4 Cara Cek SLIK OJK yang Perlu Diketahui: Online hingga Offline

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

slik ojk
Isi Artikel

Saat mengajukan kredit, ada sebuah istilah yang selama ini dikenal dengan BI Checking. Namun tahukah Anda kini sistem tersebut sudah berganti nama menjadi SLIK OJK?

Ketika akan mengajukan kredit maka riwayat calon debitur adalah hal penting. Apabila riwayat baik maka kemungkinan besar permintaan menjadi debitur akan terpenuhi.

Untuk melihat riwayat kredit maka digunakan SLIK OJK atau Sistem Layanan Informasi Keuangan Otoritas Jasa Keuangan. 

Apa itu SLIK OJK dan bagaimana cara memeriksa riwayat kredit Anda di fasilitas terbaru dari Otoritas Jasa Keuangan ini? Simak terus artikel ini!

Apa Itu SLIK OJK?

SLIK OJK adalah informasi yang berisi catatan mengenai riwayat debitur terkait dengan kelancaran pembayaran kredit yang dimiliki debitur dari bank atau lembaga keuangan lainnya. 

Sifatnya masih sama seperti BI Checking, yaitu mempertimbangkan apakah debitur layak atau tidak untuk mendapatkan kredit. Apabila riwayat kreditnya baik maka debitur dianggap layak, begitu pula sebaliknya. 

SLIK ini adalah sistem informasi yang berada langsung dibawah tanggung jawab Otoritas Jasa Keuangan untuk mengawasi dan melayani informasi keuangan, yang memiliki wujud informasi debitur atau iDeb. 

iDeb ini berisi informasi mengenai segala aktivitas kredit mulai dari lembaga keuangan seperti bank sampai dengan lembaga non-bank seperti badan pembiayaan (finance). 

Dengan adanya fasilitas ini diharapkan dapat memperkecil angka kredit yang bermasalah. 

Fungsi SLIK OJK

fungsi slik ojk
Fungsi

SLIK OJK memiliki berfungsi menghadirkan kemudahan bagi pihak debitur ataupun kreditur. Berikut in beberapa di antaranya:

1. Pengawasan

SLIK OJK berfungsi untuk mengawasi aktivitas dan kelancaran kredit yang dilakukan debitur. Baik terkait dengan bank atau lembaga keuangan lainnya. 

2. Mengumpulkan Informasi

SLIP OJK mencatat segala informasi dengan akurat. Di dalam dokumen ini, terdapat seluruh catatan debitur yang didapatkan dari pertukaran informasi yang dilakukan oleh bank serta lembaga keuangan. 

3. Transaksi yang aman dan nyaman

Fungsi berikutnya adalah memberikan rasa aman dan nyaman baik kepada lembaga keuangan atau masyarakat pada umumnya saat melakukan transaksi keuangan.

Dengan ini, lembaga keuangan memiliki data yang meyakinkan akan reputasi dan riwayat debitur. Di sisi lain, debitur juga lebih mudah mengakses informasi yang diperlukan. 

4. Membuka Peluang Nasabah Baru

Ini dapat membuka peluang kepada nasabah baru terlebih lagi apabila mereka dari kalangan UMKM aktif untuk mendapatkan kepercayaan dari lembaga penyedia kredit. Di sisi lain kredibilitas penyedia kredit juga tetap terjaga. 

Selanjutnya, ini dapat membantu pihak penyedia kredit untuk menilai bagaimana reputasi kredit calon debitur. Sehingga resiko kredit bermasalah di masa depan dapat diturunkan. 

Manfaat SLIK OJK

manfaat slik ojk
Manfaat

Apa saja manfaat dari SLIK OJK ini? Ternyata ada manfaat yang dapat dirasakan baik oleh pemberi kredit maupun penerima kredit. Di bawah ini adalah penjelasannya.

1. Manfaat untuk Kreditur

Pertama kita bahas dahulu apa saja manfaat yang dapat dirasakan oleh pemberi kredit atau kreditur.

Salah satu manfaatnya antara lain dapat mempercepat proses analisis persetujuan KTA.

Selain itu, fasilitas ini juga dapat membantu untuk mempercepat pembuatan keputusan diterima atau tidaknya KTA yang diajukan debitur. 

Biaya operasional perusahaan yang harus dikeluarkan oleh kreditur juga dapat ditekan. 

Dengan sistem online yang dimilikinya, proses pengecekan kredit menjadi lebih cepat.

Pihak kreditur juga dapat memiliki penilaian mengenai reputasi calon debitur. 

Penilaian ini dapat digunakan menjadi pengganti atau pelengkap agunan.

Kemudian manfaat yang paling penting adalah resiko pinjaman kredit yang bermasalah dapat ditekan atau diturunkan sekecil mungkin. 

2. Manfaat untuk Debitur

Manfaat yang dapat dirasakan dari pihak debitur adalah waktu untuk mendapatkan persetujuan peminjaman kredit kilat jadi lebih cepat. 

Manfaat lebih lanjutnya yakni pemilik usaha UMKM bisa mendapatkan akses yang luas ke pihak kreditur.

Dengan reputasi keuangan yang dimiliki oleh calon debitur ini maka kreditur dapat segera mendapatkan penilaian tanpa harus bergantung dengan sejauh mana kemampuan debitur dalam menyediakan agunan. 

Calon penerima KTA tanpa kartu kredit akan terdorong untuk menjaga reputasi KTA, sehingga debitur akan berusaha agar catatan reputasi kreditnya dapat terus terjaga dengan baik. 

Cara Cek SLIK OJK

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk melakukan pengecekan slik OJK. Berikut cara cek slik OJK.

1. Melalui Situs OJK

Cara pertama adalah cara cek slik OJK secara online, yakni melalui situs OJK. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka browser web dan kunjungi situs resmi OJK di alamat https://www.ojk.go.id/
  • Di halaman utama OJK, cari menu “Layanan Publik” atau “Konsumen” di bagian atas halaman. Klik pada menu tersebut.
  • Akan muncul daftar layanan publik OJK. Cari opsi “Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK)” dan klik pada opsi tersebut.
  • Anda akan diarahkan ke halaman SLIK OJK. Pada halaman ini, Anda akan menemukan beberapa pilihan layanan SLIK yang tersedia.
  • Pilih jenis SLIK yang ingin Anda cek, misalnya “SLIK Individu” untuk melakukan pengecekan data keuangan individu.
  • Setelah memilih jenis SLIK yang sesuai, Anda akan diminta untuk memasukkan informasi pribadi atau nomor identitas yang diperlukan, seperti Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), atau nomor identitas lainnya. Ikuti petunjuk yang diberikan pada halaman tersebut.
  • Setelah memasukkan informasi yang diminta, klik tombol “Cari” atau “Cek” untuk memulai proses pengecekan.
  • Hasil pengecekan akan ditampilkan di halaman tersebut. Anda akan melihat informasi terkait status keuangan yang terdaftar di SLIK OJK.

2. Melalui Aplikasi iDEBku

iDEBku adalah aplikasi layanan yang diluncurkan secara resmi oleh OJK. Ini bisa dimanfaatkan untuk mengecek slik OJK.

Berikut cara cek slik OJK melalui iDEBku:

  • Silakan kunjungi situs web ini: https://idebku.ojk.go.id. Kemudian, klik opsi “Pendaftaran”.
  • Isi beberapa informasi data diri untuk memeriksa ketersediaan layanan. Anda perlu memberikan informasi seperti jenis informasi debitur (perorangan atau badan usaha), kewarganegaraan debitur, jenis identitas debitur, dan nomor identitas debitur.
  • Setelah itu, lengkapi data diri pada formulir registrasi SLIK OJK.
  • Unggah dokumen persyaratan yang dibutuhkan sesuai dengan jenis informasi debitur yang Anda pilih. Berikut adalah rincian dokumen yang harus diunggah:
    • Debitur perorangan: Unggah foto atau scan asli KTP untuk Warga Negara Indonesia (WNI), foto atau scan asli paspor untuk Warga Negara Asing (WNA), dan foto atau scan asli Surat Keterangan Kematian atau Surat Keterangan Ahli Waris (jika debitur telah meninggal dunia).
    • Debitur badan usaha: Unggah foto atau scan identitas asli dari pengurus (KTP untuk WNI atau paspor untuk WNA), foto atau scan NPWP badan usaha, foto atau scan akta pendirian badan usaha, dan foto atau scan dokumen anggaran dasar terakhir yang mencantumkan susunan dan kewenangan pengurus.
  • Setelah mengunggah dokumen, Anda akan diminta untuk mengunggah foto diri sesuai dengan petunjuk yang diberikan di situs iDebku.
  • Jika pendaftaran berhasil, Anda akan menerima email dari OJK yang berisi nomor pendaftaran.
  • Anda dapat memeriksa status permohonan melalui menu “Status Layanan” dengan memasukkan nomor pendaftaran.
  • Permohonan IDEB pada SLIK akan diproses dan hasilnya akan dikirimkan oleh OJK dalam waktu maksimal satu hari setelah pendaftaran.

3. Menghubungi Layanan Konsumen OJK

Untuk melakukan pengecekan slik OJK melalui layanan konsumen OJK, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Hubungi Call Center atau email OJK. Anda bisa menghubungi melalui nomor, telepon 157 atau WhatsApp di 081157157157, dan email di konsumen@ojk.go.id.

  • Ketika terhubung dengan petugas  OJK, jelaskan bahwa Anda ingin melakukan pengecekan SLIK dan berikan informasi yang diperlukan, seperti jenis informasi debitur (perorangan atau badan usaha), kewarganegaraan debitur, jenis identitas debitur, dan nomor identitas debitur.
  • Petugas  OJK akan memverifikasi informasi yang Anda berikan dan melakukan pengecekan SLIK secara langsung.
  • Petugas akan memberikan informasi mengenai status keuangan yang terdaftar di SLIK OJK dan menjawab pertanyaan yang Anda miliki terkait pengecekan tersebut.

4. Mengunjungi Kantor OJK

Untuk melakukan pengecekan Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) Otoritas Jasa Keuangan (OJK) secara offline, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Siapkan dokumen identitas diri yang sah, seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau paspor.
  • Kunjungi kantor OJK terdekat. OJK memiliki kantor di beberapa kota di Indonesia. Anda dapat mencari lokasi kantor OJK terdekat dengan melakukan pencarian online atau menghubungi pusat informasi OJK.
  • Saat berada di kantor OJK, temui petugas yang bertugas di bagian layanan informasi atau konsumen. Sampaikan bahwa Anda ingin melakukan pengecekan SLIK.
  • Serahkan dokumen identitas diri Anda kepada petugas. Mereka akan memverifikasi dan melakukan pengecekan SLIK secara manual.
  • Petugas akan memberikan informasi mengenai status keuangan yang terdaftar di SLIK OJK.
  • Pastikan Anda membawa dokumen identitas diri yang valid dan lengkap saat melakukan pengecekan SLIK secara offline.

SLIK OJK adalah berkas yang dapat diajukan secara online untuk mendapatkan segala informasi mengenai calon debitur.

Informasi tersebut berisi riwayat kredit calon debitur yang akan mengajukan kredit kepada lembaga penyedia kredit atau kreditur. 

Fasilitas ini membuat proses verifikasi data debitur dan kreditur menjadi lebih mudah dan ringkas sehingga memperlancar seluruh proses kredit. 

Tentang Penulis

Picture of Sella Melati
Sella Melati

Cuma senang menulis, yang suka nonton sama traveling
Follow them on Linkedin

Bagikan Artikel Ini :

Related Articles

Newslater

Newsletter

Tentang Penulis

Picture of Sella Melati
Sella Melati

Cuma senang menulis, yang suka nonton sama traveling
Follow them on Linkedin

Artikel Terbaru

Telusuri informasi dan solusi HR di sini!

Subscribe newsletter LinovHR sekarang, ikuti perkembangan tren HR dan dunia kerja terkini agar jadi yang terdepan di industri

Newsletter