modal ventura

Modal Ventura: Pengertian, Jenis, dan Manfaatnya untuk Perusahaan

Suatu bisnis atau perusahaan dapat terbentuk jika memiliki modal. Perusahaan menggunakan modal untuk mendukung operasional dan kinerja bisnis. Tanpa modal yang memadai, suatu perusahaan tidak akan berkembang menjadi lebih baik. Ada banyak jenis modal yang bisa digunakan oleh pebisnis salah satunya adalah modal ventura.

Pengertian Modal Ventura

Apa itu modal ventura? Modal ventura atau yang biasa disebut juga dengan venture capital adalah salah satu jenis investasi yang pembiayaannya berupa penyertaan modal ke dalam suatu perusahaan swasta dalam jangka waktu tertentu.

Bentuk investasi dari jenis modal ini adalah uang tunai yang diberikan kepada perusahaan lalu perusahaan tersebut memberikan sejumlah saham kepada orang atau lembaga yang memberikan modal. Resiko yang dihasilkan tergolong tinggi, tetapi memiliki timbal balik yang tinggi pula. 

Sebelum memutuskan untuk berinvestasi tentunya investor sudah mengetahui bahwa perusahaan yang dibiayai memiliki risiko tinggi dak tidak memenuhi standar perusahaan terbuka untuk mendapatkan pinjaman modal dari perbankan.

Venture capital biasanya berasal dari investor yang sudah mapan, baik atau institusi keuangan yang melakukan pengumpulan dana dari beberapa orang dengan tujuan investasi. Pernyataan modal biasanya diberikan kepada perusahaan-perusahaan rintisan atau startup.

 

Baca Juga: Jenis-Jenis E-Commerce di Indonesia yang Perlu Diketahui

 

Jenis Modal Ventura

Ada banyak jenis modal ventura yaitu berdasarkan cara pemberian bantuan, berdasarkan cara penghimpunan dana berdasarkan kepemilikan. Pada klasifikasi tersebut masih akan dibedakan menjadi beberapa jenis sesuai ketentuan yang berlaku. 

Berdasarkan Cara Pemberian Bantuan

Bantuan yang dapat diberikan oleh perusahaan pasang usaha atau investor dapat dibedakan menjadi dua yaitu bantuan manajemen dan finansial. Atas dasar pemberian kedua jenis batuan itu, terdapat dua jenis berdasarkan pemberian bantuan.

Single tier approach

Perusahaan menghimpun berbagai dana dan mengelola dana tersebut untuk diinvestasikan dalam bentuk penyertaan modal di perusahaan pasang usaha.

Two tier approach

Modal dikelola oleh dua badan usaha terpisah yaitu satu perusahaan sebagai penyedia dana atau fund company dan yang satu sebagai pengelola atau management company yang bertugas mengelola dana dari fund company.

Berdasarkan Cara Penghimpunan

Dana perusahaan diperoleh dengan berbagai cara. Berdasarkan cara penghimpunannya, venture capital dibedakan menjadi 2 yaitu leverage venture capital dan equity venture capital.

Leverage venture capital 

Leverage venture capital berasal dari suatu perusahaan modal ventura namun dihimpun dalam bentuk pinjaman dari berbagai pihak.

Equity venture capital

Equity venture capital sumber dananya berasal dari suatu perusahaan modal ventura dan sebagian besar dana dihimpun dari modal sendiri.

Berdasarkan Kepemilikan

Kepemilikan menunjukkan pengaruh yang berbeda terhadap suatu modal. Di bawah ini adalah jenis-jenis menurut kepemilikan: 

Private venture capital company 

Sesuai namanya, private venture capital company belum go public atau perusahaan ini belum menjual sahamnya di bursa efek.

Public venture capital company

Public venture capital company adalah kebalikan dari private modal capital company, yaitu sebuah perusahaan modal ventura yang telah menjual sahamnya di bursa efek. 

Bank affiliate venture company

Bank affiliate venture company adalah perusahaan yang didirikan oleh beberapa bank yang mengalami surplus dana atau memiliki misi khusus dalam hal venture capital.

 

Baca Juga: 10 Prinsip Ekonomi dalam Masyarakat yang wajib Diketahui

 

Conglomerate venture capital

Conglomerate venture capital adalah perusahaan yang didirikan oleh beberapa perusahaan.

Contoh Modal Ventura

Ada beberapa perusahaan modal ventura yang berdiri di Indonesia. Berikut ini contoh perusahaan-perusahaan yang dimaksud: 

Cyber Agent Venture

Cyber Agent Venture merupakan perusahaan modal ventura asing yang berasal dari Jepang dan telah melakukan ekspansi ke Indonesia. Cyber Agent Venture bersama dengan East Ventures adalah perusahaan yang memberikan suntikan dana kepada Tokopedia,

500 Startup

500 Startup merupakan perusahaan yang sangat terkenal karena didirikan oleh para staff Facebook, Google dan paypal. Perusahaan ini merupakan salah satu investor Bukalapak

Manfaat Modal Ventura

Manfaat memiliki modal bagi perusahaan sangat banyak,  terutama untuk perusahan yang baru dirintis. Berikut ini beberapa manfaatnya untuk perusahaan:

Meningkatkan kegiatan dan potensi usaha

Perusahaan yang diberikan suntikan dana akan menjadikan investor bukan sebagai penggalang dana saja namun juga sebagai partnernya. Investor akan menjadi rekan bisnis yang membantu dalam banyak hal seperti pengembangan ide, inovasi atau hal-hal yang membuat bisnis berkembang lebih besar lagi. Oleh sebab itu jika investor turut ikut serta dalam mengembangkan ide dan kegiatan perusahaan maka kegiatan dan potensi usaha perusahaan akan meningkat.

Pemasaran produk lebih efisien

Perusahaan rintisan atau UMKM biasanya memiliki pemasaran yang belum maksimal karena adanya keterbatasan dana. Dengan adanya venture capital, kredibilitas perusahaan akan meningkat dan perusahaan akan memperoleh citra yang lebih baik sehingga akan berdampak pada pemasaran produk atau jasa yang lebih maksimal.

Kepercayaan dari Bank

Perusahaan rintisan atau yang baru awal berdiri akan sulit mendapatkan kepercayaan dari bank karena masih belum memiliki manajemen yang efektif dan stabil. Bank tidak bisa meminjamkan uangnya kepada perusahaan tersebut karena tidak ingin mengambil risiko perusahan tersebut tidak bisa membayar cicilan karena ada kemungkinan mengalami kebangkrutan.

Likuiditas meningkat

Modal yang diberikan tidak membuat perusahaan harus membayar bunga dan angsuran hutang. Hal ini akan membuat modal bertambah dan bisa digunakan secara langsung sehingga likuiditas perusahaan tersebut akan meningkat.

Rentabilitas Membaik

Perusahaan yang mendapatkan bantuan tidak hanya dibantu secara dana saja namun dibantu secara sisi manajemen. Oleh sebab itu perusahaan bisa meminimalisir biaya produk dan pemasaran sehingga perusahaan bisa meningkatkan rentabilitas.

 

Sayangnya, banyak perusahaan rintisan tidak mampu bertahan karena kurang cakap dalam mengelola modal yang dimiliki. Perusahaan yang baik adalah perusahaan yang mampu mengelola semua modal yang dimilikinya agar operasional dan keberlangsungan perusahaan tetap terjaga. Itulah penjelasan mengenai pengertian, jenis, contoh, dan manfaat dari modal ventura. Semoga dapat membantu menambah wawasan dan menambah inspirasi Anda!