Tips Implementasi Teknologi HR di Perusahaan

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

Teknologi HR
Isi Artikel

Manajemen sumber daya manusia adalah unsur penting dalam sebuah perusahaan. Oleh karena itu, dalam pengelolaannya perusahaan perlu dukungan agar lebih efisien lagi dan penggunaan teknologi HR jadi pilihan yang tepat.

Teknologi tersebut dapat membantu dengan tepat implementasi pengelolaan SDM agar dapat berjalan dengan mudah dan efisien.

Namun, apa sebenarnya teknologi HR itu? Untuk mengetahui lebih dalam mengenai teknologi yang bermanfaat ini, LinovHR telah merangkum berbagai informasi yang perlu Anda ketahui mengenai teknologi HR serta anjuran dan larangan dalam penggunaannya.

Mari simak informasinya dalam artikel berikut ini!

 

Apa Itu Teknologi HR?

Teknologi HR adalah sebuah istilah yang digunakan untuk merujuk pada perangkat lunak maupun keras yang dimanfaatkan dalam otomatisasi fungsi HR dalam suatu perusahaan. Adapun penggunaan teknologi ini mencakup aspek payroll, recruitment, manajemen karyawan serta performanya, hingga pengelolaan tunjangan. 

Teknologi untuk human resource telah berkembang pesat selama beberapa tahun belakangan ini. Banyak perusahaan besar yang mengadopsi teknologi ini dari berbagai vendor. Kini teknologi HR tidak hanya bisa diakses pada sistem lokal, tapi juga dapat digunakan melalui sistem cloud sehingga seluruh data karyawan dapat disimpan secara digital.

 

Tips Mengimplementasikan Teknologi HR

Agar teknologi ini dapat digunakan secara efektif dan efisien, ada baiknya Anda memperhatikan beberapa anjuran berikut ini.

 

1. Kembangkan Sistem Baru

Jika Anda telah memilih teknologi untuk HR yang akan digunakan, manfaatkanlah teknologi tersebut untuk mengembangkan sistem kerja baru di kantor Anda. Tidak perlu yang benar-benar baru.

Cobalah menggabungkan antara sistem lama dan baru. Dengan sistem kerja tersebut, Anda dapat menemukan ruang untuk mengembangkan manajemen SDM menjadi lebih baik.

 

2. Cek Keakuratan Teknologi HR

Luangkan waktu untuk melakukan uji coba teknologi untuk HR dengan memasukkan data yang salah. Hal tersebut berguna untuk menguji keakuratan sistem teknologinya. 

Selain itu, uji coba tersebut dapat membantu mengetahui apakah sistem teknologi yang digunakan lebih baik dari sistem yang sebelumnya atau tidak.

 

3. Pastikan Teknologi HR Aman

Pastikan bahwa teknologi akan Anda implementasikan untuk tim HR aman dari cyber attack dan dapat menyimpan data karyawan dengan baik.

 

4. Luangkan Waktu untuk Sosialisasi Penggunaan Teknologi Baru

Lakukan pelatihan khusus mengenai penggunaan teknologi human resource dan sesuaikan dengan tiap jenis penggunaannya. Tujuannya agar karyawan bisa lebih cepat beradaptasi dengan teknologi tersebut dan tiap tugas dapat dikerjakan secara efisien.

 

5. Miliki Visi Panjang Implementasi Teknologi HR

Anda harus memilih teknologi human resource yang mampu membantu Anda mengelola data karyawan dalam jangka panjang. Pastikan teknologi yang dipakai dapat disesuaikan sewaktu-waktu.

 

Baca juga: Cloud Object Storage Solusi Terbaik Penyimpanan Database Bisnis Anda

 

Larangan Saat Menerapkan Teknologi HR di Perusahaan

Selain beberapa anjuran, ada juga beberapa pantangan yang perlu Anda ketahui dalam penerapan teknologi HR.

 

1. Jangan Terjebak dalam Sistem Lama

Meskipun sistem lama membuat Anda nyaman, namun jika suatu teknologi bisa membuat pekerjaan Anda lebih efektif dan efisien maka perlu jadi pertimbangan. Sesuaikan sistem dengan teknologi terbaru agar produktivitas meningkat dan data dapat dikelola lebih akurat.

 

2. Jangan Berkompromi dengan Ketidakakuratan Data

Apabila Anda melakukan uji coba dan ketidakakuratan data tidak terdeteksi oleh teknologi HR, maka jangan berkompromi dengan kesalahan tersebut. Dalam jangka panjang, mungkin akan ada lebih banyak kesalahan lain yang dibuat dalam teknologi ini dan tidak disadari. Hal ini hanya akan menambah beban pekerjaan HR.

 

3. Jangan Menganggap Remeh Keamanan Data

Meskipun perusahaan Anda adalah perusahaan berskala kecil, Anda tidak boleh meremehkan keamanan data. Pertimbangkan sistem keamanan teknologi HR agar perusahaan tidak menjadi korban kegagalan keamanan cyber.

 

4. Jangan Serahkan Seluruhnya pada Tim Implementasi Teknologi HR

Dalam uji coba teknologi ini, Anda juga perlu terlibat di dalam prosesnya agar dapat memastikan bahwa teknologi dapat digunakan dengan sebagaimana mestinya.

 

5. Jangan Melakukan Program Pelatihan Umum

Jangan hanya melakukan pelatihan umum yang hanya menjelaskan penggunaan teknologi HR secara dasar. Atur pelatihan khusus agar karyawan dapat memaksimalkan fitur-fiturnya. 

 

6. Jangan Gunakan Sistem yang Tetap

Anda tentu mengharapkan sistem yang berkembang agar dapat mendukung bisnis Anda. Oleh karena itu, pilih teknologi HR yang dapat menyesuaikan perubahan-perubahan dalam sistem perusahaan Anda.

 

Baca juga: HR Case Management System: Pecahkan Masalah HR dengan Teknologi

 

Software HRIS LinovHR Sebagai Teknologi HR Terkini

Setelah memahami anjuran dan pantangan dalam implementasi teknologi HR, kini Anda menyadari bahwa pemilihan teknologi yang tepat itu penting dan dapat berpengaruh pada perkembangan bisnis Anda. 

Anda membutuhkan teknologi yang menawarkan kemudahan, keakuratan, keamanan, serta kesesuaian yang dapat diatur berdasarkan kebutuhan. Oleh karena itu, Anda perlu mempertimbangkan LinovHR sebagai teknologi HR terkini yang dapat diimplementasikan dalam perusahaan.

 

Aplikasi Absensi Online
Software HRIS LinovHR

 

LinovHR adalah Software HRIS yang memiliki beberapa keunggulan. Yaitu dapat memudahkan pengelolaan karyawan di suatu perusahaan. Mulai dari absensi, payroll, performance, rekrutmen dan masih banyak lagi.

Terdapat keunggulan lainnya yaitu tampilannya yang user friendly, mengelola data dengan akurasi tinggi, serta mengamankan data dengan tingkat keamanan tinggi.

Terdapat beberapa modul untuk menunjang pengelolaan karyawan yang efektif. Seperti Modul Payroll yang dapat mengatur komponen gaji karyawan, Modul Time Management yang dapat membantu mengelola jadwal karyawan, kuota cuti, bahkan alur persetujuan cuti juga dapat disesuaikan.

Modul yang dimiliki LinovHR secara rinci adalah sebagai berikut:

  • Organisation Management
  • Personnel Administration
  • Recruitment
  • Payroll
  • Competency Management
  • Performance Management
  • Time Management
  • Reimbursement
  • Succession Management
  • Loan
  • Employee Self Services (ESS)
  • Learning Management System

 

Gunakan Software HRIS Indonesia LinovHR sekarang dan rasakan pengalaman kemudahan serta efisiensi pengelolaan administrasi karyawan dengan teknologi HR!

Tentang Penulis

Meirza Anggakara
Meirza Anggakara

Memiliki minat dalam pemasaran digital serta senang memberikan pengetahuan terkait dunia kerja di LinovHR dengan penerapan SEO yang baik dan sesuai kaidah mesin pencari
Follow them on Linkedin

Bagikan Artikel Ini :

Related Articles

Newslater

Newsletter

Tentang Penulis

Meirza Anggakara
Meirza Anggakara

Memiliki minat dalam pemasaran digital serta senang memberikan pengetahuan terkait dunia kerja di LinovHR dengan penerapan SEO yang baik dan sesuai kaidah mesin pencari
Follow them on Linkedin

Artikel Terbaru

Telusuri informasi dan solusi HR di sini!

Subscribe newsletter LinovHR sekarang, ikuti perkembangan tren HR dan dunia kerja terkini agar jadi yang terdepan di industri

Newsletter