Perencanaan kinerja

Perencanaan Kinerja dalam Pengelolaan SDM, Seberapa Pentingkah?

Perencanaan kinerja adalah tahapan yang dilakukan antara karyawan dengan manajer perusahaan untuk mendiskusikan hal apa yang akan dilakukan dalam setahun kedepan. Pembahasan yang dibahas berupa perencanaan kerja serta menjelaskan hambatan apa yang sering terjadi selama proses kerja untuk menemukan solusi terbaik agar tidak mengulangi kesalahan yang sama.

 

Penggunaan Perencanaan Kinerja dalam Perusahaan

Di dalam perusahaan perencanaan kinerja atau performance planning bertujuan untuk memberikan informasi mengenai hal apa yang harus dikerjakan pada setiap karyawan. Hal ini bisa berupa dengan pembuatan laporan, manajemen data, dan yang lainnya.

Lalu, performance planning juga digunakan untuk menghilangkan ketidakjelasan dalam tujuan sasaran yang harus dicapai tiap individu selama periode yang telah ditentukan oleh pemimpin perusahaan.

Agar tujuan tersebut bisa direalisasikan, Anda harus mengidentifikasi kemampuan yang dimiliki tiap individu. Dengan mengetahui kemampuan tersebut, Anda bisa menentukan jenis pekerjaan apa yang cocok untuk karyawan. 

Selanjutnya adalah menetapkan sasaran kinerja yang berfungsi untuk memudahkan karyawan dalam memahami rencana serta target apa yang harus mereka capai. Jangan lupa untuk memberikan job description secara jelas serta menjelaskan sumber daya apa yang sedang dibutuhkan.

 

Baca Juga: Apa yang Dimaksud dengan Job Description dan Job Specification? 

 

Manfaat dari Perencanaan Kinerja

Perencanaan kinerja merupakan hal yang penting karena mencakup fungsi, tugas, peran, serta menentukan standar kinerja dalam perusahaan. Berikut ini terdapat 4 manfaat yang bisa dirasakan perusahaan. Diantaranya :

 

Untuk Menentukan Tujuan yang Jelas dan Dapat Dicapai

Dengan menyusun performance planning akan membantu Anda dalam menetapkan tujuan yang jelas, merealisasikan ekspektasi, mendiskusikan kemajuan perusahaan di masa depan bersama rekan atau tim kerja, serta dapat mencari solusi efektif untuk menyelesaikan setiap masalah.

 

Menjadi Penghubung Kesenjangan

Dalam sebuah survei yang dilakukan oleh American Psychological Association menunjukkan bahwa terdapat banyak karyawan yang mengajukan resign dari pekerjaannya karena merasa tidak dihargai. 

Merencanakan kinerja dapat membantu Anda untuk menjembatani kesempatan antara perusahaan dengan karyawan. Hal ini dapat menjadi waktu yang tepat untuk memberitahu karyawan Anda tentang pencapaian terbaru perusahaan serta menginfokan karyawan sudah sejauh mana kontribusi yang telah mereka berikan kepada perusahaan.

 

Baca Juga: 5 Tahapan Six Sigma dalam Manajemen Kualitas

 

Lebih Memahami Tentang Kebiasaan dalam Menetapkan Sasaran

Kunci dalam membantu karyawan meningkatkan keterampilan mereka adalah dengan terus menantang mereka. Hindari terlalu banyak menggunakan dan meremehkan orang-orang terbaik Anda. 

Saat Anda menetapkan tujuan, ketahuilah bahwa Anda dapat memodifikasinya sepanjang waktu. Perencanaan kinerja reguler membantu Anda menjaga semua orang pada pemikiran yang sama sehingga Anda dapat mencapai tujuan Anda sebagai sebuah tim.

 

Mengukur Pencapaian Target

Pada akhir periode, seluruh pencapaian target kerja karyawan dapat diukur pada saat proses penilaian kinerja. Penilaian kinerja dapat berfungsi  untuk mengukur pencapaian target kerja, menjadi komponen dalam menentukan standar penilaian kinerja karyawan, serta membantu karyawan untuk lebih meningkatkan kinerja agar bisa mencapai tujuan perusahaan.

Agar bisa mendapatkan seluruh manfaat dari perencanaan kinerja tersebut, tentu sebagai divisi HRD harus bisa menentukan strategi yang tepat dalam melakukan perencanaan.  

Kinerja karyawan adalah salah satu modal bagi perusahaan untuk melancarkan dan mencapai tujuan bisnisnya. Pengelolaan serta peningkatan karyawan yang dilakukan secara manual tentu akan terasa lebih sulit dan kurang efektif. Untuk meminimalisir hal tersebut, Anda bisa menggunakan Software HRD LinovHR melalui modul Performance Management.

Modul Performance Management dari LinovHR dapat memaksimalkan proses kinerja karyawan mulai dari menentukan target kerja, perencanaan dan penilaian kinerja, menentukan standar kinerja karyawan, hingga membuat laporan atau hasil dari review karyawan. 

Melalui modul Performance Management, seluruh aktivitas dapat dikerjakan secara otomatis dan akan mendapatkan hasil yang akurat. LinovHR juga menjamin keamanan dan kerahasiaan informasi karyawan yang tersimpan dalam sistem hanya untuk penggunaan pengelolaan karyawan. 

Setelah membaca artikel ini, Anda bisa mengetahui bahwa perencanaan kinerja sangat penting bagi perusahaan untuk merencanakan target kerja yang akan dilakukan untuk waktu mendatang. Selain itu, perencanaan ini juga berperan penting untuk menempatkan karyawan pada posisi kerja sesuai dengan kemampuan yang mereka miliki. Dengan begitu, keefektifan proses kerja karyawan bisa lebih ditingkatkan.