Service Excellent: Pengertian, Aspek, Contoh, Cara Menciptakannya

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

Service Excellent: Pengertian, Aspek, Contoh, Cara Menciptakannya
Isi Artikel

Service excellent adalah fondasi utama dalam membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan. Hal ini merupakan pendekatan yang memastikan setiap interaksi bersama konsumen menghasilkan pengalaman positif dan memuaskan.

Perusahaan yang fokus pada service excellent memahami bahwa kepuasan pelanggan adalah kunci keberhasilan. Dengan memberikan pelayanan yang konsisten, cepat, dan berkualitas, perusahaan dapat membangun kepercayaan dan loyalitas pelanggan.

Meskipun begitu, service excellent memiliki treatment yang berbeda pada tiap sektor bisnis. Penerapan serta aspek yang dipertimbangkan juga banyak macamnya. Supaya lebih jelas, berikut ulasan lengkapnya.

Pengertian Service Excellent 

Secara harfiah service excellent adalah sebuah upaya dalam memberikan pelayanan yang luar biasa kepada pelanggan atau klien. Hal ini dilakukan guna melebihi harapan pelanggan dengan cara yang positif dan memberikan kepuasan yang optimal, 

Biasanya kegiatan service excellent ini dapat ditemukan di berbagai sektor mulai dari perbankan, hotel, e-commerce, hingga layanan transportasi umum. Pelayanan ini bukanlah satu hal yang aneh dikarenakan setiap bisnis memiliki pasarnya masing-masing.

Melalui peningkatan kualitas atau layanan tersebut, bukan tidak mungkin bisnis dapat berhasil untuk jangka panjang.

Tujuan Service Excellent 

Selain menjaga bisnis agar tetap bertahan di masyarakat, dalam penerapannya penerapan service excellent memiliki tujuan khusus bagi perusahaan, antara lain sebagai berikut:

  • Perusahaan mampu menyampaikan penawaran layanan dengan baik kepada pelanggan dan klien. 
  • Perusahaan mampu memberikan informasi sebanyak mungkin mengenai produk, sehingga terjadi transaksi pembelian barang atau jasa. 
  • Perusahaan dapat menciptakan serta mempertahankan kepercayaan pelanggan terhadap barang ataupun jasa yang disediakan. 
  • Perusahaan mampu menghindari atau meminimalisir berbagai keluhan ataupun kendala yang berkaitan dari pelanggan, 
  • Penerapan service excellent mampu mengevaluasi kebutuhan dan keingin pelanggan sehingga mereka dapat diperlakukan dengan baik.

Manfaat Service Excellent

Dengan tujuan tersebut, perusahaan yang menerapkan service excellent tentunya akan mendapatkan banyak manfaat salah satunya peningkatan dalam kinerja perusahaan. Tidak hanya dari sisi penjualan, tetapi juga bekal bagi para karyawan dalam memahami produk atau jasa yang ditawarkan. 

Adapun manfaat lainnya dari penerapan service excellent ini, berikut penjabarannya.

  1. Peningkatan Kepuasan Pelanggan, pelayanan yang bermutu akan memberikan kepuasan dan kesenangan tersendiri bagi pelanggan, sebab mereka akan merasa dihargai, didengar, dan diperlakukan dengan sangat baik.
  2. Peningkatan citra bisnis, bisnis yang menerapkan pelayanan ini akan unggul dari segi reputasi di mata pelanggan sehingga menciptakan citra yang positif. 
  3. Meningkatkan loyalitas pelanggan, pelayanan yang positif juga akan mendatangkan loyalitas yang tinggi bagi perusahaan.
  4. Menciptakan keunggulan kompetitif, salah satu daya tarik perusahaan melalui layanan yang unggul, maka dari itu jika pelayanannya baik bukan hal yang mustahil jika pelanggan memilih bisnis kita dibandingkan dengan pesaing.
  5. Meningkatkan Pendapatan, jika kepuasan pelanggan sudah terpenuhi bukan tidak mungkin pemesanan berulang akan dilakukan oleh pelanggan.

Unsur-unsur Service Excellent 

Service excellent meliputi apa saja? Guna memaksimalkan fungsi serta manfaatnya, berikut beberapa unsur yang wajib ada dalam metode satu ini. 

Komitmen Dalam Memuaskan Pelanggan 

Perusahaan harus berkomitmen secara penuh menjaga pelanggan agar tetap puas. Mendengarkan saran, memberikan respon ketika adanya kritik, serta memprioritaskan kepuasan pelanggan menjadi beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menjalankan unsur tersebut. 

Meningkatkan Kualitas Layanan 

Tanpa layanan yang berkualitas, proses menjaga kepuasan pelanggan tidak akan berjalan dengan baik. Maka dari itu pelayanan yang mampu memberikan keramahan, efisiensi, dan ketepatan dapat menjadi salah satu cara meningkatkan kualitas layanan. 

Responsif Terhadap Pelanggan 

Perilaku yang responsif kepada pelanggan juga menjadi salah satu unsur yang harus diterapkan. Permintaan serta masukan dari pelanggan yang ditanggapi secara cepat dapat menciptakan hubungan yang positif antara kedua pihak. 

Tidak Berhenti Berinovasi 

Inovasi harus selalu diterapkan pada tiap bisnis maupun pelayanan kepada pelanggan. Pengembangan dari segi produk maupun proses layanan yang lebih efisien dapat menjadi salah satu pilihan inovasi.

Melakukan Pelatihan Karyawan

Tidak hanya dari segi produk serta teknis pelayanan, karyawan pun harus dilatih guna mencapai service excellent yang efektif. Pelatihan yang baik juga akan membawa dampak positif berupa karyawan yang lebih memahami produk dan layanan khusus kepada pelanggan.

Peran Service Excellent 

Dari segi pelanggan, penerapan service excellent yang dilakukan perusahaan memiliki andil cukup besar dalam kenyamanan saat berbelanja ataupun menggunakan jasa yang telah ditawarkan. 

Namun, layanan ini juga memiliki peran yang penting bagi sisi perusahaan terutama untuk menjaga citra serta keuntungan untuk waktu yang lama. Berikut peran service excellent yang penting dalam perusahaaan:

Membangun Reputasi Bisnis 

Pengalaman positif ketika menggunakan layanan serta produk perusahaan akan mendapatkan kesaksian yang baik dari banyak pelanggan. Sehingga reputasi yang terbangun cenderung baik dan mendatangkan banyak pelanggan lainnya berkat reputasi tersebut. 

Meningkatkan Daya Saing 

Reputasi yang baik cenderung banyak mendatangkan pelanggan, karena nama perusahaan telah terkenal dan dipercaya oleh banyak orang. Hal ini dapat menjadi nilai tambah terhadap daya saing perusahaan kepada para kompetitor. 

Menghemat Biaya Promosi 

Pelanggan yang mendapatkan pengalaman positif ketika menggunakan layanan perusahaan cenderung akan merekomendasikannya ke banyak orang seperti teman ataupun kerabat. 

Dengan begitu perusahaan dapat menghemat biaya promosi karena feedback yang diterima dari penerapan service excellent cukup baik dalam mendatangkan pelanggan baru. 

Menghindari Keluhan di Masa Depan 

Kritik dan saran pelanggan merupakan hal yang penting dalam peningkatan layanan. Dengan tanggapan responsif serta komunikasi yang baik dari perusahaan kepada konsumen, tentunya akan meningkatkan kepuasan pelanggan serta meminimalisir keluhan pada produk saat ini ataupun nanti.

Mendorong Pembelian Produk

Peran terakhir service excellent dalam perusahaan adalah meningkatkan pembelian produk. Pelayanan yang baik cenderung akan meningkatkan keuntungan, karena terkadang konsumen sering bertanya dan membutuhkan bantuan tentang suatu produk sebelum melakukan pembelian. 

Dengan memanfaatkan situasi tersebut, perusahaan dapat menawarkan berbagai macam fitur serta kehebatan dari produk yang sedang dijual, hingga akhirnya pelanggan puas lalu membeli produk tersebut.

Aspek Dalam Service Excellent 

Setelah mengetahui perannya, penting bagi perusahaan untuk menerapkan unsur-unsur service excellent secara baik dan benar. Tetapi dalam prakteknya pun perlu mempertimbangkan beberapa aspek guna menciptakan pelayanan yang terbaik, berikut penjelasannya:

  1. Aspek kepastian umum, aspek ini berkaitan dengan kejelasan penyampaian informasi kepada pelanggan, sehingga memudahkan mereka mengerti apa saja fitur, keunggulan, serta variasi produk yang ditawarkan. 
  2. Keterbukaan, aspek ini berkaitan dengan penyampaian informasi secara maksimal dan jelas, sehingga memberikan kesesuaian akan kebutuhan serta keinginan pelanggan atas produk atau jasa yang ditawarkan.
  3. Efisiensi, pelayanan yang efisien dan efektif akan memberikan pengalaman positif bagi pelanggan. 
  4. Trust, kepercayaan serta kejujuran sangatlah penting guna menciptakan integritas perusahaan yang dapat diandalkan. 
  5. Penampilan, aspek ini berhubungan dengan citra perusahaan yang harus tulus dan menyenangkan ketika menangani berbagai kebutuhan pelanggan. 
  6. Kesediaan untuk melayani juga sangat penting, menunjukkan bahwa karyawan di area pelayanan harus selalu siap untuk memberikan informasi yang diinginkan dan dibutuhkan oleh pelanggan.
  7. Kesopanan dan keramahan juga harus diperhatikan. Karyawan yang memberikan layanan tidak egois dan sopan untuk menangani pelanggan dari berbagai latar belakang sosial, tingkat ekonomi, dan kondisi lainnya.
  8. Pengetahuan dan keahlian karyawan dalam menyediakan layanan terbaik harus disertai dengan pengetahuan yang mendalam dan keahlian yang mumpuni tentang barang dan jasa yang disediakan.
  9. Menepati janji dan tepat waktu juga merupakan kunci layanan yang sangat baik; perusahaan harus selalu menepati janji pelayanan sehingga pelanggan tidak perlu menunggu terlalu lama.
  10. Biaya untuk pelayanan yang baik harus sesuai dengan daya beli masyarakat. Biaya pelaksanaan layanan yang luar biasa juga harus terjangkau.

Contoh Service Excellent 

Service excellent secara umum memberikan pelayanan secara maksimal dan baik kepada pelanggan. Namun dalam penerapannya, di tiap sektor bisnis memiliki cara tersendiri sesuai dengan kebutuhan serta tujuan dari perusahaan. 

Contohnya, ketika service excellent diterapkan pada supermarket, pelayanan yang diberikan akan berbentuk keramahan serta pemberian informasi yang jelas mengenai produk-produk yang dijajakan. 

Selain itu sikap karyawan yang sopan dan santun, seperti memberikan senyuman kepada pelanggan menjadi ciri khas khusus penerapan service excellent. 

Contoh lain yang dapat kami berikan adalah ketika service excellent diterapkan di bank. Mulai dari petugas keamanan hingga staf bank tersebut akan menyambut pelanggan dengan ramah, lalu memberikan panduan seputar produk yang ditawarkan. 

Berdasarkan kedua contoh tersebut penerapan service excellent memiliki perbedaan dan tidak sembarangn. Pengaplikasiannya harus disesuaikan dengan karakter perusahaan serta kebutuhan pelayanan untuk meningkatkan nilai perusahaan. 

Penerapan service excellent yang baik haruslah berbanding lurus dengan pelatihan kepada karyawan. Pengetahuan tersebut dapat menjadi modal awal mereka dalam memperlakukan pelanggan dengan baik dan benar.

Cara Menciptakan Service Excellent untuk Bisnis

Sebelum melakukan pelatihan kepada karyawan, menerapkan service excellent yang sukses dan efektif perlu adanya proses mulai dari uji coba sampai evaluasi hingga mendapatkan formula yang baik untuk diterapkan. 

Maka dari itu, untuk memudahkan Anda dalam menentukan rencana penerapannya, berikut ini lima tips yang dapat dicoba untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan: 

Kenali Konsumen 

Tips pertama adalah Anda harus tahu bahwa setiap konsumen memiliki ketertarikan yang berbeda. Berdasarkan hal tersebut tentunya penanganan konsumen akan jauh lebih mudah, karena Anda hanya perlu menyesuaikan karakter dan kebutuhan konsumen, sehingga dapat mempersiapkan treatment yang tepat.  

Tetapkan Standar yang Jelas 

Standar Operasional Prosedur (SOP) yang jelas merupakan kunci pencapaian pelayanan yang berkualitas. Tetapkan standar yang jelas untuk setiap interaksi dengan pelanggan, mulai dari penerimaan pesanan hingga penanganan keluhan. 

SOP yang baik memastikan bahwa setiap anggota tim memahami dan mengikuti proses yang telah ditetapkan. Adanya standar yang dapat menghindari terjadinya kekeliruan dalam melakukan interaksi dengan pelanggan.

Baca juga: SOP Adalah? Pengertian, Tujuan, Fungsi,dan Cara Implementasi

Investasikan Pelatihan Karyawan

Karyawan terlatih merupakan investasi berharga dalam penerapan service excellent. berikan pelatihan tuti gua memastikan tidak hanya produk atau layanan yang ditawarkan, tapi juga memberikan pengalaman positif kepada pelanggan. Pelatihan ini harus meliputi aspek komunikasi, empati, serta penyelesaian masalah.

Ramah dan Gesit 

Ramah menjadi kunci penting ketika berinteraksi dengan konsumen. Senyuman, menawarkan, meminta maaf, dan lain sebagainya merupakan bentuk keramahan yang dapat meningkatkan ketertarikan pelanggan. Selain itu, sikap ramah yang sebanding dengan layanan cepat juga memberikan nilai tambah terhadap pelayanan konsumen. 

Terima Kritik dengan Baik 

Konsumen dapat mengeluhkan kualitas layanan serta produk yang diterima. Jika hal ini terjadi, maka dengarkan keluhan tersebut dan jadikan evaluasi. Setelah itu, usahakan memberikan solusi terbaik dan tercepat untuk menyelesaikan masalah mereka.

Hormati Pelanggan 

Keputusan pembeli sepenuhnya berada di tangan pelanggan. Jika konsumen memutuskan untuk tidak membeli, hadapi situasi dengan tenang dan hormati keputusannya. 

Sebagai penutup, penting untuk diingat service excellent adalah fondasi kesuksesan jangka panjang bagi setiap organisasi. 

Dengan fokus pada kebutuhan pelanggan, memberikan pelayanan yang konsisten dan berkualitas tinggi, serta terus-menerus berinovasi dan meningkatkan standar, bisnis dapat membangun hubungan yang kuat dan berkelanjutan dengan pelanggan mereka. 

Melalui komitmen terhadap service excellent, organisasi tidak hanya akan meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan, tetapi juga menciptakan reputasi positif yang membedakan mereka dari pesaing. Oleh karena itu, berinvestasi dalam pelayanan service excellent merupakan langkah tepat untuk menciptakan masa depan yang lebih cerah dan sukses bagi perusahaan.

Tentang Penulis

Picture of Harya Hafiz Khairan
Harya Hafiz Khairan

Seorang lulusan prodi Jurnalistik Politeknik Negeri Jakarta. Kini fokus menulis tentang HR, Teknologi, Game, dan Gaya Hidup. Aktif juga dalam membuat beberapa puisi.

Bagikan Artikel Ini :

Related Articles

Newslater

Newsletter

Tentang Penulis

Picture of Harya Hafiz Khairan
Harya Hafiz Khairan

Seorang lulusan prodi Jurnalistik Politeknik Negeri Jakarta. Kini fokus menulis tentang HR, Teknologi, Game, dan Gaya Hidup. Aktif juga dalam membuat beberapa puisi.

Artikel Terbaru

Telusuri informasi dan solusi HR di sini!

Subscribe newsletter LinovHR sekarang, ikuti perkembangan tren HR dan dunia kerja terkini agar jadi yang terdepan di industri

Newsletter