalah neuroticism, yaitu mereka yang mudah untuk menahan emosi atau tekanan stress. 

Sisi positif dari sifat neuroticism disebut dengan kestabilan emosional atau Emotional Stability. Mereka akan sangat tenang saat menghadapi masalah, percaya diri, dan memiliki pendirian. Sedangkan, sisi negatif dari sifat ini adalah gampang stress, gugup,tidak percaya diri, sering berubah-ubah pikiran dan tidak memiliki pendirian yang tetap.

 

Baca Juga: 7 Attitude Buruk di Kantor, Apakah Anda Pernah Melakukannya? 

 

Menggunakan Big Five Personality untuk Perencanaan Karir Karyawan

Perencanaan karir karyawan akan lebih mudah ditentukan jika bisa menempatkan mereka dengan kemampuan dan juga karakteristik masing-masing individu. Setelah melakukan penilaian berdasarkan Big Five Personality akan muncul hasil antara 5 sifat utama dari OCEAN. Dari hasil tersebut, Anda bisa memberikan gambaran terhadap karir apa yang cocok sesuai dengan kepribadian.

 

Berikut ini terdapat contoh jenis karir sesuai karakteristik dari Big Five Personality.

1. Openness 

Dari penjelasan diatas, karakter openness adalah pribadi yang terbuka dengan hal baru. Jika Anda memiliki skor tinggi pada karakter ini, jenis pekerjaan yang mungkin akan cocok bagi Anda adalah seorang pemandu wisata atau pilot

 

2. Conscientiousness 

Sebagai orang yang sangat teliti dan berhati-hati, jenis pekerjaan yang cocok bagi Anda jika memiliki karakter ini adalah seorang akuntan atau sales manager. 

Pekerjaan tersebut sangat cocok dengan kepribadian conscientiousness karena tugas yang mereka kerjakan memerlukan tingkat ketelitian yang tinggi.

 

3. Extraversion 

Bagi Anda yang sangat suka bersosialisasi, terdapat jenis karir yang selaras dengan karakteristik seorang extraversion. Karir tersebut adalah menjadi event planner dan personal trainer. 

 

4. Agreeableness 

Agreeableness menunjukkan pribadi yang akan menghindari sebuah konflik. Untuk itu, penempatan karir yang mungkin cocok dari karakteristik ini adalah menjadi tenaga pengajar/guru dan spesialis sumber daya manusia. Sifat kooperatif dan sangat patuh terhadap peraturan ini sangat cocok pada pekerjaan yang akan mengatur dan mengelola aktivitas.

 

5. Neuroticism 

Neuroticism adalah seseorang yang memiliki kestabilan emosi. Maka dari itu, jenis karir yang cocok untuk karakteristik seperti ini adalah pekerja sosial atau perawat psikiatri. Karena pekerjaan tersebut akan bertemu dengan emosi dan karakteristik setiap orang yang berbeda-beda. Jadi mereka yang memiliki sifat ini sangat diperlukan dalam bidang pekerjaan tersebut.

 

Baca Juga: Bosan Bekerja? Ikuti Tips Mengatasi Rasa Bosan Selama Bekerja! 

 

Manfaat Memahami Big Five Personality Test untuk Karir

Mendapatkan pekerjaan sesuai dengan passion dan karakteristik tentu saja harapan semua orang. Maka dari itu, pentingnya memahami teori big five personality akan sangat berguna untuk menentukan perkembangan karir.

Terdapat 6 manfaat dalam memahami Big Five Personality Test, yaitu:

  1. Perusahaan akan mengetahui ciri-ciri atau personality karyawan untuk membantu dalam mengembangkan karir di berbagai lingkungan kerja.
  2. Membantu dalam mencapai keberhasilan kerja.
  3. Memudahkan untuk menentukan skema pengelompokan isu dalam sebuah diskusi.
  4. Memahami big five personality akan menerima segala jenis karakter manusia yang beragam untuk melakukan kerja sama.
  5. Proses perkembangan karir akan lebih mudah terarah karena telah mengetahui dimensi dari big five personality.
  6. Dapat memahami kemauan, sifat dan kepribadian diri sendiri untuk menentukan tujuan karir yang lebih jelas.

 

Mudahkan Pengelolaan Karyawan Bersama LinovHR

Memahami kondisi psikologi kandidat atau karyawan merupakan bagian dari pengelolaan SDM. Seiring dengan perkembangan teknologi dan komunikasi, pengelolaan SDM di sebuah perusahaan kini menggunakan software HRIS atau Human Resource Information System.

Salah satu HRIS terbaik di Indonesia yang dapat membantu Anda dalam mengelola karyawan perusahaan adalah Software HRD dari LinovHR. Software LinovHR menawarkan berbagai solusi permasalahan seputar dengan pengelolaan tenaga kerja.

LinovHR memiliki beberapa fitur yang tentu saja akan bermanfaat bagi perusahaan Anda, diantaranya:

  • Mengelola data seluruh informasi karyawan
  • Melakukan penilaian dan evaluasi kinerja
  • Mengadakan pengembangan dan pelatihan kerja yang sesuai untuk meningkatkan kemampuan karyawan
  • Membantu dalam melancarkan proses rekrutmen
  • Membuat jadwal kerja yang efektif

software hris

 

Dengan memanfaatkan Software HRD dari LinovHR, Anda tidak perlu khawatir jika terjadi kehilangan, kerusakan, atau hal lain yang akan merugikan perusahaan. Karena LinovHR dirancang dengan sistem yang canggih sehingga data akan dikelola secara otomatis, efektif serta akurat dengan tingkat pengamanan yang tinggi.

Demikian penjelasan mengenai Big Five Personality yang berguna untuk perkembangan karir karyawan. Dengan mempelajari teori tersebut, Anda bisa menentukan jenis karir sesuai dengan karakteristik karyawan.