slik ojk

Cara Cek Riwayat Kredit Melalui SLIK OJK

Saat mengajukan kredit atau melakukan kegiatan yang berkaitan dengan kredit ada sebuah istilah yang selama ini dikenal dengan BI Checking. Namun tahukah Anda kini sistem tersebut sudah berganti nama menjadi SLIK OJK?

Ketika akan mengajukan kredit maka riwayat calon debitur adalah hal penting. Apabila riwayat baik maka kemungkinan besar permintaan menjadi debitur akan terpenuhi. Untuk melihat riwayat kredit maka digunakan SLIK OJK atau Sistem Layanan Informasi Keuangan Otoritas Jasa Keuangan. 

Apa itu SLIK OJK dan bagaimana cara memeriksa riwayat kredit Anda di fasilitas terbaru dari Otoritas Jasa Keuangan ini? Simak terus artikel ini!

 

 

Apa Itu SLIK OJK?

SLIK OJK adalah informasi yang berisi catatan mengenai riwayat debitur terkait dengan kelancaran pembayaran kredit yang dimiliki debitur dari bank atau lembaga keuangan lainnya. 

Sifatnya masih sama seperti BI Checking, yaitu mempertimbangkan apakah debitur layak atau tidak untuk mendapatkan kredit. Apabila riwayat kreditnya baik maka debitur dianggap layak, begitu pula sebaliknya. 

SLIK ini adalah sistem informasi yang berada langsung dibawah tanggung jawab Otoritas Jasa Keuangan untuk mengawasi dan melayani informasi keuangan, yang memiliki wujud informasi debitur atau iDeb. 

iDeb ini berisi informasi mengenai segala aktivitas kredit mulai dari lembaga keuangan seperti bank sampai dengan lembaga non-bank seperti badan pembiayaan (finance). 

Dengan adanya fasilitas ini diharapkan dapat memperkecil angka kredit yang bermasalah. 

 

Apa Saja Fungsi SLIK OJK?

SLIK OJK memiliki berfungsi menghadirkan kemudahan bagi pihak debitur ataupun kreditur. Berikut in beberapa di antaranya:

 

Pengawasan

SLIK OJK berfungsi untuk mengawasi aktivitas dan kelancaran kredit yang dilakukan debitur. Baik terkait dengan bank atau lembaga keuangan lainnya. 

 

Mengumpulkan informasi

SLIP OJK mencatat segala informasi dengan akurat. Di dalam SLIP OJK berisi seluruh catatan debitur yang didapatkan dari pertukaran informasi yang dilakukan oleh bank serta lembaga keuangan. 

 

Transaksi yang aman dan nyaman

Fungsi berikutnya adalah memberikan rasa aman dan nyaman baik kepada lembaga keuangan atau masyarakat pada umumnya saat melakukan transaksi keuangan. Dengan ini, lembaga keuangan memiliki data yang meyakinkan akan reputasi dan riwayat debitur. Di sisi lain, debitur juga lebih mudah mengakses informasi yang diperlukan. 

 

Membuka peluang nasabah baru

SLIK OJK membuka peluang kepada nasabah baru terlebih lagi apabila mereka dari kalangan UMKM aktif untuk mendapatkan kepercayaan dari lembaga penyedia kredit. Di sisi lain kredibilitas penyedia kredit juga tetap terjaga. 

 

SLIK OJK membantu pihak penyedia kredit untuk menilai bagaimana reputasi kredit calon debitur. Sehingga resiko kredit bermasalah di masa depan dapat diturunkan. 

 

Manfaat SLIK OJK

Apa saja manfaat dari SLIK OJK ini? Ternyata ada manfaat yang dapat dirasakan baik oleh pemberi kredit maupun penerima kredit. Di bawah ini adalah penjelasannya.

 

1. Manfaat untuk Kreditur

Pertama kita bahas dahulu apa saja manfaat yang dapat dirasakan oleh pemberi kredit atau kreditur. Salah satu manfaatnya antara lain dapat mempercepat proses analisis persetujuan KTA. Selain itu, fasilitas ini juga dapat membantu untuk mempercepat pembuatan keputusan diterima atau tidaknya KTA yang diajukan debitur. 

Biaya operasional perusahaan yang harus dikeluarkan oleh kreditur juga dapat ditekan. Dengan sistem online yang dimilikinya, proses pengecekan kredit menjadi lebih cepat. Pihak kreditur juga dapat memiliki penilaian mengenai reputasi calon debitur. Penilaian ini dapat digunakan menjadi pengganti atau pelengkap agunan. 

Kemudian manfaat yang paling penting adalah resiko pinjaman kredit yang bermasalah dapat ditekan atau diturunkan sekecil mungkin. 

 

2. Manfaat untuk Debitur

Manfaat yang dapat dirasakan dari pihak debitur adalah waktu untuk mendapatkan persetujuan peminjaman kredit kilat jadi lebih cepat. 

Manfaat lebih lanjutnya yakni pemilik usaha UMKM bisa mendapatkan akses yang luas ke pihak kreditur. Dengan reputasi keuangan yang dimiliki oleh calon debitur ini maka kreditur dapat segera mendapatkan penilaian tanpa harus bergantung dengan sejauh mana kemampuan debitur dalam menyediakan agunan. 

Calon penerima KTA tanpa kartu kredit akan terdorong untuk menjaga reputasi KTA, sehingga debitur akan berusaha agar catatan reputasi kreditnya dapat terus terjaga dengan baik. 

 

Cara Cek BI Checking Melalui SLIK OJK

Pertanyaan berikutnya adalah bagaimana cara melakukan BI Checking menggunakan SLIK OJK? 

 

1. Persiapkan Seluruh Dokumen

Apabila Anda adalah debitur bersifat perorangan maka siapkan beberapa dokumen berikut ini sebelum menggunakan fasilitas ini: 

  • Salinan dan KTP asli
  • Identitas diri bagi WNA

 

Apabila Anda adalah debitur dari golongan badan usaha atau UMKM, maka yang perlu dipersiapkan adalah dokumen-dokumen berikut ini:

  • NPWP
  • Akte Pendirian
  • Perubahan anggaran dasar yang berisi yurisdiksi dari pengurus, juga identitas pengurus dan badan usaha yang asli. Dapat pula berupa salinan yang telah dilegalisir
  • Surat kuasa atau salinan serta identitas badan usaha yang asli, juga fotokopi serta identitas surat kuasa yang asli apabila diberi kuasa. 

 

2. Mengisi Form untuk Mengantri Pemeriksaan Online BI

Langkah berikutnya adalah mengisi form pemeriksaan secara online dari BI dengan mengklik tautan berikut ini: konsumen.ojk.go.id/MinisiteDPLK/Registrasi. Setelah itu mengisi formulir berisi permohonan iDeb lalu memilih antrian sesuai jadwal yang ada sesuai dengan ketersediaan slot antri. 

 

3. Verifikasi Data

Anda akan mendapatkan persetujuan via surel setelah mengisi formulir untuk mengantri secara online. Setelah itu ada nomor WA SLIK OJK untuk dihubungi. Nomor tersebut tercantum di dalam surel yang dikirimkan. 

 

4. Memeriksa Surel

Setelah menghubungi nomor WhatsApp kemudian nantinya Anda menerima Surat Elektronik (Surel). Di dalamnya terdapat rincian segala informasi Debitur. Namun apabila terdapat kendala untuk membuka atau membacanya maka pihak OJK juga memberikan pedoman yang tertera pada situs resmi OJK.

SLIK OJK adalah berkas yang dapat diajukan secara online untuk mendapatkan segala informasi mengenai calon debitur. Informasi tersebut berisi riwayat kredit calon debitur yang akan mengajukan kredit kepada lembaga penyedia kredit atau kreditur. 

Fasilitas ini membuat proses verifikasi data debitur dan kreditur menjadi lebih mudah dan ringkas sehingga memperlancar seluruh proses kredit.