Pentingnya Skill Management Software dan Beberapa Rekomendasinya

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

Skill Management Software
Isi Artikel

Skill management software adalah perangkat lunak yang membantu perusahaan dalam mengelola dan mengembangkan keterampilan karyawan.

Saat ini, banyak perusahaan yang menggunakan software ini untuk memperbaiki produktivitas dan keefektifan karyawan.

Ada banyak software skill management yang tersedia di pasaran, namun tidak semuanya cocok untuk kebutuhan perusahaan.

Dalam artikel LinovHR ini, kita akan membahas beberapa rekomendasi skill management software terbaik untuk perusahaan.

 

 

Mengapa Penting Menggunakan Skill Management Software

Dalam era digital seperti sekarang, penggunaan software manajemen skill sangat penting dalam mengoptimalkan sumber daya manusia dan meningkatkan produktivitas perusahaan.

Dengan software ini, perusahaan dapat melakukan penilaian kinerja karyawan secara objektif dan mengidentifikasi karyawan yang memerlukan pengembangan keterampilan untuk mencapai tujuan perusahaan.

Selain itu, software skill management dapat membantu dalam pengelolaan data karyawan yang lebih efisien dan akurat, termasuk riwayat pekerjaan, sertifikasi, pelatihan, dan pengalaman kerja. 

Hal ini akan mempermudah perusahaan dalam mengambil keputusan strategis dalam hal pengembangan karyawan dan pengelolaan karier.

Dalam keseluruhan, penggunaan software manajemen skill dapat membantu perusahaan untuk mengoptimalkan pengelolaan sumber daya manusia, meningkatkan produktivitas, dan mencapai tujuan bisnis yang lebih baik.

Dalam dunia kerja yang semakin kompetitif, penggunaan software ini menjadi salah satu alat yang penting untuk memastikan keberhasilan perusahaan di masa depan.

 

Fitur dalam Skill Management Software

Ada beberapa fitur penting yang perlu Anda perhatikan dalam skill management software. Fitur-fitur ini penting sehingga dapat mendukung pengelolaan skill dengan baik.

 

  1. Skill Matrix

Skill matrix memberikan pandangan menyeluruh tentang penilaian dan kesenjangan keterampilan di seluruh tenaga kerja. 

Anda dapat melihat kekuatan dan kelemahan dalam tim mereka, mengidentifikasi kesenjangan keterampilan dan area pengembangan, serta dengan cepat mencari karyawan dengan keterampilan tertentu.

 

  1. Employee Dashboard

Fitur ini memberikan gambaran lengkap tentang keterampilan karyawan, tugas, peran pekerjaan, dan tingkat keahlian.

Dashboard ini memberikan pemahaman yang lebih baik kepada Anda tentang kekuatan, kelemahan, dan area fokus untuk pengembangan.

 

  1. Skills Assessments

Fitur skill assessment ini memungkinkan perusahaan untuk melakukan proses penilaian dengan lebih ketat. Walau ketat, namun fitur ini juga tetap fleksibel sehingga Anda dapat mengatur alur kerja yang sesuai dengan kebutuhan bisnis.

 

  1. Assignment Workbench

Dengan fitur ini, Anda dapat menugaskan beberapa keterampilan dan peran pekerjaan untuk setiap karyawan. 

Dari assignment workbench, Anda dapat menampilkan semua keterampilan, kompetensi, kualifikasi, sertifikasi, dan peran pekerjaan yang ditugaskan, serta mengelola pengecualian atau penugasan untuk individu atau kelompok.

 

  1. Development Plans

Pengembangan mencakup pemahaman kesenjangan keterampilan, mengidentifikasi peluang untuk menutupi kesenjangan keterampilan, dan memanfaatkan berbagai alat untuk mencapai tingkat keahlian yang diinginkan. 

Rencana pengembangan dalam platform keterampilan memberikan pemahaman yang lebih baik bagi individu tentang perjalanan menuju keahlian, baik untuk keterampilan tertentu maupun untuk peran pekerjaan masa depan yang diinginkan. 

Karyawan, mentor, dan manajer dapat tetap selaras dan terinformasi tentang penutupan kesenjangan selama prosesnya.

 

Baca Juga: Cara Menggunakan Skill Gap Analysis Template

 

Keuntungan Menggunakan Skill Management Software

Implementasi skill management software akan mendatangkan banyak manfaat bagi perusahaan. Baik untuk pengelolaan serta pengembangan karyawan. Berikut ini keuntungannya.

 

  1. Menemukan Orang yang Tepat untuk Jobdesc yang Tepat

Dengan menggunakan skill management software, perusahaan dapat dengan mudah menemukan orang yang tepat untuk pekerjaan yang tepat.

Alat ini dapat membantu dalam mencocokkan keterampilan, pengalaman, dan keahlian individu dengan persyaratan pekerjaan yang diperlukan.

 

  1. Mengidentifikasi Kesenjangan Keterampilan

Skill management software dapat membantu perusahaan mengidentifikasi skill gap yang ada dalam organisasi.

Dengan mengetahui kelemahan keterampilan, perusahaan dapat mengambil tindakan untuk memperbaikinya, seperti memberikan pelatihan atau merekrut karyawan baru dengan keterampilan yang sesuai.

 

  1. Bersaing di Pasar

Dengan memiliki karyawan yang memiliki keterampilan dan kompetensi yang tepat, perusahaan dapat bersaing lebih baik di pasar. Skill management software dapat membantu perusahaan untuk mempertahankan dan meningkatkan kualitas tenaga kerja.

 

  1. Mempertahankan Bakat

Software ini membantu perusahaan mempertahankan bakat dan pengetahuan kritis.

Dengan mengetahui keterampilan dan pengetahuan karyawan, perusahaan dapat memberikan pelatihan dan pengembangan karier yang tepat sehingga karyawan tetap termotivasi dan tetap bekerja di perusahaan.

 

  1. Melatih Secara Lebih Efisien

Keuntungan lainnya adalah dapat membantu perusahaan melatih karyawan secara lebih efisien. Dengan mengetahui kelemahan keterampilan karyawan, perusahaan dapat merancang program pelatihan yang lebih fokus dan efektif.

 

  1. Memenuhi Kepatuhan Peraturan dan Meningkatkan Keselamatan Tenaga Kerja

Skill management software juga dapat membantu perusahaan memenuhi kepatuhan peraturan dan meningkatkan keselamatan tenaga kerja. 

Dengan mengetahui keterampilan dan pengetahuan karyawan, perusahaan dapat memastikan bahwa mereka memenuhi persyaratan pelatihan dan sertifikasi yang diperlukan dan dapat meningkatkan keselamatan di tempat kerja.

 

Rekomendasi Skill Management Software

Berikut adalah rekomendasi skill management software, di antaranya:

 

  1. Skillsoft

Software ini menawarkan berbagai jenis pelatihan dan sertifikasi dalam berbagai bidang seperti keamanan siber, manajemen proyek, dan pengembangan perangkat lunak. 

Software ini juga memiliki fitur untuk mengelola karyawan, mengidentifikasi gap keterampilan, serta memantau kemajuan pelatihan.

 

  1. BambooHR

Tidak hanya memungkinkan pengelolaan data karyawan, tetapi juga menawarkan fitur manajemen keterampilan dan pelatihan. Anda dapat mengelola informasi keterampilan karyawan, menetapkan tugas, serta memantau kemajuan pelatihan.

 

  1. Cornerstone OnDemand

Software ini memungkinkan perusahaan untuk menciptakan program pengembangan karyawan, menawarkan pelatihan dan sertifikasi, serta mengevaluasi kinerja karyawan secara berkelanjutan.

 

  1. Talentsoft

Talentsoft memberikan solusi manajemen bakat yang menyeluruh, termasuk manajemen keterampilan, manajemen suksesi, dan manajemen kinerja. Anda juga dapat membuat rencana pengembangan karyawan dan mengukur efektivitas pelatihan.

 

  1. LinovHR

LinovHR adalah salah satu software manajemen keterampilan yang dapat digunakan untuk mengelola informasi karyawan, menilai keterampilan, dan memantau kemajuan pelatihan. 

Software ini juga memungkinkan perusahaan untuk menetapkan tugas dan rencana pengembangan karyawan, serta mengukur efektivitas pelatihan. 

 

Kelola Skill dan Kompetensi Karyawan Bersama LinovHR

Skill dan kompetensi karyawan adalah aset berharga yang menentukan produktivitas perusahaan. Maka dari itu, sangat penting bagi perusahaan untuk dapat mengelola skill dan kompetensi yang penting di setiap unit kerja yang ada dalam perusahaan.

Pengelolaan secara manual tentu sudah tidak efektif untuk saat ini karena memakan banyak waktu dan sulit untuk dikontrol dengan fleksibel.

 

LinovHR
Software HRIS LinovHR

 

Beralih menggunakan Competency Managment Software LinovHR adalah solusi manajemen keterampilan dan kompetensi karyawan yang komprehensif dan efektif.

Dengan menggunakan Software Competency Management LinovHR, perusahaan dapat dengan mudah mengelola informasi karyawan dan menilai keterampilan mereka. Ini karena sudah ada fitur Skill Gap Analysis yang dapat Anda gunakan dengan mudah.

Perusahaan pun bisa mengkategorikan skill apa saja yang dibutuhkan dan harus dimiliki oleh karyawan di setiap unit kerja.

Selain itu, dengan data mengenai skill yang dimiliki, LinovHR juga membantu perusahaan dalam merencanakan dan mengimplementasikan program pengembangan karyawan, sehingga memungkinkan karyawan untuk terus meningkatkan keterampilan dan kompetensi mereka.

Dengan pengelolaan skill yang tepat, produktivitas perusahaan pun dapat tercapai. Saatnya beralih menggunakan Competency Management Software LinovHR. Ayo klaim demo gratisnya dan dapatkan penawaran spesialnya!

Tentang Penulis

Picture of Meirza Anggakara
Meirza Anggakara

Memiliki minat dalam pemasaran digital serta senang memberikan pengetahuan terkait dunia kerja di LinovHR dengan penerapan SEO yang baik dan sesuai kaidah mesin pencari
Follow them on Linkedin

Bagikan Artikel Ini :

Related Articles

Newslater

Newsletter

Tentang Penulis

Picture of Meirza Anggakara
Meirza Anggakara

Memiliki minat dalam pemasaran digital serta senang memberikan pengetahuan terkait dunia kerja di LinovHR dengan penerapan SEO yang baik dan sesuai kaidah mesin pencari
Follow them on Linkedin

Artikel Terbaru

Telusuri informasi dan solusi HR di sini!

Subscribe newsletter LinovHR sekarang, ikuti perkembangan tren HR dan dunia kerja terkini agar jadi yang terdepan di industri

Newsletter