corporate finance

Memahami Seluk Beluk Tentang Aktivitas Corporate Finance

Keuangan perusahaan adalah sistem yang kompleks. Anda mungkin menyangka aktivitas keuangan perusahaan hanyalah mengumpulkan keuntungan. Tidak sesimpel itu, ternyata aktivitas corporate finance tidak hanya terbatas di situ saja.

Corporate finance punya kaitan erat dengan capital market. Kedua istilah ini menunjukkan sistem pengelolaan keuangan yang dilakukan oleh divisi keuangan di perusahaan.

Dalam artikel LinovHR akan menjelaskan kepada Anda tentang corporate finance secara lebih dalam, simak di bawah ini, ya! 

 

Apa Itu Corporate Finance

Corporate finance adalah segala kegiatan keuangan yang dilakukan oleh perusahaan, baik jangka pendek maupun jangka panjang. Tujuan utama corporate finance adalah meningkatkan nilai ekonomis perusahaan.

Tujuan corporate finance dicapai melalui perencanaan, pengembangan, dan pengendalian struktur modal bisnis. Dalam mencapai tujuan itu, orang di balik corporate finance juga harus menyeimbangkan risiko dan profit.

 

Aktivitas Corporate Finance

Aktivitas corporate finance terbagi atas 4 aktivitas utama. Keempat aktivitas itu adalah investasi, pendanaan, modal harian, dan dividen. 

 

1. Pemilihan Investasi

Aktivitas corporate finance yang pertama adalah investasi. Aktivitas ini meliputi pemilihan keputusan investasi aset modal jangka panjang perusahaan. Pilihan bidang investasi dan keuntungan yang dihasilkan menjadi landasan utama keputusan investasi perusahaan.

Aktivitas ini biasanya dilakukan oleh financial analyst. Melalui beberapa tools keuangan, analisis finansial akan mengidentifikasi pengeluaran modal (capital expenditure), arus kas dari proyek investasi, dan perbandingan rencana investasi yang diajukan dengan rencana lainnya.

 

2. Pendanaan

Mengumpulkan pendanaan untuk keberlangsungan perusahaan adalah aktivitas corporate finance yang kedua. Dana yang dikumpulkan perusahaan digunakan untuk membiayai proyek-proyek investasi.

Pendanaan meliputi ekuitas, utang, dan laba ditahan. Biasanya, ekuitas dan hutang akan dikombinasikan untuk menghasilkan pendanaan terbaik bagi perusahaan. Jika terlalu banyak meminjam uang dari bank, membayar kembali hutang tersebut akan sangat berisiko. 

Sementara jika terlalu mengandalkan ekuitas, pendapatan dan value untuk investor akan melemah.

 

3. Pengelolaan Modal Harian

Modal harian atau working capital adalah modal jangka pendek yang digunakan untuk operasi bisnis sehari-hari. Aktivitas corporate finance yang satu ini harus bisa memastikan arus kas yang keluar masuk sudah sesuai dengan kebijakan perusahaan.

Pengelolaan modal harian dilakukan dalam jangka pendek. Jika modal harian dikelola dengan baik, perusahaan bisa terhindar dari kebangkrutan.

 

Baca Juga: Ketahui Apa Itu Modal Ventura dalam Dunia Bisnis

 

3. Pembagian Dividen

Perusahaan yang telah melakukan IPO bertanggung jawab untuk memberi dividen kepada pemegang saham. Salah satu aktivitas corporate finance adalah menentukan jumlah dividen yang harus dibagikan berdasarkan keuntungan bisnis yang perusahaan terima.

Namun sebelum itu, seorang corporate manager juga harus memutuskan apakah kelebihan keuntungan yang dihasilkan perusahaan bisa dibagikan ke pemegang saham atau tidak. Sebab, ada pilihan lain yaitu menginvestasikan kembali surplus tersebut.

Keputusan investasi kembali harus didasarkan pada analisis apakah investasi bisa menumbuhkan bisnis atau tidak.

 

Atur Masalah Corporate Finance dengan Jasa Payroll LinovHR

 

payroll

 

Pengelolaan yang baik pada corporate finance adalah kunci kesuksesan perusahaan. Hal ini karena dengan begitu perusahaan dapat memaksimalkan keuntungan dan meminimalisir kerugian perusahaan.

Dalam corporate finance sangat penting juga untuk dapat menentukan metode aksi korporasi apa yang digunakan. Karena ini akan menentukan dalam aliran dana dan pendistribusian dana.

Dengan tingkat kompleksitas yang tinggi, tidak jarang perusahaan menggunakan jasa payroll untuk membantu dalam masalah perpajakan, penggajian, dan konsultasi masalah keuangan lainnya. 

Jika Anda sedang mencari jasa payroll yang bisa membantu Anda, Payroll service LinovHR adalah salah satu yang bisa diandalkan. Ada banyak kemudahan yang ditawarkan oleh jasa payroll service LinovHR, seperti sistem yang berbasis online membuat Anda bisa mengupdate data secara realtime. 

Masalah keamanan juga tidak perlu Anda ragukan lagi, karena keamanan tingkat tinggi. Selain itu, payroll service LinovHR sudah menggunakan software payroll tercanggih sehingga perhitungan payroll, BPJS, hingga pajak yang lebih cepat dan akurat. 

Jika Anda membutuhkan konsultasi pajak, tim profesional kami juga siap memberikan konsultasi seputar pajak untuk bisnis Anda. Sehingga Anda tidak lagi perlu bingung atau pusing.

Payroll services LinovHR adalah solusi terbaik untuk corporate finance Anda! Ayo rencanakan demo sekarang!