perencanaan karir

Ingin Sukses Berkarir? Simak 9 Panduan Perencanaan Karir!

Siapa karyawan yang tidak ingin sukses menempuh karir? Semua karyawan pasti ingin mendapatkan jenjang karir yang lebih baik dibandingkan sebelumnya. Namun, meraih karir impian tidaklah mudah. Dibutuhkan perencanaan karir yang matang agar Anda dapat meraih kesuksesan. 

Bagaimana cara menyusun perencanaan karir? Kali ini LinovHR akan membahas panduan perencanaan untuk meraih karir impian. Simak ulasannya! 

 

Kenali Diri Sendiri

Pertama, Anda harus memahami diri sendiri sebelum menetapkan perencanaan karir. Kenali kelemahan dan kelebihan yang ada dalam diri Anda. Lalu, fokuslah pada kelebihan yang Anda miliki. Sementara itu, Anda dapat meminimalisir kekurangan yang ada dalam diri. Cara ini dapat meningkatkan kualitas diri dan membuat Anda tampak unggul dengan kelebihan yang Anda miliki. 

 

Tetapkan Tujuan Secara Bertahap

Untuk menjadi seseorang yang mahir,  Anda tidak mungkin langsung mengambil langkah besar. Anda perlu menetapkan tujuan secara bertahap. Anda dapat menetapkan setiap tujuan dengan panduan SMART(specific, measurable, achievable, realistic, dan timebound)  agar tujuan yang Anda tetapkan lebih realistis dan mudah dicapai. Menetapkan tujuan secara bertahap juga membuat Anda jauh lebih mahir dari waktu ke waktu. 

 

Keluar dari Zona Nyaman

Bagaimana mungkin Anda meraih kesuksesan jika masih bertahan di posisi yang itu-itu saja? Anda harus keluar dari zona nyaman dan mencoba hal baru yang lebih menantang. 

Contohnya, cobalah berinisiatif untuk mengambil tanggung jawab baru agar skill atau keterampilan Anda semakin terasah. Dengan begitu kemampuan Anda ikut berkembang dan tidak di posisi yang sama dari tahun ke tahun. 

 

Minta Pendapat 

Anda tidak bisa melakukan semuanya seorang diri. Untuk meningkatkan karir, ada baiknya Anda meminta pendapat dari banyak pihak yang terlibat dalam pekerjaan Anda. Contohnya, sesama rekan, atasan, dan sebagainya. 

Berbagai masukan dari rekan kerja dan atasan dapat membantu Anda untuk meningkatkan kualitas diri yang lebih baik. Akan tetapi, perlu diingat bahwa tidak semua pendapat dari orang lain akan bermanfaat bagi Anda. Jadi, Anda juga dituntut harus selektif dalam menerima masukan. 

 

Baca Juga: Dikejar Deadline? Gunakan Jurus Jitu Berikut Ini! 

 

Cari Mentor Terbaik

Tidak hanya butuh pendapat dari orang lain, Anda juga membutuhkan orang yang jauh lebih mahir dari Anda untuk menjadi panutan dan memberi gambaran yang lebih besar mengenai potensi karir yang Anda rencanakan. Motivasi Anda pun akan semakin meningkat serta semakin bersemangat untuk meraih cita-cita. Anda bisa mencari mentor tersebut di lingkungan kantor, komunitas, hingga sosial media. 

 

Perluas Relasi 

Anda juga butuh relasi yang cukup luas untuk mengembangkan karir. Relasi yang luas akan membantu Anda untuk mendapatkan informasi mengenai perkembangan dan tren yang sedang terjadi di dunia kerja. Bisa saja Anda justru mendapatkan lowongan kerja dari salah satu relasi Anda, loh!  Cukup menjanjikan, bukan? 

reimbursement (resolusi low)

 

Pertimbangkan untuk Melanjutkan Pendidikan

Ada beberapa posisi khusus yang mengharuskan Anda mengenyam pendidikan yang jauh lebih tinggi, misalkan Anda harus memiliki gelar S2 untuk menjadi seorang manajer keuangan. Bila adanya demikian, Anda dapat mempertimbangkan untuk melanjutkan pendidikan.

Akan tetapi, tidak semua posisi tinggi mengharuskan Anda harus memiliki gelar S2. Ada juga posisi khusus yang mengharuskan Anda memiliki sertifikat profesi tertentu. Anda pun dapat mengambil kursus singkat atau program sertifikasi.  Apapun pilihan Anda, sesuaikanlah dengan kondisi dan pekerjaan yang Anda jalani saat ini. 

 

Baca Juga: Jenis Entrepreneur yang Harus Anda Ketahui

 

Fokus dan Disiplin

Sedetail dan sematang apapun perencanaan karir, percuma saja jika Anda tidak fokus dan disiplin. Maka, Anda harus fokus dan disiplin terhadap apa yang sudah Anda rencanakan. Fokus dan disiplin membuat Anda tidak mudah menyerah walau mendapatkan berbagai kesulitan dalam pekerjaan

 

Sering Lakukan Evaluasi

Pada hakikatnya manusia akan selalu belajar. Anda tidak mungkin langsung melakukan semuanya dengan benar, pasti sesekali Anda melakukan kesalahan dalam pekerjaan dan karir. Hal ini adalah lumrah mengingat Anda juga masih merintis karir. 

Lakukanlah evaluasi secara kontinu mengenai apa saja yang sudah Anda kerjakan, hambatan yang ada, serta kesalahan yang Anda lakukan. Anda bisa memperbaiki kesalahan yang Anda lakukan sebelumnya dan mencegah kesalahan yang sama di masa datang. 

 

Meraih kesuksesan karir tidaklah mudah. Begitu pula dalam membentuk perencanaan karir. Anda akan menghadapi berbagai macam tantangan dan rintangan. Semoga panduan singkat di atas dapat membantu Anda untuk meraih karir impian! Selamat mencoba!